Info Area

28 Tempat Wisata di Jakarta yang Masih Buka Hingga Saat Ini

Jakarta merupakan salah satu destinasi yang paling diminati di Indonesia. Banyak sekali wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri, yang datang ke ibu kota hanya untuk menikmati berbagai tempat wisata di Jakarta yang menarik. Nah, kali ini kita akan bahas beberapa di antaranya.

28 Referensi Wisata di Jakarta yang Populer

Sebagai ibu kota negara, Jakarta memiliki banyak sekali pengunjung. Mereka terdiri dari pebisnis, tamu negara, sampai wisatawan yang sengaja datang. Terdapat beragam jenis wisata yang ada di Jakarta, baik itu wisata alam maupun wisata buatan. Untuk kamu yang ingin tahu mana saja destinasi wisata Jakarta yang patut untuk dikunjungi, berikut deretan rekomendasi tempat wisata Jakarta yang dijamin menyenangkan.

1. Taman Mini Indonesia Indah

(CNN Indonesia)

Tempat wisata di Jakarta satu ini cocok untuk kamu yang ingin berwisata dengan unsur budaya Indonesia. TMII menawarkan pemandangan kebudayaan bangsa Indonesia yang mencakup aneka busana, tarian daerah, miniatur kepulauan Indonesia, kereta gantung, museum, dan lain-lain. Kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp20.000 per orang untuk tiket pintu masuk (belum termasuk tiket lain-lain). Buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB.

2. Taman Impian Jaya Ancol

(Sikidang)

Ancol merupakan salah satu destinasi wisata anak Jakarta yang juga ramah untuk keluarga. Di sini, kamu dan keluarga bisa menikmati berbagai jenis tempat dan wahana seru, menantang, dan juga edukatif seperti kolam renang, kereta wisata, dan lain-lain. Kamu juga bisa mengunjungi berbagai tempat makan menarik di pinggir pantai Ancol.

Harga tiket masuk Taman Impian Jaya Ancol sendiri pun sangat murah, hanya dibanderol Rp25.000 per orang (belum termasuk tiket lain-lain). Ancol buka mulai pukul 06.00 WIB hingga 20.00 WIB.

3. Kebun Binatang Ragunan

(Bisnis)

Wisata dengan menyaksikan berbagai flora dan fauna tentu akan menyenangkan, apalagi bagi kamu yang mengajak rombongan keluarga. Berbagai macam flora dan fauna akan kamu temukan di sini. Ada sesi memberi makan hewan yang tak kalah seru pula. Biaya tiket masuk kebun binatang ini hanyalah Rp3.000 untuk anak-anak dan Rp4.000 untuk orang dewasa.

4. Wisata Kota Tua Jakarta

(Lifepal)

Ingin menikmati Jakarta dengan vibes tempo dulu? Datanglah ke sekeliling area Kota Tua Jakarta dan rasakan nuansa jadul Kota Jakarta tanpa perlu merogoh kocek sedikitpun alias gratis. Banyak sekali fasilitas menarik lain di tempat wisata di Jakarta ini, termasuk berbagai spot foto Instagrammable seperti museum, kafe, dan lain-lain. Akses transportasinya juga sudah cukup mudah, tidak perlu ragu atau khawatir lagi.

5. Jakarta Aquarium & Safari

(Media Indonesia)

Seperti namanya, di sini kamu dapat menikmati wisata edukasi fauna akuatik dan nonakuatik, bahkan berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan mereka. Tempat ini berkolaborasi dengan Aquaria KLCC, Malaysia. JAQS buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB dengan batas kunjungan terakhir pukul 20.00 WIB. Mulai dari Rp140.000 saja untuk tiket dewasa, kamu sudah bisa masuk dan menikmati wisata Jakarta Aquarium ini.

6. Allianz Eco Park

(Getlost)

Tempat wisata di Jakarta yang satu ini termasuk dalam deretan wisata Taman Impian Jaya Ancol. Namun, tempat ini lebih menawarkan pengalaman wisata di taman atau padang yang luas bertemakan padang golf. Selain itu, taman ini juga cocok dijadikan pilihan untuk tempat pinik di Jakarta.

Biaya masuknya juga gratis, asal tidak lewat pintu gerbang utama. Namun, jika ingin menaiki wahana di dalam, kamu harus membayar untuk tiket dengan harga berbeda-beda.

7. Dunia Fantasi

(Kompas)

Dufan adalah taman hiburan yang juga tergabung di dalam bagian wisata Ancol. Tempat ini menyediakan berbagai wahana permainan yang seru dan menantang, seperti bianglala, ontang anting, halilintar, dan lain-lain. Dufan buka mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tidak perlu khawatir, harga tiketnya masih cukup terjangkau. Kamu cukup membayar Rp290.000-an saja untuk tiket masuknya.

8. SeaWorld Ancol

(Ancol)

Lagi-lagi, tempat ini merupakan salah satu destinasi yang berada di kawasan Ancol. Di sini, kamu bisa menikmati fauna bahari yang beragam dan memanjakan mata. Selain menambah pengetahuan, kamu juga bisa mengambil banyak foto cantik di berbagai sudut tempat ini. Sea World Ancol buka mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB dengan harga tiket masuk mulai dari Rp115.000 saja.

Baca juga:

9. Monumen Nasional

(Okezone)

Tempat wisata Jakarta yang jamak disebut Monas ini merupakan monumen peringatan yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan. Ada dua destinasi yang bisa kamu pilih, yaitu Cawan & Museum serta Puncak Monas. Monas buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB. Tiket masuknya berkisar antara Rp2.000 hingga Rp.15.000.

10. Planetarium

(Traveloka)

Tempat ini terletak di Taman Ismail Marzuki Jakarta. kamu bisa menikmati wisata bertemakan perbintangan dan objek luar angkasa lain. Selain itu, kamu juga bisa menonton atraksi yang memiliki tema serupa. HTM tempat ini adalah Rp5.000 hingga Rp12.000. Planetarium buka setiap hari Selasa-Minggu pada pukul 08.00-15.00 WIB.

11. Kidzania

(Travelio)

Kidzania adalah salah satu wisata di Jakarta Selatan yang dikhususkan untuk anak-anak. Di sini, anak-anak bisa menjajal berbagai aktivitas seru mengenai beragam profesi, seperti Beauty Salon, Aviation Academy, Building Climbing, dan lain-lain. Tempat ini buka mulai pukul 10.00-16.00 WIB di hari Senin-Jumat dan 10.00-17.00 WIB di hari Sabtu-Minggu. Harga tiket masuknya berkisar mulai Rp175.000 sampai Rp275.000.

12. Pulau Tidung

(Tiket.com)

Tempat yang satu ini terletak kurang lebih 40 km dari ibu kota Jakarta dan termasuk salah satu bagian dari Kepulauan Seribu yang paling populer. Pulau ini menawarkan obyek wisata yang sangat indah dengan berbagai aktivitas menyenangkan dari mulai snorkeling, water sport, dan lain-lain. Pulau ini memiliki 2 lokasi yang berdekatan, yaitu Pulau Tidung Kecil (tak berpenghuni) dan Pulau Tidung Besar (berpenghuni). Ada juga beberapa spot menarik seperti Jembatan Cinta, Makam Raja TIdung XIII, Pantai Saung Perawan, dan lain sebagainya.

13. Pulau Bidadari

(Traveloka)

Pulau Bidadari terletak di lokasi paling dekat dengan ibukota, yaitu sekitar 20 menit dari. Ada spot ikonik di sini, yaitu Benteng Martello. kamu dapat merasakan sensasi liburan di pulau yang nyaman dan privat di pulau ini. Tempat wisata di Jakarta ini juga masuk ke kawasan administratif Kabupaten Kepulauan Seribu, cocok bagi kamu yang butuh tempat healing di Jakarta. Untuk bisa menjangkau Pulau Bidadari, kalian harus naik perahu cepat dari Dermaga Marina Ancol.

14. Setu Babakan

(Bukalapak)

Setu Babakan adalah sebuah danau buatan di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan dengan fungsi utama sebagai penampung air resapan. Selain danau, tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas wisata lain seperti jejeran tempat makan enak di Jakarta Selatan, rumah-rumah khas Betawi, kesenian khas Betawi, dan upacara adat khas Betawi. Kamu tidak perlu membayar tiket masuk untuk berwisata di sini. Namun, kamu yang membawa kendaraan pribadi tetap harus membayar biaya parkir.

15. Senayan Park

(Okezone)

Tempat ini dulunya populer dengan nama Taman Ria Senayan sebelum akhirnya dipugar dan rebranding menjadi Senayan Park. fasilitas yang ada di taman ini yaitu tempat duduk dengan jumlah banyak yang tersebar di dalam area taman, area pejalan kaki, hingga air mancur sebagai pelengkap. Banyak spot foto instagramable di sini yang bisa kamu pilih sebagai latar foto cantik.

16. Kampung Main Cipulir

beritapersatuan.com

Destinasi ini adalah salah satu alternatif tempat wisata di Jakarta murah meriah dan nyaman untuk keluarga di area Jakarta Selatan. Di sini, kamu dan keluarga dapat menikmati berbagai fasilitas, seperti kolam renang, spot outbound, naik kuda, luncur gantung, dan permainan lainnya. HTM Kampung Main Cipulir adalah Rp8.000. Harga tersebut belum termasuk tiket masuk ke beberapa area seperti spot outbound. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

17. Wisata Kali Besar Jakarta

(Phinemo)

Kawasan ini merupakan sebagian area dari Kota Tua Jakarta. Di sini, kamu dapat menyusuri jembatan penghubung Kali Besar dan berswafoto dengan latar belakang suasana Kota Tua yang membangkitkan nostalgia jadul. Kamu bisa menikmati wisata ini sebagai tempat Instagrammable di Jakarta dimana tak perlu mengeluarkan ongkos sedikitpun alias gratis.

18. Pelabuhan Sunda Kelapa

(Berita Daerah)

Meski disebut pelabuhan, aktivitas yang terjadi di tempat ini hanyalah bongkar muat barang. Oleh karena itu, tempat ini sekarang telah disulap menjadi tempat wisata bersejarah. Wisatawan bisa melihat kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan dan bahkan ikut mencoba naik perahu dengan membayar sekitar Rp50.000. Sangat menarik bukan? Tertarik ingin mencobanya?

19. Cibubur Garden Dairy

(Travelingyuk)

Agrowisata Edukasi Sekolah Cibugary menyediakan layanan wisata edukatif dengan dominasi produk susu dan yoghurt. Tempat wisata ini merupakan suatu kawasan peternakan sapi perah bernuansa kebun/taman. Kamu dapat mengajak rombongan study tour sekolah untuk memperkenalkan peternakan sapi perah kepada para siswa. Paket liburan Cibugary berkisar antara Rp70.000-Rp100.000 per orang. Selain berwisata, kamu juga akan mendapat souvenir berupa produk olahan hasil peternakan sapi perah tersebut.

20. Bounce Street Trampoline Park

tempat.com

Tempat ini adalah trampoline park pertama yang ada di Indonesia. Terdapat 11 arena trampolin berstandar internasional. Seluruh arena permainan dijaga ketat oleh 20 orang pelatih profesional sehingga pengunjung dapat bermain dengan aman.

Fasilitas yang tersedia cukup beragam, mulai dari kolam bantalan busa, wahana bouncing, sampai basket bouncing. Wahana ini buka setiap hari pada pukul 11.00-18.00 WIB di hari Senin-Jumat dan 11.00-20.00 WIB di hari Sabtu-Minggu. HTM berkisar antara Rp140.000-Rp150.000.

21. Taman Wisata Alam Mangrove Angke

(Jakarta Mangrove)

Taman konservasi mangrove yang berlokasi di Jakarta Utara ini merupakan salah satu alternatif wisata alam di Jakarta. Di sini, kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas, seperti rekreasi, wisata air, penanaman dan konservasi, photoshoot, gathering, syuting video klip, syuting sinetron & film, bahkan sewa tempat untuk pernikahan.

22. Pantai Marunda

(Jejak Piknik)

Pantai di Jakarta ini termasuk salah satu pantai yang ramai pengunjung setiap harinya. Kamu bisa memanjakan mata dengan pemandangan air laut yang indah dan tanaman mangrove yang rindang di sini. HTM Pantai Marunda adalah Rp10.000,00 dan belum termasuk biaya tiket parkir. Di sini juga terdapat ikon wisata yaitu Jembatan Cinta yang menjadi ciri khas dari Pantai Marunda. Di sekitar pantai ada juga museum rumah Si Pitung yang bisa kamu kunjungi.

23. Petak Sembilan

(Medcom)

Petak Sembilan merupakan sentra perbelanjaan chinatown atau pecinan dengan aneka barang yang berlokasi di Jakarta Barat. Mulai dari baju, suvenir, cendera mata, hingga kuliner dapat kamu temukan di sini. Selain itu, harga yang dibanderol di tempat wisata di Jakarta yang bagus ini pun rata-rata tergolong masih masuk akal. Tempat ini biasanya akan sangat ramai pengunjung saat menjelang perayaan Tahun Baru Imlek.

24. Museum Nasional

(Kemdikbud)

Museum Nasional, dikenal juga dengan nama Museum Gajah, hadir dengan dengan visi “Terwujudnya Museum Nasional sebagai pusat informasi budaya dan pariwisata yang mampu mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan peradaban dan kebanggaan terhadap kebudayaan nasional, serta memperkokoh persatuan dan persahabatan antar bangsa”.

Museum di Jakarta ini memiliki banyak koleksi benda bersejarah yang ada di Museum Nasional. Mulai dari peninggalan kerajaan zaman dulu, arca dan patung, emas-emas kerajaan, dan lain-lainnya. Di waktu-waktu tertentu juga ada pertunjukan atau pagelaran khusus. HTM Museum Nasional adalah Rp2.000 untuk anak, Rp5.000 untuk dewasa, dan Rp10.000,00 untuk turis mancanegara.

25. Taman Agro Wisata Cilangkap

(Jadwal Travel)

Bagi kamu yang ingin merasakan tempat wisata di Jakarta yang sejuk dan family-friendly, Taman Agro Wisata Cilangkap adalah salah satu alternatifnya. Taman ini merupakan destinasi wisata di Jakarta Timur yang lengkap dengan fasilitas jogging track, arena olahraga, arena bermain, danau untuk memancing, bahkan budidaya tanaman hidroponik. Tidak perlu diragukan lagi, destinasi wisata ini adalah lokasi cocok untuk bersantai dan bercengkrama bersama.

26. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal Jakarta
Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid Istiqlal Jakarta merupakan sebuah masjid atau tempat beribadah umat Islam terbesar di Indonesia bahkan tidak hanya di Indonesia melainkan di Asia Tenggara.

Sebuah tempat yang paling menenangkan di muka bumi ini yaitu berupa masjid tempat beribadah umat muslim yang di dekorasi dengan menakjubkan dan indah membuat kamu akan terpesona dengan keindahan dan keagungannya.

27. Atlantis Water Adventure

hargaticket.com

Atlantis Water Adventure adalah sebuah tempat wisata yang tidak jauh dari Dunia Fantasi (Dufan) dan masih berada di Komplek Taman Impian Jaya Ancol ini menjadi tempat yang seru dan cocok banget untuk di kunjungi.

Jika seaworld sudah terlalu sering atau manstream bagi kebanyakan orang, Atlantis Water Adventure malah sebaliknya, sebuah tempat wisata yang mengusung tema Theme Park yang menawarkan berbagai wahana air yang seru dan menantang ini menjadi tempat yang tidak boleh kamu lewatkan ketika sedang berada di Jakarta.

28. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah
Museum Fatahillah

Museum Fatahillah ini merupakan tempat wisata bersejarah yang ada di Indonesia dan khususnya Jakarta. Sebuah tempat wisata sejarah yang dulunya adalah sebuah kantor gubernur Batavia ini memiliki berbagai koleksi benda bersejarah seperti Replika Prasasti, Benda Seni, dan banyak lainnya.

Bagaimana? Sangat beragam sekali, kan tempat wisata di Jakarta? Rekomendasi wisata Jakarta di atas dapat kamu gunakan sebagai inspirasi ketika hendak mengeksplorasi Jakarta. Lokasinya juga mudah dijangkau dengan transportasi umum.


Temukan pilihan rumah di Jakarta Pusat atau informasi perumahan baru di Jakarta Pusat melalui Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 
Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Info Lebih Lanjut Seputar Kecamatan