Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Strategi Mencegah Debu Mengganggu di Kamar Tidur

Lifestyle

Strategi Mencegah Debu Mengganggu di Kamar Tidur

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah berdebu jelas menjadi satu hal yang dikeluhkan tidak nyaman oleh banyak orang. Terlebih bila yang berdebu adalah bagian dimana seharusnya kenyamanan adalah faktor utama, kamar tidur misalnya. Debu di kamar tidur pastinya menggangu aktifitas istirahat, dampaknya, tentu saja kembali lagi pada masalah kesehatan.

Dampak buruk debu di kamar tidur untuk kesehatan harus ditanggulangi. Setidaknya dipikirkan agar jangan sampai masuk kedalam kamar tidur yang ujung-ujungnya, membawa masalah. Bagaimana kiat-kiatnya? Berikut dalam artikel kali ini ada rangkumannya.

Bebaskan Ruangan Dari Barang Yang Tidak Perlu, Cegah Agar Peliharaan Tak Singgah Ke dalam Kamar

Cara mencegah debu masuk dengan tindakan kuratif seperti misalnya menutup ventilasi jelas-jelas tidak tepat. Selain menggangu sirkulasi udara, cara semacam ini juga malahan bisa menambah jumlah barang yang bisa mengkondisikan ruangan jadi berdebu. Untuk itu, kiat berikut perlu dicoba agar debu tak singgah di kamar.

1. Bersihkan Secara Teratur, Sudut Ruangan Adalah Yang Utama

Benar-benar bebas debu jelas tak mungkin. Sebab debu secara alami memang sudah terkandung dalam partikel udara. Cara paling masuk akal tentu dengan membersihkan dengan mesin penghisap debu atau sekedar memakai cara konvensional dengan kain pel dan sapu. Intinya bersihkan secara teratur, pastikan bagian sudut serta kolong dibawah lemari atau tempat tidur telah terjangkau.

vacuum cleaner penyedot debu di rumah
vacuum cleaner penyedot debu di rumah

2. Hindari Memasukkan Terlalu Banyak Barang Dalam Kamar, Kurangi Pajangan

Tumpukan barang adalah tempat dimana debu sangat senang singgah, dengan menghindari memasukkan terlalu banyak perabot serta barang, kamar akan lebih mudah di bersihkan. Selain itu, pajangan di dinding juga jadi tempat debu bersarang, bila senang dengan pajangan konsekuensinya harus rajin dibersihkan berkala, setidaknya 2 minggu sekali.

3. Cegah Peliharaan Masuk Dalam Kamar

Bila punya peliharaan utamanya hewan seperti kucing, ada baiknya untuk jangan sampai singgah ke dalam kamar. Apalagi kucing sangat senang bergumul di pasir sebagai langkah membersihkan tubuh dari kutu. Bila kucing peliharaan kita sampai singgah di kamar, tentu kemungkinan debu masuk akan lebih besar.

4. Meski Lelah Beraktifitas, Tempatkan Alas Kaki Di Luar Pintu atau Garasi

Terkadanga karena lelah beraktifitas seseorang lupa melepas alas kaki diluar pintu rumah. Meski tak masuk kedalam kamar, tentu alas kaki, seperti sandal atau sepatu sangat rawan bersentuhan dengan debu dan kotoran dari permukaan jalanan yang diinjak. Oleh karennya membiasakan diri untuk melepas alas kaki diluar kamar bisa jadi cara efektif untuk menjauhkan debu masuk ke rumah, yang ujungnya tentu menyebar hingga ke dalam kamar.

Membebaskan rumah dari debu, seperi dijelaskan diawal adalah hal yang mustahil. Sebab debu adalah bagian yang alamiah bahkan dalam partikel udara. Menjaga gaya hidup serta kebiasaan agar tak mengundang lebih banyak debu masuk, termasuk membersihkan rumah secara berkala adalah cara paling masuk akal untuk menanggulangi rumah dan kamar bebas debu yang menganggu.

Tags :

Bagikan Artikel