Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Mengenal Apa yang Dimaksud Dengan Vignette Dalam Istilah Fotografi

Mengenal Apa yang Dimaksud Dengan Vignette Dalam Istilah Fotografi

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 21 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Beberapa masyarakat mungkin tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan vignette dan kegunaanya dalam dunia fotografi. Padahal bila mengetahui fungsi dan cara pengambilan gambar yang baik, salah satu jenis efek ini akan memberikan makna berarti dalam suatu foto. Untuk Pins yang senang mengambil gambar foto yang menarik, simak dulu yuk penjelasan lebih dalam mengenai apa itu vignette.

Pinhome – Vignette adalah salah satu istilah di dalam fotografi sebagai efek penggelapan tepian gambar yang menjadikan gambar bagian tengah lebih terang. Efek ini dapat timbul secara alami maupun dibuat oleh tangan manusia. Apa Pins pernah mengalami hal tersebut? Bila pernah, jangan buru-buru Pins hapus ya! Apa yang dimaksud dengan vignette dalam dunia fotografi tidak hanya serta merta karena kesalahan pengambilan suatu gambar objek, maknanya juga bisa sangat dalam lho Pins.

Untuk itu, di dalam artikel di bawah ini, Pinhome akan mengajak anda untuk lebih mengenal apa itu vignette dalam istilah fotografi dan bagaimana cara pengaplikasiannya pada sebuah gambar foto. Anda tertarik? Yuk lihat ulasan lengkapnya!

Serba-Serbi Efek Vignette Dalam Dunia Fotografi

(belfot.com)

Apa Pins masih mengira bahwa adanya sisi gelap di bagian tepian foto merupakan kesalahan dalam memotret foto? Walaupun hal tersebut tidak dapat dikatakan salah, tetapi ada baiknya Pins mulai mempelajari beberapa efek foto dalam dunia fotografi. Vignette adalah salah satu dari rangkaian efek yang dapat timbul baik karena kesalahan maupun sengaja dibuat.

Foto yang bersih, terang dan jelas memang terlihat sedap dipandang. Hal tersebut juga merupakan bagian dari salah satu konsep foto yang mengutamakn kejernihan gambar. Tapi bila Pins mengerti teknik yang benar cara menambahkan efek vignette dalam foto seperti contoh di atas, emosi yang keluar dari dalam foto dapat terlihat lebih hidup. Apa yang dimaksud dengan vignette dapat Pins rasakan emosinya saat melihat satu foto menarik dengan efek tepian gelap.

Penyebab Vignette Timbul Dalam Gambar Foto

Bila Pins menggunakan sosial media seperti Instagram, pasti Pins mengetahui adanya beberapa efek foto yang disediakan untuk membuat suatu foto terlihat lebih menarik. Salah satunya adalah penggelapan di bagian tepian yang disebut dengan vignette. Tapi untuk menimbulkan apa yang dimaksud dengan vignette dalam suatu foto tidak selalu karena bantuan aplikasi lho Pins. Anda dapat mendapatkannya dengan ketidaksengajaan maupun pembelajaran teknik fotografi seperti di bawah ini.

Angle Pengambilan Gambar

apa yang dimaksud dengan vignette
(belfot.com)

Angle gambar merupakan bagian yang sangat penting dalam pengambilan sebuah foto. Hal tersebut juga terjadi pada apa itu vignette dalam fotografi. Dengan pengambilan angle foto yang tepat, Pins dapat menghasilkan efek vignette secara alami. Untuk mendukung timbulnya apa yang dimaksud dengan vignette, Pins dapat menggunakan kamera DSLR yang terbukti dapat memunculkan efek vignette karena sistem bawaan dari kamera. Selain itu, cobalah untuk fokus pada satu objek ya Pins, seperti foto kucing di atas.

Peletakan Objek Pendukung yang Menghalangi Lensa

Selain dapat menciptakan efek blur dalam gambar, menghalangi lensa dengan suatu barang ternyata juga dapat menimbulkan apa itu vignette dalam sebuah gambar foto. Dengan menambahkan barang pada bagian-bagian sudut lensa, penggelapan sudut akan terjadi pada gambar. Ini dapat Pins jadikan salah satu tips untuk memudahkan Pins dalam mendapatkan efek vignette yang dibuat tanpa bantuan aplikasi.

Permainan Pengaturan Cahaya Pada Kamera

Bila Pins mempelajari teknik dan istilah dalam fotografi lebih dalam, pasti Pins akan menjumpai istilah diafragma (aperture), kecepatan cahaya (shutter speed) dan ISO (sensitivitas penerimaan cahaya pada kamera. Saat anda mempelajari dengan baik ketiga komponen yang telah disebutkan, berarti anda akan dengan sangat tanggap mengerti permainan cahaya yang dimaksud. Semakin besar nilai aperture yang digunakan, semakin besar pula kesempatan anda untuk mendapatkan efek foto vignette dalam sebuah foto. Tapi Pins, perlu diketahui juga bahwa vignette adalah penggelapan di bagian sudut gambar. Dalam beberapa foto juga dapat diartikan sebagai kesalahan dalam pengambilan gambar. Hal yang terpenting adalah Pins mengerti penempatan yang tepat dari vignette dalam gambar, jangan terlalu berlebih dan cocok dengan tema yang akan Pins tonjolkan dalam gambar.

Vignette Optik

Nah, terakhir ada vignette optik/ optical vignetting. Ini merupakan kesalahan yang terjadi pada lensa optik dan ragam komponen dari kamera itu sendiri. Ketika cahaya masuk melalui lensa kamera, bagian bilah lensa kamera belakang tertutup sedikit oleh bilah bagian depan, maka dari itu efek vignette dapat timbul. Kecepatan cahaya yang masuk ke bagian pinggiran frame memang lebih lambat dibandingkan kecepatan cahaya yang masuk menuju pusat frame, maka dari itu tidak heran apa itu vignette dapat timbul dari pencahayaan.

Selain itu, vignette optik juga dapat terjadi dari faktor panjangnya barel pada lensa kamera. Seperti pada kasus lensa yang memiliki aperture lebar dengan barel yang panjang. Semakin lebar aperture yang terbuka, semakin sedikit cahaya yang masuk ke dalam kamera. Hal ini diakibatkan dari pemblokiran barel lensa yang disebutkan di atas.

Manfaat Vignette yang Tidak Diketahui 

apa yang dimaksud dengan vignette
(designpanoply.com)

Apa Pins pernah merasakan hasil potret yang Pins lakukan seperti memiliki kekurangan? Inilah yang membuat efek vignette diperlukan dalam suatu foto. Apalagi bila Pins menginginkan pesan mendalam yang timbul dari foto tersebut. Emosi yang keluar dengan pemakaian teknik vignette membuat foto yang terlihat biasa seperti menyiratkan suatu pesan tersembunyi. Segala objek yang ada pada gambar, seakan-akan hidup menyampaikan sebuah pesan dengan emosi yang sampai ke mata yang melihatnya.

Seorang anak dengan pose menggemaskan sedang Pins ambil contohnya. Dalam keadaan tanpa filter vignette, anak tersebut terlihat sangat lucu. Tetapi dengan tambahan vignette dalam gambar, membuat anak tersebut terlihat mempunyai sebuah masalah dalam hidupnya. Apa yang dimaksud dengan vignette adalah membuat foto terkesan lebih didramatisir pesannya. Perasaan yang timbul saat melihat suatu foto tersebut yang membuat vignette menjadi salah satu point of interest dalam menambah keyakinan dalam sebuah gambar.

Sekarang apa Pins sudah cukup mengerti mengenai istilah apa itu vignette dalam fotografi? Dengan penambahan efek vignette yang tepat, potret biasa yang Pins ambil dapat mengisyaratkan banyak makna yang mendalam. Selamat mencoba ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Safira Garden Sidoarjo di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel