Pinhome

#StayAtHome Karena COVID-19 Ternyata Punya Manfaat

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 20 April 2020 ∙ 6 menit membaca

Belakangan ini COVID-19 begitu marak diperbincangkan. Namun, hal tersebut bukanlah sesuatu yang mengherankan mengingat penyakit ini telah meluas begitu masif. Sejak penemuan kasus pertama di Indonesia, tercatat lebih dari sepuluh ribu orang terinfeksi penyakit ini. Maka dari itu stay at home sangat disarankan untuk dilakukan. Apa saja sih manfaat stay at home untuk Pins? Simak lebih lanjutnya di sini ya!

Pinhome – Begitu cepatnya penularan COVID-19 membuat pemerintah mengambil langkah taktis. Karantina mandiri dan physical distancing menjadi langkah pencegahan penyebaran penyakit ini. Namun, langkah pencegahan tersebut bukan tanpa masalah. Rasa bosan merupakan salah satu persoalan yang mengancam saat dilaksanakannya karantina mandiri ini.

Eits, tapi tunggu dulu, slogan #StayAtHome yang digembor-gemborkan saat wabah COVID-19 merajalela ini tidak selamanya buruk, Pins. Jika Pins mau merenung ada banyak hal positif yang didapat dengan berada #DiRumahAja. Penasaran? Yuk, simak ulasannya.

1. Membantu Menekan Penyebaran Virus

sumber: CNN

COVID-19 adalah salah satu penyakit yang sangat mudah menular. Penyakit ini bisa menular melalui droplet yang sangat kecil saat Pins tengah berinteraksi langsung dengan penderita.

Apabila Pins berada di luar rumah, pastinya Pins tidak akan tahu dengan siapa saja Pins berinteraksi. Nah, dengan tinggal di rumah, tentunya penyebaran virus jadi terhambat.

Ingat, Pins, virus penyebab COVID-19 itu tidak bisa berpindah begitu saja tanpa sumber penular. Jadi, dengan Pins terus berada di rumah, artinya Pins membantu untuk mencegah virus corona berpindah ke orang lain. Dengan begitu, Pins tidak hanya menyelamatkan diri sendiri tetapi juga keluarga dan semua orang yang disayangi.

2. Membentuk Kebiasaan Positif

Selama penyebaran COVID-19 yang menuntut semua orang berada di rumah, pemerintah juga menggemborkan perilaku hidup bersih sehat sebagai bagian dari cara pencegahan. Nah, Pins tahu nggak ternyata berada #DiRumahAja juga membantu membentuk kebiasaan PHBS itu.

Secara sadar dan tidak sadar, selama masa karantina mandiri ini, Pins selalu menerapkan perilaku positif seperti mencuci tangan, makan-makanan yang bergizi dan berolahraga.

Perilaku positif ini, apabila terus menerus dilakukan akan berubah menjadi sebuah kebiasaan. Dampaknya, tubuh Pins jadi lebih sehat. Bukan hanya terhindar dari COVID-19, Pins juga bisa terhindar dari penyakit lainnya.

Baca Juga: Beli Rumah Atau Apartemen, Mana yang Cocok Untuk Millenial?

3. Mengurangi Polusi Udara

sumber: IDN Times

Merebaknya COVID-19 memang membuat Pins mau tidak mau diam di rumah. Namun, dibalik itu anjuran #DiRumahAja menghasilkan dampak yang positif.

Saat Pins berada di rumah, otomatis jumlah kendaraan juga menurun dan asap limbah pabrik juga berkurang. Akibatnya, polusi yang selama ini menjadi salah satu masalah utama dunia secara bertahap turut berkurang. Ini merupakan manfaat stay at home lainnya.

Jadi, bisa dikatakan dengan berdiam diri di rumah Pins tidak hanya terhindar dari wabah COVID-19, akan tetapi juga membantu mengembalikan keasrian bumi. Apabila polusi, terutama polusi udara menurun, maka kualitas udara akan meningkat. Alhasil, kualitas hidup masyarakat juga meningkat.

4. Lebih Dekat dengan Orang Terkasih

Sebelum adanya COVID-19 mungkin Pins terlalu sibuk dengan urusan masing-masing, sehingga sedikit sekali waktu yang dihabiskan bersama keluarga dan orang terkasih. Sejak diberlakukannya himbauan #DiRumahAja, pastilah Pins jadi punya banyak waktu luang.

Bisa dikatakan ini adalah waktu yang tepat untuk lebih dekat dengan keluarga serta orang terkasih. Oleh karena itu, Pins harus memanfaatkan semaksimal mungkin waktu yang ada untuk bercengkrama dengan keluarga terkasih.

Ada banyak kegiatan yang bisa Pins lakukan bersama di rumah, seperti bermain game atau nonton film. Karena setelah wabah COVID-19 ini usai, mungkin Pins harus kembali pada kesibukan rutinitas Pins semua. Manfaat stay at home paling langka adalah bisa berkumpul dalam waktu yang lama bersama orang terkasih.

5. Mendekorasi Ulang Rumah

sumber: Parenting Dreams

Berdiam diri di rumah sering kali memang membosankan. Namun, bukan berarti Pins tidak bisa melakukan apa-apa. Di tengah wabah COVID-19 ini, Pins bisa, kok, mencoba hal baru seperti mendekorasi kembali tatanan rumah.  Terlebih lagi jika memang Pins ternyata sudah mulai bosan dengan tatanan rumah sekarang tapi tidak punya waktu untuk mengubahnya.

Nah, dengan diberlakukannya anjuran #DiRumahAja ini, Pins bisa sepenuh hati menata ulang rumah. Mulai dari desain ulang ruang kerja, menghias ruang yang kosong, atau bahkan membereskan barang-barang yang tidak lagi terpakai. Jadi, berdiam di rumah seperti ini tidak selalu buruk, Pins.

6. Bebas Melakukan Hobi

Sebelum merebaknya COVID-19, seringkali kesibukan membuat Pins tidak bisa melakukan hobi. Sekarang, karena Pins hampir selalu berada di rumah, pastinya ada banyak waktu luang.

Dengan begitu, Pins bisa sesuka hati melakukan hobi. Namun, ingat, Pins, hobi yang dimiliki harus bisa dilakukan dari rumah seperti membaca, menyanyi, bermain game, atau bahkan nonton drama korea.

Tidak hanya bisa melakukan hobi lama, Pins juga bisa mencoba hal-hal baru sebagai hobi. Ini dilakukan agar otak bisa terus berkembang secara positif meski Pins hanya berada #DiRumahAja. Selain itu, dengan menemukan hobi baru, Pins juga bisa mengasah kreativitas.

7. Kembali Jernihnya Air

sumber: Tribun

Salah satu masalah yang sedang dihadapi umat manusia adalah air bersih. Hal tersebut sering ditemui terutama di objek wisata yang berhubungan dengan air. Pins pasti sering menemui, bukan, air yang keruh serta tumpukan sampah yang tidak terhitung.

Semenjak COVID-19 semakin merajalela dan semua warga harus berada di rumah, otomatis jumlah turis pun menurun. Dampaknya, volume sampah yang berada di perairan juga berkurang, sehingga air lebih bersih. Salah satu contohnya ada di Italia di mana saat lockdown diberlakukan sungai di Venezia menjadi lebih bersih.

8. Lebih Hemat

Ketika physical distancing diberlakukan dan Pins dianjurkan untuk tetap di rumah, satu hal yang sangat dirasakan yakni turunnya pengeluaran. Di satu sisi pandemi COVID-19 memang menurunkan aktivitas ekonomi.

Akan tetapi di sisi lain, pandemi ini juga membantu Pins lebih berhemat. Alasannya mudah, karena pergerakan Pins dibatasi, Pins jadi tidak bisa keluar rumah, sehingga keinginan belanja pun menurun.

Selain itu dengan berdiam diri di rumah selama wabah COVID-19, Pins tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transport atau makan. Sehingga, pengeluaran Pins pun akan jauh lebih rendah dan Pins pun bisa berhemat.

9. Meeting Jadi Lebih Efektif

sumber: CNN Indonesia

Selain anjuran untuk melakukan physical distancing, pandemi COVID-19 juga menyebabkan pekerja untuk melakukan work from home. Meskipun terdengar merepotkan, Pins tau tidak ternyata anjuran ini memiliki keuntungan.

Ketika bekerja dari rumah, semua meeting pasti akan dilakukan dari rumah secara daring. Ini membuat meeting jauh lebih efektif dibandingkan dengan meeting tatap muka.

Dengan melakukan meeting online, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa ruang di hotel atau restoran. Tidak hanya itu, pembahasan juga bisa dilakukan dengan singkat, padat dan tidak bertele-tele sehingga waktu pun lebih efisien.

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia awal tahun ini memang membawa banyak perubahan dalam hidup. Semenjak terjadinya pandemi, Pins harus terus berada di rumah agar tidak tertular atau menularkan virus.

Secara sekilas memang anjuran ini terlihat tidak masuk akal dan sangat membosankan. Namun, siapa sangka physical distancing dengan berada #DiRumahAja memiliki banyak manfaat dan kelebihan baik bagi Pins maupun lingkungan.

Setelah mengetahui segala kebaikan dari berada #DiRumahAja, tentunya Pins tidak ingin meninggalkan rumah. Agar tidak cepat bosan di tengah wabah COVID-19 ini, Pins bisa memilih properti untuk rumah. Pastikan mengunjungi pinhome.id untuk pengalaman jual-beli properti yang tidak terlupakan.


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel