Pinhome

Pembersihan 1 m2 Lapangan dan Perataan

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 29 May 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Lahan yang hendak dibangun perlu dibersihkan dan dirapikan terlebih dahulu sehingga bebas dari benda-benda yang menghalangi. Benda tersebut bisa berupa pohon, semak belukar, bangunan eksisting dan sejenisnya.

Pembersihan bisa dilakukan secara manual oleh pekerja dengan peralatan sederhana seperti cangkul, sabit, dan sejenisnya yang analisa harganya kita jelaskan disini. Sedangkan untuk pembersihan lahan menggunakan alat berat perlu dihitung analisanya secara berbeda, karena biayanya akan lebih mahal dengan sistem manual.

Lalu bagaimana menghitung biaya membersihkan lahan?

Baca Juga:

Menghitung Luas Lapangan atau Lahan

Yang dimaksud lapangan disini adalah tanah dimana akan dijadikan lokasi pembangunan. Contohnya apabila hendak mendirikan gedung ukuran 30 m x 100 m maka luas lahanya yaitu.

  • Luas lapangan = 30 m x 100 m
  • 300 m2

Baca Juga : Menghitung Biaya Meningkat Rumah

Menghitung Biaya membersihkan rumah
(Jasa Pembuatan Taman Jakarta)

Menghitung Biaya Membersihkan Lahan 1 m2 dan Perataan

NoUraianSatuanKoefisienHarga Satuan (Rp.)Jumlah Harga (Rp.)
ATENAGA  0 
 PekerjaOH0,1000100.00010.000
 MandorOH0,0500120.0006.000
   JUMLAH TENAGA KERJA 16.000
BBAHAN  0 
   JUMLAH HARGA BAHAN  
CPERALATAN  00
   JUMLAH HARGA ALAT 0
DJumlah (A+B+C)  016.000
EOverhead & Profit 10% 10% 1.600
FHarga Satuan Pekerjaan (D+E)  017.600

Koefisien analisa tersebut berdasarkan peraturan menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) nomor 28/PRT/M/2016 tentang analisis harga satuan pekerjaan bidang pekerjaan umum bagian pembersihan lapangan dan perataan.

Pada analisa tersebut bisa kita lihat bahwa pekerjaan ini belum memerlukan bahan bangunan, hanya perlu pekerja dan mandor saja. Harga upah tenaga per harinya bisa disesuaikan dengan proyek setempat.

Baca Juga: Langkah Penting Membersihkan dan Merapikan Rumah

Rencana Anggaran Biaya Membersihkan Lahan dan Perataan yang Diperlukan

Untuk membersihkan sekaligus meratakan lapangan seluas 300 m2 dengan harga satuan Rp.17.600/ m2 maka total anggaran biaya (RAB) yang diperlukan sebanyak.

  • RAB pembersihan lapangan = Luas lahan x Harga per m2.
  • 300 m2 x Rp 17.600
  • Rp 5.280.000 terbilang (lima juta dua ratus delapan puluh ribu rupiah).

Cara menghitung biaya membersihkan lahan ini bisa lebih besar diatas standar analisa tersebut apabila ada rintangan yang sulit dibersihkan atau disingkirkan, misalnya ada gardu atau tiang PLN yang perlu dipindahkan, ada bangunan eksisting yang cukup besar, ada bebatuan yang sulit diangkat, serta beberapa masalah lain yang memerlukan biaya tambahan.

Setelah lahan dibersihkan maka bisa dilanjutkan dengan pekerjaan galian tanah dan pondasi bangunan.

Baca Juga :

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Citragrand Cibubur di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel