BlogPemilik PropertiDesain HunianMengenal Merk Polycarbonate Serta Perbedaan Tipe Solarlite dan Twinlite
0
0

Mengenal Merk Polycarbonate Serta Perbedaan Tipe Solarlite dan Twinlite

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Jenis atap polycarbonate merupakan salah satu jenis atap rumah yang bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin memiliki atap tipe transparan. Dibandingkan dengan material kaca, polycarbonate jauh lebih terjangkau dalam segi harga dan mengandung beberapa bahan yang dapat bertahan lama. Merk polycarbonate pun beragam bisa Pins pilih sesuai dengan kualitas dan harga.

Tidak hanya untuk atap rumah saja Pins, bahan polycarbonate yang terdiri dari karakteristik polimer yang unik ini dapat pula digunakan pada keperluan jenis atap pada hunian lainnya. Seperti atap untuk jemuran, taman, rumah kaca maupun jenis atap lainnya yang mayoritas memerlukan pencahayaan matahari. Namun, apa Pins bisa membedakan bahan polycarbonate dengan tipe solarlite dan juga twinlite?

Baca Juga: 10 Jenis Dan Ragam Atap Transparan Terbaik Untuk Melindungi Rumah

Ragam Merk Polycarbonate

Untuk merk teratas tipe polycarbonate memang dipegang oleh tipe Solarlite dan Twinlite, namun masih banyak pula jenis lainnya yang dilansir dari builder.id, sebagai berikut:

MerkTebalUkuranHarga (Rp.)
Twinlite5 mm2,1 m x 11,8 m2.225.000,-
 6 mm2,1 m x 11,8 m2.495.000,-
 10 mm2,1 m x 11,8 m3.525.000,-
Lexan Easy Clean6 mm2,1 m x 11,8 m2.775.000,-
X-Lite4,5 mm2,1 m x 11,8 m1.325.000,-
Duromax4,8 mm2,1 m x 11,8 m1.675.000,-
Solarlite5 mm2,1 m x 11,8 m1.775.000,-
GE Carboron5 mm2,1 m x 11,8 m1.875.000,-
 6 mm2,1 m x 11,8 m2.200.000,-
Polykron5 mm2,1 m x 11,8 m2.000.000,-
Global4,2 mm2,1 m x 11,8 m1.250.000,-
 4,5 mm2,1 m x 11,8 m1.400.000,-
De’Light4 mm2,1 m x 11,8 m1.075.000,-

Perbedaan Polycarbonate Tipe Solarlite dan Twinlite

Sebenarnya untuk tipe solarlite polycarbonate dan twinlite memiliki perbedaan signifikan dalam jenis bahan kandungan yang terkandung di dalamnya. Pins bisa melihat kualitasnya secara langsung bila sudah menyentuhnya. Namun kamu tidak perlu khawatir, keduanya telah teruji kekuatannya. Pinhome akan mencoba menjabarkan bagaimana mengetahui perbedaannya. Simak yuk!

Baca Juga: Tips Memilih Desain Atap Rumah Minimalis

Segi Harga

merk polycarbonate
Source : Toko Bahan Bangunan

Di dalam segi biaya atau harga yang harus Pins keluarkan dalam memiliki jenis atap satu ini, keduanya memiliki perbedaan. Untuk jenis twinlite kualitasnya memang jauh lebih baik daripada solarlite, dengan begitu harganya dapat dipastikan lebih tinggi dibanding jenis polycarbonate solarlite. Disarankan bila Pins mempunyai anggaran yang cukup lebih baik memilih atap polycarbonate tipe twinlite, namun bila Pins memiliki dana yang cukup minim, kamu bisa memakai tipe solarlite.

Ketebalan Bahan

Untuk ketebalannya sendiri pun keduanya berbeda. Untuk twinlite kamu bisa memilih ketebalan sesuai dengan kebutuhan. Biasanya tersedia dengan ketebalan 5 mm, 6 mm hingga 10 mm sedangkan untuk tipe solarlite hanya memiliki satu ukuran saja yaitu 5 mm. Inilah mengapa banyak pula yang memilih tipe twinlite dikarenakan adanya keragaman dalam ukuran. 

Pilihan Warna dan Jenisnya

merk polycarbonate
Source : Shopee

Baik merk polycarbonate solarlite maupun twinlite memang mempunyai beberapa pilihan warna yang beragam yang tentunya bisa Pins pilih sesuai dengan kebutuhan. Sebut saja warna abu-abu, biru, clear, bronze, silver millennium, hingga tosca dan green. Warna-warna yang beraneka ragam tersebut dapat membuat hunian milik kamu lebih berestetika dan tentunya menarik. 

Namun perbedaan signifikannya hanya terletak pada pencahayaan. Untuk tipe solarlite, warna yang dipancarkan lebih terlihat terang dan lembut, sedangkan untuk tipe twinlite warna yang keluar lebih terkesan lebih gelap dan pekat.

Lapisan UV Protection

Seperti yang Pins ketahui, jenis atap polycarbonate merupakan salah satu jenis atap yang telah terbukti kekuatannya. Atap ini telah teruji mampu menahan beban yang kuat mengalahkan jenis kaca dan acrylic. Tidak hanya sampai disitu, agar bagian bawah atap yang dilindungi tidak panas, kedua bahan ini telah dilapisi oleh lapisan UV protection dengan jenis permukaan co-extruded UV yang khusus terkandung pada tipe twinlite. 

Untuk solarlite sendiri juga memiliki lapisan UV protection namun tidak dengan jenis permukaan co-extruded UV. Ini merupakan salah satu jenis lapisan yang membantu daya tahan atap pada penempatan luar ruangan atau outdoor sehingga tidak cepat berubah warna dan menguning.

Garansi

Selanjutnya adalah garansi. Kedua tipe ini ternyata memiliki perbedaan dalam segi garansi. Untuk merk polycarbonate twinlite kamu akan mendapatkan garansi pemakaian 15 tahun lamanya untuk berkurangnya transmisi cahaya ataupun atap yang menguning. Sayangnya dikarenakan tidak ada kandungan co-extruded UV maka, untuk tipe solarlite tidak ada garansi dari pabrik.

Bagaimana, apa Pins sudah menentukan pilihan jenis atap polycarbonate yang tepat? Berbagai merk polycarbonate yang tersedia di pasaran dapat tetap menyesuaikan dengan kebutuhan. Namun usahakan untuk memilih jenis atap terbaik untuk hasil maksimal dan daya tahan yang baik pula ya! Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 8 Jenis Atap Rumah Multiroof Dan Keunggulannya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download