Ruang Edukasi Agen

Wawasan Properti

Ini Dia Perbandingan KTA, KMG, dan KPR untuk Beli Rumah

Ditulis oleh safina ∙ 13 September 2021 ∙ 4 menit membaca

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa pembiayaan properti bukanlah suatu hal yang murah. Berbagai faktor seperti semakin sedikitnya lahan membuat harga properti semakin melambung. Meskipun begitu, kepemilikan properti tetaplah penting terutama yang merupakan kebutuhan primer seperti hunian.

Pinhome – Bagi Pins yang ingin memiliki rumah, tidak perlu terlalu khawatir ketika melihat harga jual yang tinggi. Terdapat pinjaman atau kredit yang dapat Pins pilih ketika ingin membeli properti. Kredit seperti KTA, KMG, dan KPR telah disediakan oleh bank untuk mempermudah kepemilikan properti.

Sebelum mengajukan pinjaman, yuk, cari tahu perbandingan KTA, KMG, dan KPR terlebih dahulu!

Perbandingan KTA, KMG, dan KPR

perbandingan kta
(Pexels)

Memiliki properti seperti rumah kini bisa didapat dengan lebih mudah dengan mengajukan kredit. Berikut ini beberapa poin yang perlu diketahui tentang kredit untuk membeli properti.

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Pilihan kredit yang pertama yaitu Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Layanan ini merupakan pinjaman yang bisa Pins dapatkan tanpa jaminan. Selain itu, KTA juga bisa diajukan tanpa Pins harus menjadi nasabah dari penyedia layanan.

Kredit Tanpa Agunan merupakan pilihan pinjaman yang lebih mudah untuk diajukan. Kredit ini tidak memerlukan jaminan dan syarat-syarat pengajuannya pun tidak rumit. Beberapa hal yang perlu diketahui tentang KTA yaitu:

  • Tidak mensyaratkan agunan atau jaminan ketika mengajukan kredit.
  • Proses pengajuan lebih mudah dan cepat.
  • Biasanya suku bunga yang berlaku sifatnya tetap selama cicilan atau fixed rate.
  • Jumlah bunga yang berlaku umumnya cukup tinggi yaitu 0,7 persen sampai 2 persen per bulan.
  • Memiliki periode cicilan yang lebih pendek mulai dari 1 sampai 10 tahun.
  • Limit pinjaman yang dapat diberikan lebih sedikit yaitu maksimal sekitar Rp300 juta.

Kredit Multiguna (KMG)

Kredit Multiguna atau KMG adalah kebalikan dari KTA. Pinjaman ini mengharuskan peminjam untuk memiliki jaminan yang akan diberikan ke bank. Agunan tersebut merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pinjaman ini. Jaminan tersebut kemudian akan ditaksir nilainya oleh bank sesuai dengan kredit yang akan diberikan.

Jenis pinjaman ini cukup banyak diminati karena memiliki berbagai keunggulan. Berikut ini beberapa poin tentang KMG yang perlu diketahui.

  • Membutuhkan jaminan seperti mobil, sertifikat rumah, deposito, dan lain-lain.
  • Proses pengajuan lebih lama karena bank perlu menaksir nilai agunan.
  • Suku bunga yang lebih rendah yaitu 7 sampai 9 persen per tahunnya atau bisa kurang dari 1 persen per bulan.
  • Periode cicilan yang lebih panjang.
  • Limit pinjaman lebih tinggi bisa sampai miliaran.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Perbandingan jenis pinjaman lain selain KTA dan KMG tentu saja adalah KPR. Apa itu KPR? Kredit Pemilikan Rumah atau KPR adalah jenis pinjaman bank yang khusus untuk pembelian rumah. Berbeda dengan pinjaman lainnya, KPR bukanlah pinjaman tunai. Pihak bank akan memberikan pembiayaan rumah dan nantinya, peminjam akan melakukan cicilan.

Sebagai kredit yang ditujukan khusus untuk pembiayaan rumah, KPR tentu berbeda dengan jenis pinjaman lainnya. Ciri-ciri dari KPR yaitu:

  • Memiliki beberapa jenis seperti subsidi, non subsidi, syariah, dan take over.
  • Bunga yang ditetapkan bisa floating rate atau fixed rate.
  • Besaran bunga biasanya 5 persen per tahun namun bisa lebih.
  • Proses pengajuan membutuhkan beberapa tahapan.
  • Periode cicilan lebih panjang bisa mencapai 20 tahun.
  • Limit pinjaman sesuai dengan harga rumah dan taksiran bank namun bisa disesuaikan dengan penghasilan.

Ajukan Pinjaman Lewat Pinhome

(DNA India)

Ingin memiliki rumah sendiri? Anda bisa mengajukan pinjaman pembiayaan baik itu KTA, KMG, ataupun KPR melalui Pinhome. Melalui Pinhome, Anda dapat melakukan pengajuan pinjaman secara mudah dan aman. Jika Anda memiliki ingin berkonsultasi pun, Pinhome menyediakan jasa ini dan gratis!

Selain itu, mengajukan pinjaman melalui Pinhome juga bisa memungkinkan Anda untuk memperoleh penghasilan tambahan. Anda bisa menjadi referral buyer dan mendapatkan komisi setiap pengajuan buyer Anda berhasil disetujui.

Mengetahui perbandingan KTA, KMG, dan KPR akan membantu Anda untuk memilih jenis pinjaman yang paling sesuai. Setiap pinjaman memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, Pins. Jadi, pilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel