Cara Menghilangkan Jerawat

Diperbarui oleh Ilham Aulia Fahmy ∙ October 3, 2022 ∙ 20 menit membaca

Daftar Isi

Cara menghilangkan jerawat dalam sekejap memang tidak mudah, dan tentunya kalau ada sangat diinginkan oleh setiap orang yang memiliki masalah pada wajah mereka.

Tak heran diluar sana banyak beredar obat kimia yang nyasar kepada penderita dengan iming iming dapat dengan cepat membasmi jerawat di wajah.

Ada baiknya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi, lakukan pengobatan cara mengatasi jerawat dan bekasnya dengan bahan bahan alami yang tidak memiliki efek samping pada wajah kedepannya.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat? Sebelum membahas hal itu perlu kita ketahui beberapa info penting seputar masalah kulit satu ini. Terdapat dua jenisnya, yakni aktif dan bekasnya. Untuk mendapatkan pengobatan dan treatman yang pas kita perlu tahu perbedaan keduanya.

Keduanya memiliki prosedur perawatan yang berbeda. berikut perbedaannya.

  • Jerawat aktif : terlihat menonjol, berwarna kemerahan. menimbulkan rasa sakit.
  • Bekas jerawat : tidak sakit, kempes terkadang berbentuk kawah. terlihat mulai menghitam.
cek-wajah-berjerawatkah
via riacosmetics.kz

Jerawat sendiri dalam bahasa inggris disebut Acne Vulgaris, merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan karena adanya kelenjar minyak di Foliker bulu halus/rambut. Penyakit kulit sering terjadi pada wanita maupun pria pada masa pubertas. Disebabkan ketika pubertas horman sebaceous mulai tumbuh.

Sebenarnya masih banyak pembahasan dari mulai beberapa fakta mengenai jerawat, penyebab utama, dan hal hal yang perlu dilakukan ketika timbul bintil unyu ini, kita bahas nanti dibawah saja. sekarang langsung ke intinya saja. Cara efektif untuk menghilangkanya

Pertama yang kita bahas adalah cara menghilangkan jerawat dengan herbal / bahan yang ada disekitar kita. Keuntungan yang didapat diantaranya mudah ditemukan dimana saja, tidak ber efek samping, biaya murah, bahkan cenderung gratis hehe..

Berikut ini beberapa bahan alami di sekitar kita yang berguna untuk menghilangkan acne tanpa efek samping. Cukup pilih salah satu dengan bahan yang paling mudah di dapat.

disclaimer : tidak semua cara dibawah cocok digunakan untuk semua kulit, semua tergantung sensitivitas kulit wajah, alangkah baiknya jika anda konsultasi terlebih dahulu pada dokter spesialis kulit terdekat.


Madu – Obat segala macam masalah kulit, ampuh atasi jerawat

manfaat-madu-untuk memelihara kesehatan kulit wajah
manfaat-madu-untuk memelihara kesehatan kulit wajah via beekeepersandiegoca.com

Tak diragukan lagi, madu memiliki banyak manfaat untuk manusia. Salah satunya adalah untuk membasmi jerawat membandel di wajah. Madu memiliki zat antibiotik tinggi yang dapat membantu kamu mencegah infeksi serta mempercepat penyembuhan pada kulit.

[su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]

Cara menghilangkan jerawat menggunakan madu

  1. Bersihkan terlebih dahulu wajahmu menggunakan air hangat, supaya pori pori terbuka, sehingga kotoran yang masuk kedalam pori pori lebih mudah untuk keluar.
  2. Keringkan wajah dengan handuk atau tisu, jangan digosok-gosok, tetapi di tepuk-tepuk pelan saja. Supaya tidak meninggalkan kotoran yang menempel pada kulit.
  3. Oleskan madu pada bagian wajah, diamkan sampai mengering, selama 10-15 menit.
  4. Setelah kering bilas wajahmu dengan air sampai bersih, jangan lupa pastikan tidak ada lagi madu yang tertinggal di wajah.
  5. Lakukan hal ini secara teratur 2-4 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.[/su_note]

    Menggunakan madu asli sebagai obat jerawat tidak hanya mudah dan murah. Tetapi cara ini terbilang cukup efektif dalam mengatasi masalah kulit. Kamu juga bisa mencampurkan madu dengan bahan lain semisal kayu manis.


    Bawang Putih – cocok untuk jerawat membandel

    bawang-untuk-mengatasi-jerawat
    bawang bisa digunakan untuk mengatasi acne via googleusercontent.com

    Salah satu manfaat bawang putih yakni sangat ampuh untuk mengangkat jerawat membandel. Bawang putih mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan membantu dalam mencegah dan menghilangkan kemunculannya.

    Terlebih bawang putih mengandung zat sulfur yang sangat diperlukan dalam proses penyembuhan jerawat membandel.

    [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]

    Cara menggunakan bawang putih untuk wajah

    1. Mengiris dan memotong 2-3 siung bawang putih
    2. Kemudian menempelkan irisan tersebut ke bagian wajah yang mengalami jerawat atau perdagangan.
    3. Diamkan selama 7-12 menit, setelahnya bilas dengan air bersih
    4. Lakukan perawatan tersebut secara rutin setiap hari. hingga jerawat hilang dan bersih.[/su_note]

      Cara tersebut adalah yang paling simple. Ini sangat efektif tetapi membutuhkan waktu yang lama. Kamu juga bisa menjadikan bawang putih sebagai masker. dengan memblender terlebih dahulu 4 siung bawang putih setelahnya dioleskan pada wajah TIPIS saja. Hati hati jangan sampai mengenai mata.


      Jeruk Nipis – peremajaan kulit, melarutkan lemak

      jeruk-untuk-mengurangi-jerawat-di-wajah
      via ytimg.com

      Jeruk nipis yang biasa dikenal sebagai bumbu dapur ini memiliki manfaat lain jeruk nipis yakni untuk wajah berjerawat. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis akan membantu peremajaan sel kulit dan melarutkan kandungan lemak pada wajah.

      Cara menggunakan jeruk nipis

      Pertama siapkan jeruk nipis jangan terlalu matang, jangan pula terlalu muda, sedang saja. Peras airnya, kemudian campurkan dengan air hangat. Basuhkan ke seluruh permukaan wajahmu hingga merata setelah kering basuhlah dengan air dingin.

      [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Air hangat berfungsi untuk membuka pori pori wajah sehingga diharapkan air jeruk bisa bekerja secara maksimal pada wajah.[/su_note]


      Mentimun – masker wajah murah meriah

      timun-untuk-mengilangkan-jerawat-bandel
      mentimun bermanfaat untuk wajah via kurdsat.tv

      Menggunakan mentimun sebagai masker wajah mampu menghilangkan jerawat yang meradang pada wajah. Cara ini terbilang ampuh dan tanpa efek samping. Mentimun bekerja sebagai anti-inflamasi, berguna untuk mengobati jerawat yang mulai memerah dan memberikan efek peradangan.

      Cara menggunakan mentimun untuk wajah

      Terdapat dua cara yakni untuk yang baru cukup iris mentimun segar, letakkan irisan mentimun pada wajah. biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan dengan rutin setiap hari, sampai jerawat hilang.

      [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Yang kedua untuk jerawat yang meradang atau membandel. Jadikan mentimun segar sebagai Juice tanpa campuran air. Gunakan juice mentimun sebagai masker layaknya masker pada umumnya. diamkan 30-45 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini dengan rutin.[/su_note]


      Daun Pepaya – kandungan antioksidan tinggi penangkal jerawat membandel

      daun-pepaya-untuk-mengobati-jerawat
      via Tsood.com

      Penelitian terbaru menunjukkan bahwa daun pepaya dapat dipakai untuk mengatasi jerawat membandel yang tidak kunjung hilang. kandungan nutrisi dan antioksidan pada pepaya bisa memberikan efek tersebut.

