Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh rahman
Nov 30, 2023
4 menit membaca
Sebelum memulai layanan Pinhome Home Service (PHS), Rekan Jasa Pinhome (RJP) wajib untuk melakukan konfirmasi kepada pelanggan. Konfirmasi berarti memberikan penegasan bahwa RJP akan hadir ke lokasi sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dari PHS. Itu sebabnya, diperlukan panduan konfirmasi layanan yang baik dan benar ke pelanggan.
Ini bertujuan agar RJP maupun pelanggan terhindar dari kesalahpahaman serta kerugian yang terjadi di kemudian hari. Begini tata caranya!
Pertama-tama, Rekan Jasa perlu melakukan konfirmasi nama lengkap dan vertikal di Pinhome Home Service (PHS). Sebagai contoh, layanan home cleaning, cuci AC, atau cuci mobil.
Selamat (pilih: pagi/siang/sore/malam) Pak/Bu (isi nama pelanggan) , saya (isi nama RJP) dari Pinhome Home Service ingin konfirmasi layanan yg Pak/Bu (isi nama pelanggan) pesan dg durasi (isi durasi) jam, pada pk -(isi jam layanan).
Setelah itu, RJP perlu melakukan konfirmasi terkait kondisi kesehatan yang dialami. Pasalnya, pandemi COVID-19 masih jadi wabah yang membahayakan semua orang. Ada pun beberapa kondisi yang bisa jadi bentuk konfirmasi, seperti:
Ini menjadi indikator bahwa RJP siap mengerjakan layanan sesuai pesanan, ya!
Saat ini kondisi saya sehat, sudah divaksin, dan tidak ada indikasi COVID-19. Apakah ada yang harus saya lakukan sebelum melakukan layanan?
Bila saya harus swab antigen, saya bersedia menjalani tes tersebut, tetapi mohon maaf Pak/Bu,Pinhome tidak menanggung biaya swab antigen tersebut. Apakah Bapak/Ibu bersedia menanggung biaya swab tersebut? Bila bersedia, maka saya akan lanjut dengan Konfirmasi.
Bila tidak bersedia maka Bapak/Ibu bisa mengajukan proses refund dengan cara menghubungi CS Pinhome. Bila saya tidak harus swab antigen, maka saya lanjutkan dengan Konfirmasi ya.
Pastikan RJP melakukan konfirmasi kepada pelanggan terkait kondisi kesehatan pelanggan dan seisi rumah.
Jika ada anggota keluarga dari pelanggan yang terindikasi COVID-19 atau baru kembali dari luar negeri dalam kurun waktu 14 hari, Rekan Jasa bisa menyelesaikan layanan. Ini dapat dilakukan sebelum waktu yang telah ditentukan.
Bagaimana kondisi Bapak/Ibu dan keluarga dirumah? Apakah ada yg terindikasi COVID-19? Jika ada, mohon maaf Pak/Bu (isi nama pelanggan), layanan ini harus saya batalkan, dan jika saya sudah sampai atau sedang mengerjakan layanan ternyata di rumah ada yang terindikasi COVID-19, maka layanan ini harus saya selesaikan dg status Finish.
Rekan Jasa wajib memberitahu pelanggan terkait dengan jenis layanan dan area pengerjaan yang termasuk dalam layanan. Untuk layanan Home Cleaning (pembersihan tempat tinggal), pastikan RJP memberikan konfirmasi terkait ruangan yang termasuk dalam area pengerjaan layanan.
Sebagai contoh, pelanggan meminta untuk kolam ikannya dibersihkan, maka Rekan Jasa wajib menolak untuk membersihkan area pengerjaan tersebut.
Ini karena kolam ikan tidak termasuk dalam layanan Home Cleaning (pembersihan tempat tinggal). Hal ini berlaku juga untuk layanan Cuci AC dan Cuci Mobil.
Apabila RJP menerima layanan yang berlokasi di apartemen, harap untuk melakukan konfirmasi terkait waktu operasional apartemen. Jika diluar waktu operasional, Rekan Jasa dapat melakukan pembatalan (cancel) layanan tersebut.
Waktu persiapan hingga sampai di rumah pelanggan menjadi hal yang wajib untuk diperhatikan oleh Rekan Jasa. Bila Rekan Jasa datang terlambat ke rumah pelanggan, ini bisa membuat pelanggan kecewa hingga berakibat pada komplain yang menurunkan kinerja RJP.
Pastikan Rekan Jasa menanyakan detail lokasi dari alamat pelanggan seperti, nomor rumah, blok, atau tower. Jika perlu, gunakan peta di aplikasi Google Maps dan jalur alternatif bebas macet yang dapat membuat Rekan Jasa tiba lebih cepat di lokasi pelanggan.
Kemudian, untuk ruangan apa saja yg harus saya bersihkan? Mengenai alamat, apakah sudah seperti yang tercantum di aplikasi? Apakah ada patokan khusus? Terima kasih
Setelah membaca panduan konfirmasi layanan ke pelanggan, Rekan Jasa diharapkan terus meningkatkan kinerja dari pelayanan yang diberikan. Dengan begitu, performa RJP pun ikut baik, bukan?
Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif.
Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome.
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.
Kontributor:
© lifestyle.pinhome.id