Info Area

15 Gudeg Enak di Jogja, Dari yang Terkenal Sampai Hidden Gem!

Jogja merupakan wilayah dengan paket lengkap. Mau apa saja, bisa dilakukan dengan mudah di sana. Dari mulai wisata, menuntut ilmu, hingga berburu gudeg enak di Jogja bisa dilakukan secara gampang. Suasana kota dan keramahan penduduknya juga membuat kita betah berlama-lama di sana.

Rasanya, agak susah menentukan mana makanan khas Jogja yang enak. Hal ini karena saking banyaknya pilihan menu makanan yang ada dan semuanya juga memiliki cita rasa yang lezat. Hampir ada kuliner baru dan terkini setiap waktunya pula di Jogja. Namun, satu makanan yang tidak lekang oleh zaman di Jogja adalah gudeg. Ada banyak sekali gudeg enak di Jogja yang bisa kamu coba satu per satu. Supaya tidak bingung, berikut ini beberapa rekomendasinya.

Gudeg Yu Djum Wijilan 167

(Gudeg Yu Djum Pusat)

Bisa dibilang, gudeg Yu Djum merupakan yang paling legendaris di Jogja. Pengelola rumah makan gudeg di sini sudah mencapai generasi keempat. Gudeg kering dari warung Yu Djum juga bisa dibeli dalam kemasan kaleng, besek ataupun kendil. Citarasanya tetap khas dan asli. Bila berkunjung, kamu juga diperbolehkan untuk ke dapur dan melihat secara langsung proses pembuatan gudeg.

Alamat :  JL. Wijilan No. 31 Panembahan, Kraton, Yogyakarta.

Gudeg Mbah Lindu

(YouTube)

Bila ingin menikmati gudeg untuk sarapan, Gudeg Mbah Lindu yang berlokasi di dekat Malioboro sangat patut dicoba. Sebelumnya Mbah Lindu dinobatkan sebagai penjual gudeg tertua di Jogja. Namun, sayangnya, Mbah Lindu sendiri telah meninggal beberapa waktu lalu, saat ini warungnya diteruskan oleh anaknya. Selain menyajikan nasi gudeg, terdapat pula menu bubur gudeg di sana. Usahakan jangan datang terlalu siang atau kamu akan kehabisan.

Alamat :  JL. Sosrowijayan Nomor 30, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.

Gudeg Mercon Bu Tinah

(Ultimagz)

Ciri khas dari gudeg adalah rasanya yang manis dan legit di mulut. Berbeda dari rasa gudeg seperti biasanya, Gudeg Mercon Bu Tinah memiliki rasa yang cukup pedas menggigit. Warung gudeg yang sudah buka dari tahun 1998 ini menyajikan gudeg dengan rasa yang tidak terlalu manis, krecek pedas dengan cabai rawit utuh, dan aneka lauk pauk lainnya. Dinamakan gudeg mercon karena begitu dimakan, sensasi pedas seperti ledakan mercon akan langsung terasa di mulut.

Alamat :   JL. Asem Gede No. 8, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta.

Gudeg Mercon Mbak Yuni

(TravelingYuk)

Bagi orang-orang di luar Jawa, rasa manis pada gudeg mungkin akan membuat kurang nyaman. Oleh karena itu beberapa gudeg enak di Jogja kemudian memodifikasi menunya dengan rasa yang lebih pedas. Selain warung gudeg Bu Tinah, ada pula Gudeg Mercon Mbak Yuni. Berbeda dari warung Bu Tinah yang buka dari jam 7 malam, warung Mbak Yuni buka dari jam 6 pagi hingga 12 malam.

Alamat :  JL. Pangeran Diponegoro No. 100, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta.

Gudeg Pawon

(Target Hukum)

Beberapa gudeg enak di Jogja biasanya buka pada malam hari. Gudeg Pawon salah satunya, yang baru buka pada pukul 10 malam. Dinamakan gudeg pawon karena berjualannya langsung dari pawon atau dapur. Pembeli nantinya akan mengantre demi mendapatkan seporsi gudeg lengkap yang berisi nasi, gudeg, krecek, ayam, baceman tempe tahu, maupun lauk-lauk lainnya.

Alamat : JL. Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta.

Gudeg Song Djie

(Tribunnews)

Gudeg Song Djie bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin menikmati gudeg basah dengan rasanya yang guring. Kuah areh yang digunakan juga cukup kental dan sambal kreceknya terasa sedikit pedas. Pilihan menu lauknya juga lengkap, dari ayam kampung, telur pindang, ayam suwir, tempe dan tahu bacem, serta pilihan lauk lain yang tidak kalah lezat dan enak.

Alamat : JL. Kyai Mojo No. 104, Kembang, Bener, Tegalrejo, Bantul, Yogyakarta.

Gudeg Manggar Ibu Jumilan

(Ksmtour)

Gudeg Manggar Ibu Jumilan buka mulai pukul 06.00. Diklaim sebagai salah satu gudeg terbaik di Jogja karena kelezatan rasanya. Oh iya, bahan dasar gudeg manggar adalah bunga kelapa muda yang disebut dengan manggar dan merupakan salah satu menu khas dari daerah Bantul. Gudeg manggar lebih memiliki rasa yang gurih dan padat dibandingkan dengan gudeg nangka pada umumnya.

Alamat : JL. Srandakan Km 8, Kp. Bendo Mangiran, Puluhan Kidul, Trimurti, Bantul, Yogyakarta.

Gudeg Bu Djuminten

(Warung Djuminten)

Walaupun sama-sama menjadi gudeg enak di Jogja, tetapi beberapa tempat memiliki cita rasanya sendiri yang khas. Misalnya saja Gudeg Bu Djuminten yang sudah buka sejak tahun 1926. Kuah arehnya terasa gurih dengan tekstur kental, tetapi untuk gudegnya sendiri masih terasa manis. Gudegnya sendiri basah lalu pada sambal krecek yang pedas diberi tambahan kacang tolo.

Alamat : JL. Asem Gede No. 14, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta.

Gudeg Mbak Pirang

(Travel Tribun)

Warung gudeg satu ini terbilang cukup unik, terlihat dari namanya. Sesuai dengan nama warungnya yang hanya berada di depan toko, penjualnya memang memiliki rambut pirang. Karena terkesan unik, kemudian banyak wisatawan dan vlogger yang merekomendasikan Gudeg Mbak Pirang. Untuk gudegnya sendiri termasuk gudeg basah dan disajikan dengan oseng mercon yang sangat pedas.

Alamat : JL. Magelang No.194-196, Rogoyudan, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Gudeg Bu Hj. Ahmad

(The Travel Insider)

Bagi pencinta gudeg enak di Jogja dengan tekstur yang basah, Gudeg Bu Hj, Ahmad sangat direkomendasikan. Apalagi, karena pengemasan makanan untuk dibawa pulang cukup rapi sehingga gudeg tetap dalam kondisi yang baik dan tidak basi. Sambal kreceknya punya rasa yang khas, berbeda dari tempat lain. Kuah arehnya juga memiliki rasa yang cukup berbeda.

Alamat : JL. Kaliurang KM 4,5, Blok CT3 No. 5, Kocoran, Caturtunggal, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Gudeg Permata

(Kompas)

Gudeg Permata sudah buka dari tahun 1961 dan menyajikan olahan gudeg basah. Gudeg basah biasanya dikenal karena memiliki rasa yang gurih pada kuah arehnya dan sambel goreng krecek yang berkuah banyak. Pilihan lauknya sama seperti dengan warung gudeg kebanyakan. Dinamakan gudeg permata karena dulu berada persis di sebelah barat bioskop permata yang terkenal di Jogja. Gudeg Permata buka mulai pukul 20.00.

Alamat : JL. Gajah Mada No. 2, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta.

Gudeg Sagan

(Jolali)

Gudeg Sagan merupakan ‘adik’ dari Gudeg Permata. Ya, pemilik kedua rumah makan tersebut merupakan kakak beradik. Namun, meskipun masih terikat, tetapi Gudeg Sagan memiliki kekhasannya sendiri. Di samping itu, konsep rumah makan Gudeg Sagan juga lebih modern dibandingkan dengan Gudeg Permata. Gudeg yang disajikan termasuk kategori gudeg basah yang dimasak dengan tungku menggunakan kayu bakar sehingga gudeg memiliki aroma lebih kuat.

Alamat : JL. Prof. Herman Yohanes No. 53, Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Gudeg Yu Narni

(Facebook/Gudeg Yu Narni)

Gudeg enak di Jogja selanjutnya adalah Gudeg Yu Narni. Gudeg di warung makan ini tergolong ke dalam gudeg kering yang disajikan dengan kuah areh dan menjadikan rasanya manis dan gurih sehingga pas di lidah. Setiap harinya, Gudeg Yu Narni selalu ramai oleh pembeli, sebaiknya datang lebih awal jika tidak mau mengantre terlalu lama. Gudeg Yu Narni merupakan penerus dari Gudeg Bu Wito yang sudah membuka kedai gudeg dari tahun 1945. Tahun 1977 baru berubah nama menjadi Gudeg Yu Narni.

Alamat : JL. Magelang Km 11 No. 19, Beran Lor, Tridadi, Sleman, Yogyakarta.

Gudeg dan Mangut Lele Mbah Marto

(Ksmtour)

Mirip dengan Gudeg Pawon, pembeli di Gudeg dan Mangut Lele Mbah Marto bisa langsung mengantre dan mengambil makanan ke dapur. Gudeg yang disajikan merupakan gudeg basah dengan berbagai macam tambahan lauk lain yang khas, sama seperti gudeg enak di Jogja pada umumnya. Selain menu gudeg, terdapat pula mangut lele yang juga menjadi menu andalan di warung makan ini.

Alamat : JL. Sewon Indah, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Gudeg Bu Tjitro

(JogjaKita)

Gudeg Bu Tjitro juga menjadi gudeg terenak di Jogja yang namanya sudah kondang di seluruh Indonesia. Kamu bisa menikmati langsung gudeg di kedainya atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh dalam kemasan kaleng. Selain bisa dibeli langsung di kedainya, Gudeg Bu Tjitro dalam bentuk kaleng juga bisa kamu temukan di berbagai supermarket ternama.

Alamat :  JL. Janti No. 330, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Itu dia beberapa rekomendasi gudeg enak di Jogja yang bisa kamu coba. Bagi kamu pencinta makanan tradisional, berburu gudeg merupakan hal wajib yang bisa dilakukan ketika berada di Jogja. Semoga bermanfaat.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan Rumah Dijual di Jogja melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.