Ruang Edukasi Agen

Trivia

Bagaimana Cara Mencapai Work Life Balance Bagi Agen Properti?

Ditulis oleh Safina Rahma ∙ 1 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Bekerja sebagai agen properti berarti bisa memiliki jam kerja yang lebih fleksibel. Hal ini merupakan sebuah kelebihan yang banyak diidam-idamkan. Namun, bekerja tanpa waktu yang jelas ini juga bisa berakibat buruk. Menerapkan work life balance adalah cara yang bisa dilakukan oleh seorang agen properti untuk menghindari hal ini.

Pinhome – Mencapai work life balance adalah hal yang terkadang sulit untuk dilakukan. Bagi seorang agen properti misalnya, waktu bekerja akan bergantung dengan klien. Anda banyak bekerja di luar jam kantor seperti saat malam, akhir minggu, atau di hari libur. Tidak hanya itu, Anda juga perlu untuk selalu siap siaga jika klien menghubungi.

Fokus bekerja dan selalu memenuhi tuntutan klien merupakan hal yang baik. Namun, Anda tetap perlu memperhatikan kebutuhan diri. Jika Anda mengabaikan hal ini, berbagai masalah bisa muncul seperti misalnya gangguan kesehatan. Supaya hal ini tidak terjadi, Anda perlu menerapkan work life balance.

Apa itu work life balance? Simak penjelasannya di bawah ini, Pins!

Work Life Balance Adalah

Work life balance adalah istilah yang berhubungan dengan kondisi pekerjaan dan kehidupan pribadi seseorang yang seimbang. Kondisi ini bisa diraih jika seseorang bisa mengatur waktu maupun energi secara seimbang baik itu untuk pekerjaan, kehidupan pribadi, hiburan, dan juga keluarga.

Work life balance diperlukan untuk memastikan bahwa seseorang bisa memiliki kehidupan yang lebih seimbang. Terlalu lama bekerja akan membuat Anda tidak memiliki waktu untuk kehidupan pribadi. Hal ini tentunya akan menimbulkan banyak hal negatif seperti rusaknya hubungan, kesehatan yang terganggu, dan juga stres.

Baca juga: Cara Memperluas Jaringan untuk Agen Properti.

Mengapa Work Life Balance Penting?

Seseorang yang bisa mencapai work life balance akan mendapatkan berbagai keuntungan. Bisa membagi waktu dengan baik artinya Anda bisa mengeksplorasi diri dan juga memenuhi kebutuhan pribadi. Beberapa manfaat dari work life balance yaitu:

  • Mengurangi risiko terkena penyakit karena terlalu lama bekerja.
  • Memiliki kondisi mental yang lebih sehat.
  • Terhindar dari jenuh dan stres yang berlebihan.
  • Bisa melakukan hobi yang diinginkan.
  • Performa kerja akan terus terjaga.
  • Bisa lebih fokus dalam bekerja.

Tips Work Life Balance Bagi Agen Properti

work life balance adalah
(Eventbrite)

Sebagai seorang agen properti, Anda mungkin akan merasa bahwa work life balance sulit untuk dilakukan. Anda bekerja dengan banyak klien dan harus menyesuaikan diri. Meskipun begitu, work life balance bukanlah hal yang tidak mungkin. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba lakukan.

Mengatur jadwal dan memanfaatkan waktu dengan baik

Mengatur waktu merupakan salah satu kunci utama untuk bisa mencapai work life balance. Seorang agen properti memang tidak memiliki jam kerja yang pasti namun Anda tentu bisa mengaturnya secara mandiri.

Anda bisa membuat jadwal kerja sesuai dengan keadaan dan kebutuhan. Misalnya yaitu, pada saat klien Anda bekerja pada jam kantor, Anda bisa memanfaatkan waktu ini untuk menyelesaikan pekerjaan administratif. Anda dapat melakukan pekerjaan seperti update listing di waktu ini. Setelah itu, di luar jam kantor, Anda bisa melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan klien.

Membuat batasan dan menginformasikannya kepada klien

Cara lain yang perlu Anda lakukan untuk mencapai work life balance adalah membuat batasan yang pasti. Sebagai seorang agen properti, Anda tentu perlu untuk siaga kapan saja ketika ada klien yang menghubungi. Supaya Anda tidak bekerja berlebihan, Anda perlu membuat batasan tertentu.

Anda bisa menetapkan batasan terkait pekerjaan sebagai agen properti. Batasan yang bisa dibuat yaitu seperti jadwal klien bisa menghubungi Anda atau waktu yang diperlukan untuk membalas pesan. Hal ini dapat diinformasikan kepada klien sebelum memilih bekerja sama dengan Anda.

Mencari bantuan jika perlu

Saat Anda merasa bahwa beban kerja yang dihadapi terlalu berat, Anda bisa memilih untuk mencari bantuan. Anda dapat bekerja dengan seorang rekan supaya beban pekerjaan Anda bisa terbagi. Cara ini efektif untuk mengurangi beban dan memastikan bahwa semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik. Jangan lupa untuk menginformasikan rekan ini kepada klien, ya, Pins!

Mulai perubahan secara bertahap

Mencoba menerapkan work life balance memang tidak mudah dan banyak orang yang gagal melakukannya. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini yaitu melakukan perubahan secara drastis misalnya yaitu mengurangi jam kerja sampai 2 kali lipat. Cara ini akan membuat Anda kaget dan work life balance tidak tercapai.

Anda bisa memulai perubahan menuju work life balance secara bertahap. Mulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu seperti mengatur jadwal harian. Anda kemudian bisa melakukan hal lainnya secara bertahap jika sudah terbiasa dengan perubahan sebelumnya.

Work life balance adalah hal yang perlu dilakukan untuk mempertahankan kualitas kerja dan juga kehidupan. Anda bisa mulai menerapkan tips-tips di atas untuk mencapai work life balance. Semoga membantu, Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel