BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiIngin Jual Beli Rumah? Pelajari Apa itu NJOP
0
0

Ingin Jual Beli Rumah? Pelajari Apa itu NJOP

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Jan 9, 2024

2 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Untuk Pins yang memiliki properti sendiri pasti tidak asing dengan istilah PBB (Pajak Bumi dan Bangunan). PBB merupakan pajak yang ditanggung oleh orang pribadi atau badan yang dikenakan atas tanah dan bangunan yang kamu miliki. Tapi, tahukah Pins soal NJOP? Selain PBB, ada satu hal yang perlu Pins pelajari, yaitu apa itu NJOP, terutama bagi kamu yang ingin melakukan jual beli rumah.

Apa itu NJOP

NJOP adalah harga taksiran rumah dan bangunan yang dihitung berdasarkan luas dan zona rumah serta bangunannya. Jika Pins ingin melakukan jual beli rumah maka kita harus mengetahui nilai jual objek pajak tersebut agar tahu berapa besar pajak yang harus ditanggung dalam transaksi jual beli bangunan tersebut.

Cara Menentukan Nilai Jual Objek Pajak

NJOP ditentukan dari perbandingan harga rumah atau bangunan sejenis, jadi semakin mahal harga pasaran rumah atau bangunan di suatu kawasan maka semakin tinggi juga NJOP-nya.

Dalam menentukan NJOP ada 3 cara yang dapat dilakukan yaitu:

  1. Perbandingan dengan objek pajak lain yang sejenis. Penentuan nilai jual objek pajak bisa diperoleh dari perbandingan dengan objek pajak lain yang sejenis dan berdekatan secara letak dan sudah diketahui juga nilai jualnya.
  2. NJOP pengganti. Cara ini dilakukan untuk mendapatkan nilai jual objek pajak berdasarkan hasil pendapatan atau pemasukan dari objek pajak yang dinilai.
  3. Nilai perolehan baru. Dengan cara ini, Pins perlu menghitung terlebih dahulu total biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan objek pajak tersebut. Namun, sebelum penentuan nilai jual objek pajak, Pins juga perlu melihat kondisi fisik dari bangunan yang dijadikan objek pajak tersebut. Jika terjadi penyusutan, maka total biaya yang sudah Pins keluarkan harus dikurang sesuai penyusutan kondisi fisik bangunan.

Penetapan nilai jual objek pajak dilakukan untuk menghitung PBB yang akan Pins bayarkan yang disesuaikan dengan kondisi objek pajak pada 1 Januari Tahun Pajak. Artinya, besaran nilai jual objek pajak harus ditetapkan sebelum 1 Januari Tahun Pajak, Pins.

Nilai jual objek pajak juga dapat ditentukan berdasarkan pada Surat Keputusan Kepala Daerah, baik Gubernur, Bupati, Walikota serta Pemerintah melalui Kementerian Keuangan. Nilai jual objek pajak ditentukan setiap tiga tahun sekali, tapi untuk daerah yang memiliki perkembangan yang pesat penentuan nilai jual objek pajak dilakukan setiap satu tahun sekali.

Nah itulah beberapa informasi mengenai apa itu NJOP. Semoga membantu ya bagi kamu yang ingin jual beli rumah. Baca juga Pelajari Pajak dan Biaya Selain NJOP Saat Jual Beli Rumah

Baca Juga: Pelajari Pajak dan Biaya Selain NJOP Saat Jual Beli Rumah

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download