Ruang Edukasi Agen

Marketing

Bagaimana Cara Membuat Iklan Properti di Twitter Supaya Bisa Cepat Laku?

Ditulis oleh Komarudin Subekti ∙ 4 August 2022 ∙ 5 menit membaca

Sebagai salah satu pengguna internet aktif dan terbesar di dunia, masyarakat Indonesia memang banyak yang menghabiskan waktunya berselancar di dunia maya. Kebanyakan dari mereka mengakses media sosial.

Media sosial kini juga bukan sebagai ajang sosialisasi dan komunikasi saja, tetapi menjadi salah satu alat pemasaran. Misalnya saja seperti Twitter Ads. Lantas, bagaimana cara membuat iklan twitter yang efektif untuk menjangkau para calon klien?

Baca Juga : Cara Memasarkan Properti Via Facebook Yang Mudah Dilakukan

Serba-Serbi Twitter Ads yang Agen Harus Tahu Lebih Dulu

(Shutterstock)

Pastinya, rekan agen sudah mengenal twitter sebagai media sosial, bukan? Twitter sendiri ternyata memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak di Indonesia, selain Facebook, Instagram, dan TikTok.

Penggunaan twitter banyak macamanya, seperti untuk berpendapat, beropini, menyampaikan keluh kesah, hingga promosi sebuah brand. Banyak tren yang viral di Indonesia bermula dari trending topics di twitter.

Twitter untuk berpromosi juga semakin dilirik oleh banyak pengusaha. Mereka bisa memanfaatkan twitter untuk mempromosikan produknya. Termasuk juga para agen properti dapat memasarkan listingnya lewat twitter.

Layanan beriklan pada twitter tersebut bernama Twitter Ads. Layanan ini disediakan oleh twitter khusus bagi para marketer yang ingin berpromosi kepada audiens twitter yang beragam dan unik.

Penggunaan layanan Twitter Ads memang direkomendasikan. Apalagi, jumlah pengguna twitter yang banyak, tentunya keuntungan akan semakin mudah diraih bila memaksimalkan promosi lewat twitter.

Macam-Macam Promosi di Twitter yang Bisa Dilakukan

Sama seperti tools marketing lain di media sosial, Twitter Ads juga menyediakan beberapa jenis promosi yang bisa dilakukan. Tipe promosi ini perlu diketahui sebelum mencari tahu cara membuat iklan twitter.

Beberapa tipe promosi tersebut, seperti :

1. Promoted Trends

Promoted Trends atau tren promosi merupakan kumpulan dari berbagai topik dan tagar yang paling populer. Tools ini digunakan pada saat itu juga sehingga para pengguna twitter bisa berinteraksi dengan Promoted Trends, sama seperti ketika mereka berinteraksi dengan trending topics.

2. Promoted Accounts

Promoted Accounts merupakan tipe promosi yang bisa memunculkan profil akun bisnis yang sedang melakukan promosi secara lengkap. Profil yang di-promote tersebut akan muncul pada saran Who to Follow di bagian pencarian masing-masing pengguna.

3. Promoted Tweets

Tipe promosi ini sebenarnya memiliki kesamaan dengan tweet biasa. Namun, yang menjadikannya berbeda adalah jangkauan tweet tersebut. Promoted Tweets bisa menjangkau target audiens setelah sebelumnya diatur. Tidak hanya teks, video juga bisa dijadikan sebagai konten Promoted Tweets.

Baca Juga : Cara Mudah Marketing Via Instagram Gratis Untuk Promosi Bisnis Properti

Keunggulan Twitter sebagai Salah Satu Tools Marketing

(Shutterstock)

Pastinya, cara membuat iklan di twitter dan menyebarkannya memiliki berbagai macam keuntungan yang signifikan, seperti :

1. Peningkatan Brand Awareness

Sama seperti tools pada media sosial lainnya, penggunaan Twitter Ads juga sebagai sarana peningkatan brand awareness.

Dengan total kurang lebih 18,45 juta pengguna di Indonesia, beriklan di twitter bisa jadi salah satu alternatif untuk pengenalan dan promosi brand dengan mudah. 

Penggunaan Twitter Ads nantinya akan menempatkan iklan produk yang Anda miliki pada beranda pengguna lain, kolom pencarian, atau lewat tagar yang trending di twitter.

2. Membangun Reputasi Produk yang Baik

Penggunaan Twitter Ads cukup efektif dalam rangka pembangunan reputasi produk yang baik. Lewat twitter, banyak orang yang secara sukarela membagikan berbagai macam informasi tentang sebuah hal.

Tentu saja, hal tersebut karena praktis dan gratis. Informasi yang dibagikan juga bisa dilakukan dalam satu kali tweet atau dengan bentuk utas (thread).

Namun, perlu berhati-hati juga, karena satu kali brand atau produk memiliki reputasi yang buruk, akan berakibat fatal.

3. Menjalin Hubungan Baik dengan Klien

Pastinya, pada saat melakukan promosi lewat Twitter Ads, Anda akan lebih sering berinteraksi dengan berbagai calon klien potensial. Mereka yang belum kenal bahkan bisa melakukan interaksi yang intens, apalagi bila topiknya membuat mereka tertarik.

Cukup banyak pengguna twitter yang sengaja mengikuti sebuah akun produk untuk tujuan agar mereka dapat lebih mudah mendapatkan informasi atau layanan bisnis.

Bagaimana Cara Aktivasi Twitter Ads?

(Shutterstock)

Bagi Anda yang tertarik dan ingin berpromosi lewat Twitter Ads, berikut beberapa cara aktivasi yang perlu diketahui :

1. Masuk Twitter Ads Manager

Cara membuat iklan twitter yang pertama tentunya adalah memiliki akun twitter terlebih dahulu. Bila akun telah siap, maka masuk ke alamat ads.twitter.com. Setelah masuk, atur lokasi negara dan waktu dari daerah Anda berasal.

2. Menentukan Objek Campaign

Cara buat iklan selanjutnya adalah dengan menentukan advertising objective dari campaign iklan yang akan dibuat di Twitter. Ada banyak tipe advertising objective yang bisa dipilih, tergantung dari tujuan akhir yang dingin dicapai.

Tujuan campaign nantinya akan berpengaruh pada harga iklan twitter yang akan dibayarkan. Bagi Anda yang baru akan memulai Twitter Ads, disarankan untuk membaca lebih detail lagi tentang advertising objective ini pada bagian Learn More.

3. Mengatur Jenis Iklan dan Biaya

Selanjutnya adalah dengan mengatur jenis iklan yang akan dilakukan. Di tahap ini juga akan ditentukan harga biaya iklan yang akan dikeluarkan. Pada Twitter Ads, biaya bisa diatur dengan bebas oleh pengiklan.

Tidak ada batas minimal biaya yang dikeluarkan, jumlah total biaya juga akan bisa tampil di halaman ini.

4. Menentukan Target Audiens

Penentuan target audiens tentunya sangat penting. Audiens yang tepat pastinya yang akan membeli produk yang Anda jual. Jika salah menentukan audiens, bisa-bisa iklan yang dibuat hanya dianggap angin lalu saja.

Oleh karena itu, perlu dilakukan riset yang mendalam tentang audiens sebelum mulai beriklan dan menentukan segmentasi calon pelanggan. Tentukan audiens berdasarkan usia, bahasa, teknologi, dan jenis kelaminnya.

5. Tentukan Placement

Tahap terakhir adalah dengan menentukan placement atau tempat iklan akan muncul. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan serta pengaturan lainnya. Bila dirasa telah lengkap, maka iklan bisa dirilis saat itu juga.

Itulah informasi singkat mengenai cara membuat iklan twitter yang bisa Anda coba sendiri. Semoga bermanfaat dan mendatangkan banyak cuan!

Baca Juga : 5 Tips Jualan Properti Untuk Kaum Milenial


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel