Info Area

20 Makanan Khas Malang yang Sayang untuk Dilewatkan

Malang dikenal sebagai daerah yang memiliki berbagai hal menarik salah satunya yaitu makanan. Daerah yang berada di Jawa Timur ini memiliki banyak makanan khas yang patut untuk dicoba ketika sedang mengunjungi Malang.

Makanan khas dari daerah ini sangatlah beragam dan bisa kamu temukan di mana saja. Saat kamu sedang berada di sekitar Perumahan di Malang, kamu tentu dapat membeli kuliner ini. Yuk, cek beberapa rekomendasinya berikut ini!

Bakso Bakar

Malang terkenal memiliki hawa yang dingin. Saat berada di daerah ini, bakso bakar bisa menjadi pilihan yang tepat karena cocok untuk disantap di hawa yang dingin. Makanan ini pun memiliki rasa yang nikmat karena dibaluri oleh bumbu khas yang bisa kamu tentukan tingkat kepedasannya.

Bakso Malang

Selain bakso bakar, kamu juga bisa menikmati bakso berkuah dengan cita rasa yang tak kalah lezat. Bakso Malang menjadi salah satu pilihan banyak orang ketika mengunjungi daerah ini. Bakso disajikan dengan isian yang bermacam-macam serta memiliki rasa khas.

Nasi Pecel

makanan khas malang
(Tribun Travel)

Makanan khas Malang berikutnya yaitu Nasi Pecel. Nasi Pecel di sini terdiri dari nasi, rebusan sayur segar, siraman sambal kacang, serta peyek. Sayur yang digunakan di makanan ini tentunya beragam seperti tauge, kacang panjang, daun kemangi, dan kangkung.

Ketan Malang

Ketan khas Malang cocok dinikmati oleh kamu yang menyukai makanan manis dan hangat. Makanan ini dibuat dari bahan berupa beras ketan. Makanan tersebut lalu disajikan bersama kelapa parut atau bubuk. Rasanya sendiri merupakan campuran manis dan gurih.

Sate Kelinci

Sate kelinci juga bisa kamu temukan ketika berkunjung ke Malang. Sate kelinci di sini memiliki rasa yang lezat serta dagingnya empuk. Kamu pun bisa menikmati suasana Malang yang dingin sambil menyantap Sate Kelinci lezat untuk menghangatkan tubuh.

Rawon

(PingPoint)

Makanan berkuah memang cocok untuk dimakan ketika mengunjungi Malang, salah satunya yaitu Rawon. Rawon merupakan olahan daging sapi yang dimasak dengan bentuk seperti sup berkuah hitam. Warna hitam dan cita rasa yang khas ini didapat dari perpaduan bumbu berupa kluwek.

Ronde Titoni

Berkeliling di Kota Malang juga bisa semakin nikmat sambil ditemani oleh Ronde Titoni. Minuman khas ini terbuat air rebusan jahe, serai, dan gula Jawa. Isiannya pun beragam seperti bulatan tepung beras. Kamu akan merasa hangat jika menyeruput minuman ini.

Sate Landak

Jika kamu ingin menikmati sajian makanan yang sedikit ekstrim, bisa mencoba Sate Landak dari Malang. Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari bahan utama berupa daging landak. Bahan tersebut lalu diberi bumbu dan disajikan seperti sate pada umumnya. Tertarik mencoba?

Tempe Mendol

makanan khas malang
(Kompas)

Tempe Mendol juga bisa menjadi pilihan ketika kamu ingin mencicipi makanan khas dari Malang. Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari bahan dasar tempe kedelai yang kemudian dibentuk blok atau mendol. Berbeda dengan tempe biasanya, Tempe Mendol memiliki tekstur yang lebih padat.

Orem-orem

Orem-orem adalah makanan dari Malang yang terbuat dari irisan tempe goreng dan ayam. Bahan tersebut lalu disajikan bersama irisan ketupat serta disiram dengan kuah santan. Makanan ini pun terasa semakin nikmat karena dimasak menggunakan bahan bakar arang sehingga memunculkan cita rasa khas.

Keripik Tempe

Saat mengunjungi Malang, kamu juga bisa menikmati aneka keripik yang dijual di daerah ini. Salah satunya yaitu keripik dari bahan utama berupa tempe. Makanan ini merupakan hal wajib yang perlu kamu coba ketika mengunjungi Malang. Kamu juga bisa memilih makanan ini sebagai oleh-oleh.

Nasi Mawut

(Merdeka.com)

Nasi Mawut merupakan pilihan yang tepat jika kamu sedang dilanda rasa lapar. Variasi nasi ini memiliki isian yang cukup lengkap seperti mi, telur, ayam, dan sayur. Kamu pun bisa menemukan makanan ini di berbagai lokasi di Malang dengan mudah.

Cwimie

Olahan mie unik berupa Cwimie juga perlu kamu coba ketika sedang mengunjungi tempat ini. Cwimie memiliki rupa yang mirip dengan mie ayam, perbedaanya yaitu pada ayamnya. Ayam di Cwimie telah dicacah dan digoreng seperti abon. Selain itu, mie ini juga dilengkapi wonton dan selada keriting.

Wedang Angsle

Pilihan minuman lain yang dapat kamu coba ketika berada di Malang yaitu Wedang Angsle. Minuman ini terdiri dari beberapa bahan seperti putu mayang, kacang tanah, kacang hijau, roti tawar, ketan, dan mutiara hunkwe. Minuman ini kemudian disiram dengan kuah santan yang membuatnya semakin nikmat.

Sari Apel

makanan khas malang
(Java Travel)

Malang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil apel di Indonesia. Berbagai olahan apel pun dapat kamu temukan di sini seperti Sari Apel. Minuman kemasan ini memiliki rasa asam manis yang nikmat. Biasanya, Sari Apel disajikan sebagai pengganti air mineral ketika kamu bertamu.

Tempe Menjes

Di beberapa daerah, Tempe Menjes mungkin lebih dikenal sebagai tempe gembus. Makanan ini bisa kamu coba saat berkunjung ke Malang. Kamu dapat menemukan dua varian Tempe Menjes di daerah ini yaitu Tempe Menjes Kacang dan Tempe Menjes Gombal.

Sate Gebug

Di Malang, kamu bisa menemukan makanan khas legendaris yang sudah menjadi favorit banyak orang yaitu Sate Gebug. Sate ini memiliki potongan daging sapi yang tebal. Uniknya, daging yang digunakan tidak diiris atau digiling melainkan dipukul sampai lunak. Bahan tersebut lalu diberi bumbu yang manis gurih dan dibakar sampai matang.

Soto Kampung

(detikFood)

Sebagai salah satu makanan populer di Indonesia, kamu tentunya juga bisa menemukan varias soto ketika berkunjung ke Malang. Soto Kampung dari Malang memiliki warna kuning dengan kuah sedikit kental. Taburan koya pun membuat hidangan ini terasa semakin nikmat.

Tahu Lontong

Tahu Lontong di Malang tentunya berbeda dengan sajian bernama sama dari Surabaya. Makanan ini memiliki campuran berupa kacang tumbuk dan kecap manis. Makanan tersebut lalu disajikan bersama tahu goreng, tahu tempe, tauge, dan kerupuk kanji. Berbeda dari Tahu Lontong Surabaya yang petisnya lebih dominan.

Cilok Daging

Cilok biasanya memang dikenal sebagai jajanan dari Bandung. Di Malang sendiri, kamu bisa menemukan olahan makanan ini yang sedikit berbeda yaitu Cilok Daging. Cilok jenis ini memiliki tekstur lebih kasar seperti bakso urat. Cilok Daging lalu disajikan bersama saus merah, saus kacang, dan juga kuah bakso.

Terdapat berbagai makanan khas Malang yang tentunya sayang untuk dilewatkan ketika sedang berada di daerah ini. Apa makanan yang ingin kamu coba, Pins?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.