      [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]

      Cara menghilangkan jerawat dengan daun pepaya

      1. Siapkan 2 lembar daun pepaya yang sudah tua. Setelah itu jemur sampai layu.
      2. Tumbuk daun pepaya yang sudah dijemur tadi hingga halus. Setelahnya tambahkan air sedikit.
      3. Setelah menyerupai pasta ramuan siap dipakai. oleskan pada jerawat, diamkan selama 15-30 menit.
      4. Bilas dengan air bersih. Lakukan hal tersebut pada malam hari. Kamu bisa langsung merasakan Perbedaan selama 1 minggu perawatan.[/su_note]

        Gel Lidah Buaya – mempercepat penyembuhan kulit berjerawat

        lidah-buaya-sebagai-obat-jerawat
        via agkwomantips.blogspot.co.id

        Sudah sejak lama lidah buaya dikenal sebagai bahan alami ampuh untuk mengatasi jerawat yang membandel. Zat aktif yang terkandung pada lidah buaya semisal hormon gibberellin dan polisakarida mampu untuk membunuh bakteri pada wajah.

        Lidah buaya juga mengandung antioksidan, vitamin C, mineral dan Vitamin E yang dapat mempercepat penyembuhan kulit bermasalah.

        Cara pemakaian lidah buaya untuk wajah.

        [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Potong terlebih dahulu lidah buaya menjadi dua. hilangkan duri di samping-sampingnya dengan cara memotong. Iris bagian atas lidah buaya untuk mengambil gelnya. kemudian masukkan kedalam wadah. Haluskan terlebih dahulu gel lidah buaya.

        Kemudian oleskan gel lidah buaya pada area kulit yang berjerawat. Biarkan selama 3-5 menit. Terakhir bersihkan dengan air dingin.[/su_note]


        Air Lemon – membersihkan pori pori wajah penyebab jerawat

        air-lemon-untuk-membasmi-jerawat
        via www.hk3.com.my

        Kandungan asam askorbat-L pada lemon bisa mengurangi masalah peradangan pada kulit berjerawat juga mampu membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Lemon juga dikenal sebagai pencerah kulit dan penghilang noda  wajah.

        [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Cara pembuatan dengan menyiapkan satu buah lemon, kemudian peras, air perasan lemon dioleskan ke wajah. biarkan selama 15 menit setelah itu bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk. lakukan perawatan ini secara rutin sekali dalam sehari.[/su_note]


        Kentang – mencegah kerusakan sel pada kulit

        kentang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat
        via youthconnect.in

        Mineral seperti kalium, sulfur dan fosfor pada kentang baik untuk kesehatan kulit wajah. Selain itu kentang merupakan antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel dan mempercepat penyembuhan infeksi jerawat

        [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Cara pemakaian dengan mengupas kentang kemudian parut kentang tersebut dan kemudian peras kentang . Yang akan kita gunakan adalah airnya saja. untuk dioleskan ke wajah. Biarkan beberapa menit kemudian bilas dengan air dingin.[/su_note]


        Kulit Pisang – mampu menghilangkan minyak berlebih pada wajah

        kulit-pisang-sebagai-alternatif-untuk-menghilangkan-jerawat-1
        via Cambon.id

        Kandungan antioksidan pada kulit pisang mampu mengurangi jerawat dan minyak berlebih pada wajah. Kulit pisang juga mempunyai manfaat lain yakni sebagai anti jamur untuk mengatasi iritasi dan gatal pada kulit.

        Kulit pisang mengangkat sel kulit mati sehingga mencegah datangnya jerawat baru karena penyumbatan minyak akibat terhalang tumpukan sel kulit mati tadi, Dan mampu mencerahkan kulit sehingga noda bekasnya akan memudar.

        Cara mengolah kulit pisang untuk obat jerawat

        1. Terlebih dahulu ambil kulit pisang yang berwarna kuning atau sedikit kehitaman, yang hitam lebih efektif mengobati jerawat
        2. Gosokkan Bagian dalam kulit pisang ke wajah sampai bagian dalam kulit berwarna kehitam hitaman
        3. Jika sudah menghitam ganti dengan kulit pisang yang masih baru
        4. Gosok kulit pisang ke wajah selama 10 menit
        5. Biarkan wajah yang sudah digosok kulit pisang selama 1 jam / 30 menit baru setelahnya dibersihkan menggunakan air
        6. Lakukan pengobatan ini setiap hari hingga terlihat perbedaannya. Biasanya terlihat noda yang memudar dan tidak ada lagi jerawat yang muncul

        Kulit Jeruk – menghilangkan kotoran dan kulit mati penyebab jerawat

        kulit-jeruk-untuk-wajah
        via banyakbaca.com

        Vitamin C dan asam alpha hidroksi yang terkandung di kulit jeruk mampu membersihkan pori pori kulit yang tersumbat debu dan kotoran juga mengangkat sel kulit mati.

        [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]

        Cara menghilangkan jerawat menggunakan kulit jeruk

        Keringkan terlebih dahulu kulit jeruk tersebut di bawah sinar matahari selama beberapa hari hingga bener bener kering. Kemudian haluskan, sampai halus. Tambahkan air secukupnya saja. kemudian aduk hingga merata menyerupai pasta.

        Ramuan siap dioleskan pada wajah yang berjerawat, tunggu beberapa menit sebelum di bilas dengan air hangat.[/su_note]


        Putih Telur – mengecilkan pori pori kulit, mengurangi minyak berlebih

        putih-telur-untuk-mengatasi-masalah-jerawat-dan-bekasnya-1
        saferkidsandhomes.com

        Putih telur berfungsi untuk mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi minyak berlebih yang merupakan penyebab utama jerawat. Enzim Lysozyme yang terdapat pada putih telur bisa menghancurkan dinding sel penyebab utama masalah kulit satu ini. Selain untuk wajah, putih telur juga efektif menghilangkan komedo.

        [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Cara membuat nya, pertama pisahkan antara putih telur dengan kuning telur. Kocok putih telur hingga mengembang kemudian oleskan pada wajah sampai mengering. Setelah itu bilas dengan air hangat.[/su_note]


        Alpukat – mengurangi peradangan pada kulit wajah

        alpukat-untuk-menghilangkan-jerawat-membandel-1
        via 2.bp.blogspot.com

        Alpukat kaya akan vitamin e yang bisa menembus pori-pori kulit dan bisa mengurangi peradangan pada kulit. berikut cara menggunakan alpukat untuk mengobati jerawat

        [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Ambil daging dari buah alpukat masukkan kedalam wadah. kemudian haluskan. Tambahkan satu sendok madu, setelah itu aduk hingga merata. Jadikan adonan tersebut sebagai masker untuk wajah. Ketika pemakaian diamkan selama 20 menit. Setelah lewat bilas wajah dengan air hangat.[/su_note]


        Baking Soda – menyerap minyak berlebih pada wajah

        baking-soda-untuk-mengatasi-jerawat-bandel
        via Bigodino.it

        Memang benar akhir akhir ini banyak beredar baking soda bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat. Baking soda berguna untuk menetralkan kulit sehingga bakteri penyebab jerawat tidak bisa hidup lebih lama pada wajah. Baking soda juga bisa mengikis sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat sertea menyerap minyak berlebih pada wajah.

        Cara menggunakan baking soda

        Pertama dengan campurkan 2 sendok baking soda dengan satu sendok air, kemudian oleskan pada area kulit wajah. Diamkan pada wajah selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat kemudian keringkan

        [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Hal yang perlu diperhatikan yakni, sebelum menggunakan baking soda sebaiknya cek terlebih dahulu pada kulit anda yang lain. Jika tidak terjadi reaksi kulit yang kemerahan maka kamu bisa tetap melanjutkan dengan cara ini[/su_note]


        Pasta Gigi – mencegah iritasi kulit berjerawat

        pasta gigi untuk titik jerawat
        via naturalhealthnewsusa.wordpress.com

        Kandungan bahan aktif pada pasta gigi semacam fluoride, triclosan, hidrogen peroksida dapat mencegah iritasi kulit juga mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan pada wajah. Berikut cara menggunakannya

        [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Oleskan secara langsung pasta gigi ke jerawat. Jangan mengoleskannya ke seluruh area kulit, cukup pada spotnya saja. Biarkan selama 2 jam atau semalaman. Kemudian bilas wajah dengan air dingin dan kering.[/su_note]

        PERHATIKAN – Gunakan pasta gigi organik atau pilih pasta gigi dengan kandungan fluoride yang rendah. Jangan terlalu sering memakai pasta gigi untuk wajah, berbahaya.


        Tea Tree Oil – ampuh menghilangkan jerawat batu

        tae-tree-oil-ampuh-untuk-menghilangkan-jerawat-1
        via ecofashioned.com

        Tea tree oil atau dalam bahasa indonesia disebut minyak pohon teh merupakan bahan yang mudah ditemui dalam produk-produk anti jerawat. Minyak pohon teh adalah minyak daun dari tanaman melaleuca yang berasal dari Australia.

        Zat terpenoid pada minyak pohon teh adalah salah satu yang bisa mengusir bakteri penyebab jerawat. Cara penggunaannya?

        [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Terlebih dahulu campurkan 5 ml minyak pohon teh dengan 95 ml air kemudian oleskan pada area kulit menggunakan kapas. lakukan hal tersebut 2-3 kali dalam sehari [/su_note]


        Cuka Sari Apel – mempercepat penyembuhan kulit berjerawat

        cuka-apel-untuk-memberikan-antioksidan-pada-wajah-1
        via sacrengi.com.tr

        Kamu bisa mendapatkan cuka sari apel di supermarket, bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Kandungan asam malat dan asam laktat pada cuka sari apel dapat mengangkat sel kulit mati juga kandungan antioksidannya telah terbukti efektif mengatasi masalah kulit.

        Cara penggunaan cuka sari apel 

        [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Campurkan 5 mili cuka sari apel dengan 95 mili air. Oleskan pada wajah menggunakan kapas. Biarkan selama 10-20 menit setelah itu bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih maksimal. lakukan sebelum tidur dan biarkan selama semalam.[/su_note]


        Gula Murni / Scrub – bisakah?

        cara-membersihkan-kulit-wajah-dengan-gula-murni-1
        cara memebrsihkan kulit dengan gula murni via kesehatan-kulit.info

        Di dalam gula murni terkandung AHA dan asam glikolat yang baik untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati juga menghilangkan jerawat dan bekasnya juga. Gula juga bisa membunuh bakteri pada wajah karena dinding sel bakteri pada dasarnya tidak tahan terhadap gula.

        Cara penggunaan gula murni 

        [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Campurkan 2 sendok gula dengan satu sendok air, aduk hingga merata menjadi pasta, oleskan scrub tersebut pada wajah selama 15 menit sampai 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan.[/su_note]


        Es Batu – mampu meningkatkan sirkulasi darah sekitar jerawat

        es-batu-untuk-menghilangkan-jerawat-dan-mencegah-muncul-lagi800x600
        es batu untuk mengecilkan pori pori wajah

        Mungkin banyak diantara pembaca yang heran bagaimana mungkin hal ini bisa dihilangkan dengan es batu. Es batu berfungsi untuk mengecilkan pori pori pada kulit wajah, tak sampai disitu, es batu juga bisa meningkatkan sirkulasi darah pada daerah sekitar jerawat. Berfungsi juga untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah.

        Cara memakai es batu untuk perawatan wajah

        [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Caranya cukup mudah, sediakan terlebih dahulu es batu kemudian bungkus dengan kain yang bersih. Tempelkan es batu yang telah dibungkus tersebut pada wajah  dan tahan selama beberapa menit. lakukan secara rutin sampai jerawat sembuh[/su_note]


        Tomat – obat alami atasi jerawat

        tomat untuk masker wajah
        tomat untuk masker wajah via 2.bp.blogspot.com

        Sayuran tomat tentu tidak asing lagi untuk dipakai dalam perawatan kulit. Selain dapat mengencangkan kulit, tomat juga bisa digunakan untuk mengobati masalah wajah. hal ini dikarenakan tomat mengandung vitamin A dan C yang baik untuk tubuh maupun kulit.

        Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat dengan tomat

        [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Sediakan tomat yang matang dan berwarna kemerahan. Potong tomat tersebut tipis-tipis kemudian tempelkan pada wajah. Biarkan tomat menempel diwajah selama 10 – 15 menit. lakukan hal ini dengan rutin supaya bisa segera hilang.[/su_note]


        Pepaya – mencerahkan kulit kusam akibat jerawat

        pepaya-untuk-jerawat-di-wajah-1
        pepaya bermanfaat untuk nutrisi wajah via i.ytimg.com

        Buah pepaya mengandung enzyme papain yang berfungsi untuk mengikis sel kulit mati dan antioksidan juga vitamin yang mampu untuk mencerahkan kulit, mengatasi kulit kemerah-merahan akibat jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit. Cara menggunakan pepaya untuk perawatan yaitu

        [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Bersihkan pepaya kemudian potong menjadi beberapa bagian. Haluskan pepaya tersebut sampai menjadi bubur. Tambahkan satu sendok madu atau lemon (otional). Setelah tercampur, oleskan pasta pepaya ke wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas menggunakan air hangat.[/su_note]


        Itu tadi bahan bahan yang berada di sekitar kita yang bisa kita jadikan sebagai penangkal untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Setelah dibersihkan terkadang seringkali kita masih menjumpai bekas bekas yang masih menempel di wajah.

        Untuk menghilangkannya kamu bisa membaca artikel cara untuk menghilangkan bekas jerawat. Kamu juga bisa menghilangkan jerawat menggunakan sabun bidara, jika menginginkannya silahkan kunjungi jual sabun bidara.


        Membuat Masker Alami untuk Atasi Jerawat Membandel

        Jerawat yang tiba-tiba muncul di wajah tentu saja membuat si-empunya akan merasa terganggu. Baik dari segi penampilan maupun kenyamanan. Seringkali timbulnya jerawat juga disertai dengan rasa nyeri.

        Meskipun bukan termasuk penyakit kulit berbahaya, tapi munculnya benjolan di wajah ini bisa membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Bahkan, masalah kulit ini seringkali membandel, tidak kunjung hilang, dan bertambah dari waktu ke waktu. Itulah mengapa setiap hari selalu saja banyak orang yang mencari cara menghilangkan bekas jerawat secara alami.

        Sebenarnya, jerawat adalah gangguan yang mempengaruhi kelenjar minyak dalam kulit. Lubang kecil atau pori-pori terhubung oleh kanal yang disebut sebagai folikel. Nah di dalam folikel, minyak akan membawa sel kulit mati ke permukaan.

        Masalah jerawat biasanya dihadapi oleh para remaja yang sedang mengalami pubertas. Dengan adanya perubahan hormon, sehingga memicu minyak berlebih dan jerawat pada kulit. Masalah ini juga terjadi pada orang dewasa. Biasanya disebabkan karena penggunaan make up berlebih yang menghambat pori-pori.

        Jerawat juga bisa menimpa siapa saja, tak peduli jenis kelaminnya. Laki-laki ataupun perempuan. Lalu, bagaimana mengatasi ini? Ada berbagai pilihan cara menghilangkan jerawat. Ada yang menggunakan produk di pasaran, krim dokter, ataupun cara yang alami.

        Namun, cara yang paling aman adalah dengan bahan-bahan alami. Pun, lebih murah dan bahannya mudah ditemukan. Meskipun menggunakan bahan alami, cara berikut ini dijamin lebih cepat membuahkan hasil. Penasaran? Langsung saja, check this out!

        Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat dengan Masker Soda Kue

        Siapa sangka kalau bahan tambahan untuk membuat kue ini memiliki manfaat yang bagus untuk menghilangkan jerawat? Anda bisa membuat masker menggunakan soda kue dengan campuran air.

        Masker penghilang jerawat ini bisa Anda gunakan juga untuk menghilangkan jerawat batu. Kandungan dalam soda kue bisa menyeimbangkan pH kulit untuk mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, terdapat antiseptik dan anti-inflamasi untuk menghilangkan jerawat yang membandel.

        Selain menghilangkan jerawat, masker soda kue juga merupakan cara menghilangkan komedo secara alami lho.

        [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Untuk Anda yang sudah penasaran, ikuti langkah berikut untuk membuat dan mengaplikasikan masker soda kue:

        • Campurkan 2 sendok makan soda kue dengan air hingga membentuk tekstur yang kental
        • Sebelum diaplikasikan pada wajah, sebaiknya, terlebih dahulu cuci wajah hingga bersih
        • Oleskan secara merata masker soda kue pada seluruh area wajah
        • Tunggu kira-kira selama 15 menit lalu bersihkan dengan air hangat
        • Jika sudah, Anda bisa menggunakan pelembab wajah favorit.[/su_note]

          Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Masker Yogurt dan Madu

          Bakteri baik dalam yogurt dapat menghilangkan sel kulit mati. Dalam yogurt juga terdapat asam laktat dan asam alfa hidroksi. Kandungan tersebut akan membantu menghilangkan penyumbat pori-pori yang memicu timbulnya jerawat.

          [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Cara membuat masker yogurt dan madu sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

          • Campurkan 1 sendok makan madu dengan 2 sendok makan yogurt hingga rata.
          • Sesudah itu, oleskan masker pada wajah.
          • Diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air hangat.[/su_note]

            Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Masker Alpukat dan Madu

            Alpukat merupakan buah yang kaya vitamin E. Kandungan tersebut mampu menembus pori-pori sehingga berperan untuk meredakan peradangan pada kulit. Lain lagi dengan madu, hydrogen peroksida yang dikandungnya memiliki sifat antibakteri. Jika dikombinasikan, dua bahan tersebut akan ampuh mengatasi masalah jerawat dalam waktu semalam.

            [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Untuk membuat masker alpukat dan madu, caranya adalah sebagai berikut:

            • Belah alpukat lalu ambil daging buahnya, haluskan menggunakan blender atau ditumbuk secara manual.
            • Tambahkan 1 sendok makan madu ke dalam alpukat halus
            • Aplikasikan pada wajah
            • Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.[/su_note]

              Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami Jeruk Nipis

              Khasiat jeruk yang memiliki warna hijau nan masam ini tak perlu diragukan lagi. Baik untuk kesehatan maupun kecantikan. jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah. Manfaat tersebut terkait dengan kandungan vitamin C-nya yang sangat tinggi. Lalu, bagaimana cara membuat masker jeruk nipis?

              [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Berikut langkah-langkahnya:

              • Potong jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian peras
              • Campurkan dengan 2 sendok makan madu
              • Oleskan pada wajah lalu diamkan selama 15 menit
              • Setelah itu, bilas menggunakan air hangat.[/su_note]

                Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Masker Pisang dan Kunyit

                Percaya tidak, kalau Anda bisa menghilangkan jerawat hanya dalam 1 hari? bisa banget kok, coba kombinasikan dua bahan alami yaitu pisang dan kunyit untuk dibuat masker.

                Pisang memiliki kandungan antioksidan, potassium, dan vitamin E. wajah akan menjadi lebih lembab dan cerah. Lektin yang ada pada buah ini juga dapat melawan bakteri yang menyebabkan jerawat.

                Sedangkan pada kunyit, senyawa yang ampuh untuk mengatasi peradangan adalah kurkuminoid. Nah, dengan mencampurkan kedua bahan tersebut, Anda akan mampu mengatasi masalah jerawat dalam 1 hari.

                [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Cara mengolah dan mengaplikasikannya adalah sebagai berikut:

                1. Haluskan sebuah pisang menggunakan blender
                2. Setelah itu, tambahkan bubuk kunyit ½ sendok makan dan ½ sendok makan soda kue
                3. Aduk hingga rata, lalu aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan
                4. Bilas menggunakan air hangat
                5. Pakailah pelembab jika setelah menggunakan masker, wajah terasa kering.[/su_note]

                  Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Masker Putih Telur

                  Sempat hits untuk menghaluskan kulit, ternyata masker putih telur juga bisa mengobati jerawat lho! meskipun baunya amis, tapi, kandungan enzim lysozym mampu menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat.

                  [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Selain itu, masker putih telur juga bisa mengecilkan pori-pori serta mengurangi minyak yang berlebih. Nah, langkah berikut bisa Anda ikuti untuk mengatasi masalah jerawat:

                  • Pecahkan telur, lalu ambil putihnya saja
                  • Tambahkan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis untuk mengurangi bau amis
                  • Kocok menggunakan sendok lalu oleskan pada wajah sampai merata
                  • Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.[/su_note]

                    Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Masker Cuka Apel

                    Apel adalah buah yang memiliki kandungan vitamin, mineral, dan serat yang tinggi. setelah dibuat menjadi cuka, maka kandungan asam asetatnya juga kian meningkat. Zat inilah yang baik untuk mengobati jerawat karena memiliki sifat antimikroba.

                    [su_note note_color=”#dcff5e” text_color=”#000000″ radius=”2″]Untuk mengaplikasikan cuka apel, silahkan ikuti langkah berikut:

                    • Tuang cuka apel ada wadah kecil
                    • Gunakan kapas untuk menyerap cairan tersebut
                    • Oleskan pada wajah hingga merata
                    • Diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air hangat
                    • Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan treatment ini sebelum tidur dan biarkan hingga semalaman.[/su_note]

                      Untuk mendapatkan cuka apel, Anda bisa membelinya di olshop atau apotik.

                      Itu dia 7 cara menghilangkan jerawat secara alami. Selain murah dan mudah, cara tersebut sangat efektif. Banyak yang mengatakan jika cara alami ribet dan membutuhkan waktu yang lama. Jika Anda sudah mampu menaklukkan jerawat membandel, baca juga cara menghilangkan bekas jerawat secara alami.

                      Tapi, ke-8 cara di atas bahkan bisa menghilangkan jerawat dalam waktu semalam. Tidak percaya? Buktikan saja! Lakukan sesuai dengan langkah-langkah yang sudah dibahas. Pastikan takarannya pas, ya! Demikian, semoga bermanfaat.


                      Temukan pilihan rumah seperti pada perumahan Kota Wisata Cibubur dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

                      Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

                      Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula

Transaksi dengan memakai mata uang digital Bitcoin semakin tinggi peminatnya seiring waktu. Ini kar

Finansial
Finansial Apa itu Bored Ape? Lihat Gambar NFT "Monyet" di Cryptocurrency

NFT monyet atau Bored Ape NFT sangat populer dalam dunia cryptocurrency beberapa waktu belakangan i

Finansial
Finansial Apa Itu NFT Art? Contoh dan Cara Menjualnya

Pernahkah kamu mendengar apa itu NFT art? Istilah yang memiliki kepanjangan Non-Fungible Token ini

Gadget
Gadget Ketahui Perbedaan MacBook Pro dan Air, Mana Yang Cocok Untuk Kamu?

Seperti yang Pins ketahui, perusahaan Apple selalu merilis dua varian laptop terbaru yaitu MacBook

Finansial
Finansial Apa itu FUD? Serta Moment Terbesar FUD?

Crypto adalah instrumen investasi yang mempunyai risiko sangat tinggi. Investasi crypto sebaiknya m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia