Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • Bingung Boleh, Putus Asa Jangan! Ini Cara Menghilangkan Lalat Si Pengganggu

Bingung Boleh, Putus Asa Jangan! Ini Cara Menghilangkan Lalat Si Pengganggu

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 5 menit membaca

Lalat, salah satu serangga yang paling menjengkelkan. Tak kenal lokasi dan cuaca, lalat seringkali muncul dan mengganggu kelangsungan hidup kita sehari-hari. Lalat menjadi pertanda kotor karena setiap tempat yang baru ia sentuh, berarti mengandung banyak bakteri yang menyebabkan penyakit. Ada baiknya kita mengenal musuh kita, atau si lalat, terlebih dahulu, sebelum berusaha menjauhinya.

Sejak 145 juta tahun yang lalu, lalat sudah memulai pertualangannya di Bumi ini. Memiliki tiga bagian badan dan alas kaki serta tangan yang lengket, lalat mampu berjalan, mendaki dan terbang kemana pun ia mau. Baik atap langit – langit, dinding maupun kaca. Dan for your information, Pins, lalat mempunyai ribuan lensa heksagonal yang sering dipanggil Ommatidia, kesemua matanya ini membuat lalat mampu melihat 360 derajat dan membedakan warna satu dengan warna yang lain secara akurat.

Lalat rumahan tidak bisa pergi jauh dari asalnya, paling jauh ia hanya bisa terbang sejauh 300 kaki saja. Baik lalat, larva dan telurnya juga tidak bisa bertahan di tempat yang tinggi dan hanya aktif di siang hari saja, karena pada malam hari, lalat tidak bisa melihat sekelilingnya. Umur lalat pun cenderung singkat, hanya 2 bulan maksimal, sementara kalau lalat rumahan hanya bisa bertahan hidup selama 10 hingga 20 hari. Predator alami dari lalat adalah burung, laba-laba dan binatang pemakan serangga lainnya.

Tahukah kamu, sebenarnya, hewan lalat itu sendiri tidak berbahaya langsung kepada kita. Lalat tidak menggigit dan tidak menyebabkan reaksi alergi. Nah, yang membuat ia begitu berbahaya adalah tingkah lakunya. Kebiasaan lalat yang hinggap di mana saja dan kesukaannya untuk hinggap di tempat kotor membuatnya menjadi pembawa bakteri dan infeksi penyebab penyakit. Belum lagi, lalat juga suka masuk dan hinggap di berbagai tempat dalam rumah sampai hinggap di makanan, tersebarlah bakteri dan kuman penyebab infeksi ini sehingga kita jadi lebih rentan terserang penyakit.

Baca juga: Mengganggu & Merusak Mood, Yuk Tengok Cara Mengusir Lalat Ini, Dijamin Jitu!

Setelah kita sama-sama memahami apa dan bahaya dari lalat, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara mengusir lalat yang efektif dan efisien nih, Pins. Meski biasanya kebanyakan orang memilih untuk memukul lalat pake sandal atau kertas koran, kenyataannya cara ini tidak selamanya baik, karena akan meninggalkan bekas kotoran dalam tubuh si lalat itu sendiri di permukaan. Belum lagi, lalat mempunyai kemampuan sensor unik yang membuatnya lebih sensitif akan pergerakan, sekecil apapun itu dan akhirnya kabur. Kita sudah lelah dan emosi, eh lalatnya malah pergi. Usaha kita sia-sia, Pins!

Sebenarnya, kita bisa dengan mudah membeli semprotan anti serangga di berbagai mini market terdekat. Tapi, sepertinya efeknya tidak hanya berbahaya pada lalatnya, tapi untuk kita juga. Apalagi sudah ada anjuran untuk hanya menggunakan semprotan serangga pada ruangan dengan ventilasi yang baik. Agaknya akan lebih baik untuk menggunakan bahan-bahan alami untuk mengusir lalat ya, Pins. Yuk ambil notes kamu dan catat beberapa bahan pengusir lalat alami berikut!

1. Gunakan tanaman pengusir lalat
Tanaman dengan aroma kuat seperti kemangi, lavender atau bunga kumis kucing ternyata begitu dibenci oleh lalat, Pins. Cukup menggantung atau meletakkannya di dekat jendela dan pintu, dijamin gangguan lalat akan jauh berkurang.

2. Campuran cuka dan sabun cuci piring
Campuran cuka dan sabun cuci piring dapat bertindak sebagai perangkap lalat yang alami. Kamu cukup mencampurkan cuka apel sebanyak 1 inci ke dalam gelas dan beberapa tetes sabun cuci piring, kemudian tutup permukaan atas gelas dengan plastik tipis. Kemudian pastikan semuanya aman dengan mengikatkan karet ke sekelilingnya dan langkah terakhir, buatlah lubang di permukaan atasnya. Campuran cuka ini akan menarik lalat masuk ke dalam jebakan dan sabun cuci piring membuat lalat tenggelam dan terjebak di dalamnya.

3. Campuran cabe rawit dan air
Ternyata, cabe rawit juga bisa mengusir lalat loh, Pins. Kamu cukup mencampurkan cabe rawit dengan air dan kemudian semprot ke sekeliling rumah untuk mencegah adanya lalat masuk.

4. Perangkap cahaya
Perangkap ini berupa kotak yang ada cahaya di dalamnya, nantinya perangkap cahaya ini akan menarik perhatian lalat. Ketika lalat mencoba untuk bisa masuk ke dalam, mereka akan mati karena perangkap kabel listrik yang sudah dipasang sebelumnya. Pastikan untuk memasang perangkap cahaya ini jauh dari pintu masuk ataupun jendela, karena mereka tidak boleh terlihat dari luar. Pastikan juga mereka berada paling tidak 5 kaki dari permukaan lantai ya.

Selain tahu cara menghilangkan lalat, sebaiknya kita juga mengetahui cara agar lalat tidak masuk lagi ke daerah huni kita. Berikut beberapa cara simpel yang bisa Pins lakukan agar terhindar dari serangan lalat :

  1. Pasang perangkap nyamuk di setiap jendela dalam rumahmu
  2. Jangan biarkan sisa makanan, buah, biskuit, tergeletak begitu saja di rumahmu. Mereka bisa dengan mudah mengundang lalat masuk ke dalam rumah. Pastikan kamu langsung membuang sisa makanan atau paling tidak menutupnya dengan tisu atau penutup makanan lainnya.
  3. Pastikan tempat sampah kamu selalu bersih dan tertutup, bau sampah bisa dengan mudahnya mengundang lalat masuk dan bersarang di situ loh, Pins.
  4. Selalu jaga dapur dalam keadaan bersih dan rapi. Selalu cuci piring dan perabotan dapurmu segera
  5. Jika kamu mempunyai tempat sampah di luar rumah, pastikan itu selalu tertutup dan bersih. Jika perlu bersihkan tempat sampah dengan klorin selama sebulan sekali.
  6. Gunakan perangkap serangga untuk mengusir serangga. Selain mudah dibuat, bahan – bahan dari perangkap serangga yang sudah kita bahas bersama juga terhitung ampuh untuk memerangkap serangga Pins!
  7. Gunakan pengusir lalat alami yang kita bahas sebelumnya untuk mengusir serangan lalat

Hal yang perlu kita ingat bersama adalah, satu atau dua lalat bisa dengan cepat bereproduksi hingga jumlahnya ribuan loh, Pins. Mereka berkembang biak dengan sangat cepat dan termasuk bandel di segala lingkungan dan cuaca. Jadi, ada baiknya untuk selalu melakukan tindakan preventif. Kamu pasti tidak mau kan rumahmu menjadi terancam bahaya penularan bakteri dan kuman berbahaya.


Bisa kita simpulkan bersama, jika kita ingin menyingkirkan kehadiran lalat dari tempat kita, sebaiknya selalu rajin membersihkan sisa makanan, selalu menjaga rumah agar selalu bersih dan rapi, jangan ragu untuk menggunakan pengusir dan perangkap lalat yang sudah kita bahas sebelumnya ya, Pins!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel