Pinhome Home Service

Beranda Artikel Elektronik 5 Tips dan Cara Menghilangkan Kerak Gosong di Rice Cooker
Elektronik

5 Tips dan Cara Menghilangkan Kerak Gosong di Rice Cooker

  • 27 Jun, 2022 oleh Mustika
  • 6 menit membaca

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada rice cooker adalah kerak nasi atau bahkan kerak gosong pada bagian dasar panci. Tak perlu panik, apalagi buru-buru ganti yang baru, Pins bisa mencoba cara menghilangkan kerak gosong di rice cooker.

Nah, berhubung rice cooker dipakai untuk mengolah bahan makanan untuk dikonsumsi, penanganannya tidak boleh sembarangan. Cara menghilangkan kerak gosong di rice cooker disarankan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak berbahaya bagi tubuh.

Yuk, simak uraian berikut untuk tahu cara menghilangkan kerak gosong sekaligus mencegahnya terjadi lagi.

Cara Menghilangkan Kerak Gosong Di Rice Cooker

Ada beberapa bahan aman yang bisa Pins gunakan untuk mengatasi masalah pada rice cooker. Berikut ini cara menghilangkan kerak gosong di rice cooker agar terlihat bersih dan seperti baru lagi:

Baking Soda

(Shutterstock)

Selain untuk bahan kue dan masakan, baking soda juga banyak dipercaya dapat membersihkan berbagai noda membandel. Cara menghilangkan kerak gosong di rice cooker dengan baking soda pun mudah, mirip seperti penggunaan asam sitrat.

Pertama, campurkan baking soda dan air sampai berbentuk pasta. Kemudian, oleskan pada bagian gosong di rice cooker. Tunggu selama 5 menit, lalu bersihkan dengan lap. Ulangi jika perlu.

Untuk rice cooker yang pancinya terbuat dari bahan antilengket, Pins tidak disarankan menggosoknya dengan bahan kasar dan keras. Alih-alih jadi bersih, lapisannya bisa rusak dan justru mengontaminasi nasi.

Cuka

(Shutterstock)

Cuka merupakan salah satu bahan yang selalu ada di dapur. Biasanya cuka digunakan untuk membuat acar dan juga campuran makanan berkuah, seperti bakso. Namun, untuk saat ini kita akan membahas fungsi cuka untuk membersihkan kerak gosong pada rice cooker.

Cuka memiliki sifat asam dan bisa digunakan untuk pembersih alami, lho. Caranya juga sangat mudah, kok, yaitu dengan mengoleskan cuka merata pada lapisan kerak di rice cooker. Kemudian, tunggu selama 15-30 menit dan usap dengan spons atau kain lap.

Kalau cara menghilangkan kerak gosong di rice cooker dengan cuka belum bersih sempurna, coba ulangi lagi. Pins juga bisa mengombinasikan cara ini dengan metode lain, misalnya dengan mencampurkan cuka dan baking soda. Hasilnya adalah larutan yang lebih ampuh mengangkat kerak maupun noda membandel.

Jeruk Nipis

(Shutterstock)

Cara menghilangkan kerak gosong di rice cooker selanjutnya adalah menggunakan jeruk nipis. Air jeruk nipis juga memiliki kemampuan membersihkan yang dahsyat dan bahkan lebih baik dari air lemon.

Bagaimana caranya? Sangat mudah kok. Caranya yaitu dengan iris jeruk nipis menjadi dua bagian dan kemudian usapkan pada kerak gosong di rice cooker. Usap terus secara berulang sampai keraknya hilang dan kemudian bersihkan.

Asam Sitrat

(Shutterstock)

Asam sitrat (citric acid) juga ampuh untuk membersihkan noda-noda membandel, bahkan membersihkan panci yang gosong pun bisa. Asam sitrat sendiri merupakan zat asam yang biasa dijumpai pada buah-buahan asam, seperti jeruk nipis dan lemon.

Jadi, kalau sulit mendapatkan jeruk nipis atau lemon, Pins bisa menggunakan asam sitrat. Bahan ini bisa Pins dapatkan di swalayan terdekat atau di toko kue.

Penggunaannya juga tidak ribet dan sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan asam sitrat dengan air hingga terbentuk seperti pasta. Kemudian usapkan campuran tersebut pada permukaan rice cooker yang gosong. Tunggu selama 8-10 jam, lalu usap dengan lap atau spons.

Rendam Dengan Air Panas Dan Sabun Cuci Piring

(Shutterstock)

Kalau  Pins tidak memiliki bahan-bahan di atas, masih ada cara menghilangkan kerak gosong di rice cooker yang lebih mudah. Pins hanya perlu sabun cuci piring dan air panas.

Caranya yaitu dengan merendam rice cooker ke dalam air mendidih untuk beberapa jam atau semalam. Sebelum direndam, kamu harus mengoleskan sabun cuci piring pada kerak gosong agar nodanya lebih cepat terangkat.

5 Tips Agar Nasi Tidak Gosong dan Kering

Nah, setelah tahu cara menghilangkan kerak gosong di rice cooker, Pins juga perlu tahu cara agar rice cooker tidak kering dan gosong lagi. Yuk, simak tipsnya!

Baca Buku Instruksi

(Shutterstock)

Untuk memasak nasi dengan benar, tentu cara penggunaan rice cooker harus benar. Maka dari itu, penting untuk membaca buku instruksi terlebih dahulu untuk menghasilkan nasi yang pulen dan tidak berkerak.

Diamkan Terlebih Dahulu Setelah Nasi Matang

(Shutterstock)

Saat nasi matang, rice cooker biasanya mengeluarkan bunyi ceklek dan lampu indikatornya berubah. Namun, saat baru matang biasanya nasi belum tanak. Jika langsung dikeluarkan dari rice cooker, bagian dasarnya akan berkerak.

Lalu bagaimana agar tidak berkerak? Setelah terdengar bunyi ceklek, tunggu sekitar 10 menit. Hasilnya nasi akan matang lebih merata dan lebih pulen, serta tidak berkerak saat dicentong.

Gunakan Gelas Pengukur Bawaan Rice Cooker

(Shutterstock)

Setiap pembelian rice cooker biasanya disertai gelas takar masing-masing. Nah, ukuran gelas takar ini sudah disesuaikan dengan takaran kadar air yang diperlukan. Dengan begitu, Pins tidak perlu repot-repot mengukurnya dengan jari karena bisa berpedoman pada garis-garis takaran air.

Jadi, agar rasio beras dan airnya pas, Pins disarankan memakai gelas ukur bawaan rice cooker ini. Pasalnya, kalau airnya kurang, nasi akan keras dan berisiko berkerak.

Masak Nasi Dalam Jumlah Yang Sesuai

(Shutterstock)

Pada rice cooker sudah ada batas maksimal dan minimal. Kalau kurang dari batas minimal, nasi yang dihasilkan bisa kering dan menempel di dasar panci. Sebaliknya, kalau lebih dari batas maksimal, nasinya bisa meluap. Jadi, pastikan Pins mengisi rice cooker sesuai kapasitas, ya!

Gunakan Jenis Beras Yang Benar

(Shutterstock)

Rice cooker pada umumnya dirancang untuk memasak beras putih. Artinya, waktu memasak dan takaran airnya pun disesuaikan dengan beras putih.

Padahal, untuk memasak jenis beras lain, waktu memasak dan kadar air yang diperlukan berbeda. Sebagai contoh, beras merah membutuhkan waktu memasak lebih lama sehingga bisa menimbulkan kerak di dasar panci jika dimasak dengan rice cooker biasa.

Demikian beberapa cara menghilangkan kerak gosong di rice cooker beserta tips agar nasi tidak berkerak. Pastikan juga melakukan perawatan dengan benar ya, termasuk membersihkan unit rice cooker dan area dapur secara menyeluruh.

Baca Juga: Ikuti 10 Cara Mudah Menggunakan Rice Cooker Berikut Ini!

Kalau Pins butuh bantuan untuk membersihkan dapur, ada layanan Home Cleaning dari Pinhome Home Service. Layanan ini bisa diakses melalui aplikasi Pinhome, lho—mudah dan praktis! Harganya pun terjangkau, mulai dari 50ribu untuk 1 jam dengan berbagai promo tersedia. Klik di sini untuk coba.


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.