Pinhome Home Service

Beranda Artikel Elektronik Begini Cara Menggunakan Oven Listrik Cosmos
Elektronik

Begini Cara Menggunakan Oven Listrik Cosmos

  • 3 Aug, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Oven menjadi alat memasak yang wajib dimiliki bagi Pins yang suka memanggang roti. Dari berbagai merk oven ada satu yang istimewa yakni Cosmos. Cara menggunakan oven listrik cosmos sederhana.

Sebelum mengetahui bagaimana cara menggunakan oven listrik merk Cosmos, ada baiknya simak dulu kelebihan oven Cosmos. Ada pula informasi ragam series oven Cosmos yang tersedia di pasaran. 

Kelebihan Oven Cosmos

(Shutterstock)

Memanggang menjadi teknik memasak yang sehat karena tidak menggunakan banyak minyak. Selain bisa digunakan membuat kue juga sering dipakai untuk memasak daging.

Dulunya oven harus dipanaskan di atas kompor. Kini sudah tersedia oven listrik yang jauh lebih praktis. Keunggulan dari oven listrik milik Cosmos diantaranya adalah :

Miliki Banyak Aksesoris

Oven listrik Cosmos dilengkapi banyak aksesoris memanggang. Tersedia tray khusus untuk menampung remah atau tetesan bumbu. Usai digunakan oven tetap bersih karena bekas bumbu jatuh di atas tray.

Ketika memanggang ikan maupun daging perlu diputar agar panasnya merata ke seluruh bagian. Oven Cosmos juga memiliki fish grill yang membantu mendistribusikan panas secara merata.

Cara menggunakan oven listrik merk Cosmos untuk memanggang ikan cukup menusuk ikan dengan fish grill. Letakan pada pengaitnya sehingga saat dimasak ikan dapat diputar otomatis.

6 Pengaturan Panas

Dalam memanggang makanan, pengaturan panas menjadi fitur yang amat berperan penting. Dengan 6 pilihan pengaturan panas Pins bisa menyesuaikan sumber api yang dibutuhkan untuk memanggang.

Bahan Antikarat

Bahan oven Cosmos memakai material anti karat. Oven bebas korosi walau digunakan setiap harinya. Oven bisa lebih tahan lama serta menjaga kualitas makanan yang dipanggangnya.

Aneka Kapasitas

Cosmos menyediakan oven dengan berbagai kapasitas. Ada yang 19 liter bahkan hingga 45 liter. Semakin besar kapasitasnya maka semakin banyak makanan yang bisa dipanggang dalam sekali waktu.

Kebutuhan daya listriknya juga semakin besar. Umumnya untuk satu oven bisa membutuhkan daya hingga 700 watt.

Baca Juga : Cara Menggunakan Oven Listrik Mito Beragam Seri

Cara Menggunakan Oven Listrik Cosmos

(Shutterstock)

Pada dasarnya semua series Cosmos memiliki petunjuk penggunaan yang hampir mirip. Secara garis besar cara menggunakan oven listrik merk Cosmos adalah sebagai berikut :

Nyalakan Oven

Pertama-tama hubungkan kabel oven listrik ke stop kontak. Jika daya listrik sudah terhubung maka lampu power akan menyala. Jangan campur stop kontak dengan perangkat elektronik lainnya.

Atur Suhu Panas

Jika sudah menyala saatnya atur suhu panas yang dibutuhkan. Suhu pemanggangan terendah 100C dan tertinggi 250C. Umumnya oven listrik membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai suhu yang tepat.

Gunakan termometer untuk mengecek suhu. Baru setelah itu lanjutkan ke langkah berikutnya.

Gunakan Perlengkapan Tepat

Tiap makanan membutuhkan perlengkapan yang tepat agar makanan matang sempurna. Gunakan nampan yang sudah tersedia untuk memanggang kue. 

Sementara jika ingin memanggang ikan atau daging bisa memanfaatkan crumb tray atau fish grill.

Masukan Makanan

Jika alat untuk memanggang sudah siap kini saatnya memasukan makanan ke dalam oven. Letakan makanan di tengah oven agar bisa mendapatkan panas dari segala arah.

Posisi ini juga memudahkan mengatur api bawah, api atas atau api bawah atas. Ingat jangan isi oven terlalu penuh atau over capacity. Hal ini bisa merusak komponen oven tersebut.

Atur Timer

Setelah itu atur timer atau durasi pemanggangan yang dikehendaki. Jika proses memasak sudah selesai maka oven akan mati secara otomatis. Ketika mengambil makanan dari oven jangan lupa cabut kabelnya.

Baca Juga : Review! Oven Listrik Kirin vs Mito

Ragam Series Oven Cosmos

Setelah mengetahui cara menggunakan oven listrik merk Cosmos, kini ada pula beberapa seriesnya di pasaran. Yuk cek dulu mana yang cocok untuk kebutuhanmu!

Cosmos CO 9919R

(Blibli)

Oven ini memiliki kapasitas 19 liter dengan daya listrik 700 watt. Pins dapat memakainya untuk memanggang aneka roti. Selain itu terdapat fitur rotisserie yang memudahkan memanggang aneka daging.

Pins bisa memanggang daging ayam, bebek hingga sapi dengan kematangan sempurna. Desainnya mewah dengan balutan warna hitam yang elegan.

Cosmos CO-9923 RB

(Tokopedia)

Bila kapasitas 19 liter dirasa kurang besar dapat beralih ke Cosmos CO-9923 RB. kapasitasnya sekitar 23 liter dengan elemen pemanas dari stainless steel. Daya listrik maksimalnya sekitar 800 watt saja.

Tak hanya bagian pemanas yang terbuat dari bahan anti karat namun juga kenopnya. Material mudah sekali dibersihkan dan tahan lebih lama.

Cosmos CO-9935 Vrl

(Shopee)

Oven Cosmos ini mampu menampung 35 liter yang memiliki 3 rak. Diantaranya adalah nampan, penampung remah hingga pemanggang. Bagian dalam dilengkapi dengan nyala lampu yang terang.

Pins bisa melihat proses pemanggangan lebih jelas. Dilengkapi pula dengan fitur convection agar panas yang dihasilkan lebih merata.

Cosmos CO-9945 Vrl

(Blibli)

Series ini memiliki kapasitas hingga 44 liter. Daya listrik maksimalnya sekitar 750 watt. Cosmos CO-9935 Vrl sering dipakai untuk memanggang daging bebek atau ayam utuh.

Bodinya memakai bahan berkualitas sehingga kokoh dan anti karat. Cocok untuk interior dapur modern seperti saat ini.

Bagaimana mudah bukan cara menggunakan oven listrik cosmos ? rawatlah oven dengan sering menyekanya usai digunakan. Ini juga berlaku untuk semua produk elektronik di rumah seperti AC.

Supaya AC yang sudah dibeli tahan lama dan tetap dingin, lakukan servis AC secara berkala. Bila AC tidak bekerja maksimal, pesan jasa perbaikan AC oleh teknisi dari Pinhome Home Service. Dengan biaya yang sesuai standar, Pins bisa mendatangkan teknisi AC profesional sesuai dengan keluhan yang dihadapi melalui layanan Perbaikan AC di aplikasi Pinhome. Download aplikasi Pinhome di sini.

Baca Juga : Begini Cara Penggunaan Oven Listrik Kirin


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.