Inilah 5 Objek Wisata di Sukabumi yang Cocok untuk Healing

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang ∙ 20 July 2022 ∙ 3 menit membaca

Berada dekat dengan Bogor, beragam objek wisata di Sukabumi bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan penat sejenak dan menghabiskan waktu liburan. Berada dekat dengan Gunung Gede Pangrango dan Pantai Pelabuhan Ratu, membuat salah satu kabupaten Jawa Barat yang seru untuk dikunjungi.

Selain gunung dan Pantai, Sukabumi juga memiliki destinasi wisata lain yang mungkin belum diketahui banyak orang. Memiliki keindahan serta sejarah yang tidak kalah dengan objek wisata terkenal, tempat-tempat ini wajib untuk dikunjungi. Penasaran? mari simak ulasan lengkapnya berikut:

1. Kampung Adat Ciptagelar

Bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman yang berbeda, mengunjungi Kampung Adat Ciptagelar dapat dimasukkan ke dalam bucket list untuk liburan. Kampung yang masih memegang kuat adat dan budaya leluhur ini cocok untuk pengunjung yang lebih ingin mendalami tentang budaya Sunda.

Kampung Adat Ciptagelar

Berada di Desa Sirnaresmi, Cisolok, Sukabumi, Kampung Adat Ciptagelar memiliki pemandangan yang lengkap dengan rumah adat yang masih terjaga. Pengunjung bisa mendatangi kampung ini dengan membayar tiket sebesar Rp 5.000,-. Jika beruntung, wisatawan juga bisa melihat upacara adat Seren Taun yang diadakan satu tahun sekali.

2. Goa Buniayu

Objek wisata di Sukabumi yang unik dan belum banyak diketahui selanjutnya adalah Goa Buniayu atau Goa Siluman.  Sebutan siluman sendiri datang dari masyarakat sekitar dan beberapa penjelajah yang sudah pernah mampir ke Goa ini. Untuk menikmati suasana yang indah ini, pengunjung perlu merogoh kocek sebesar Rp 15.000,-.

Goa Buniayu

Keindahan alami bisa didapat ketika mengunjungi Goa Buniayu. Pengunjung akan melihat  keindahan Stalaktit dan stalakmit yang ada pada seluruh dinding goa. Selain itu terdapat flow stone, canopy, gourdam, dan pemandangan khas goa lainnya yang masih asli dan belum banyak tersentuh.

3. Pasir Datar

Berada di kaki Gunung Gede Pangrango, Pasir Datar dapat menjadi pilihan destinasi wisata Sukabumi untuk menghilangkan penat. Terdapat hamparan kebun warga yang memenuhi bukit serta dataran tinggi di sana. Ditambah hamparan Pinus di sekitarnya yang memanjakan mata serta membuat udara menjadi sejuk dan segar.

Pasir Datar

Pasir Datar tepatnya berada di Desa Pasir Datar, Caringin, Sukabumi. Dari pusat kota, pengunjung hanya perlu memakan waktu berkendara 1 jam saja.  Tempat wisata ini tidak memiliki tiket masuk karena merupakan kebun milik warga. Walau gratis, pengunjung tetap perlu ijin dan menjaga tanaman ketika mengunjunginya.

4. Geopark Ciletuh

Objek wisata yang keempat ada Geopark Ciletuh. Kawasan seluas 126.000 hektare ini terletak di kecamatan Ciemas dan Ujung Genteng yang mencakup delapan desa. Di Geopark ini terdapat banyak curug, bukit, serta pantai yang indah. Bahkan terdapat penangkaran tukik di tempat ini.

Geopark Ciletuh

Jika pengunjung berangkat dari Jakarta, bisa melewati tol Jagorawi dan exit di pintu Ciawi, Bogor kemudian ambil arah ke sukabumi. Jika menggunakan kendaraan roda dua, bisa mengambil arah jalan raya Cihideung-Cigombong. Untuk Memasuki kawasan ini pengunjung tidak dikenakan biaya apapun.

5. Pantai Cimaja

Dan lokasi wisata terakhir di Sukabumi yang wajib dikunjungi adalah Pantai Cimaja. Walau terdengar asing bagi pengunjung lokal, pantai ini ternyata telah terkenal di telinga peselancar mancanegara. Memiliki ombak hingga 4 meter, tentu Pantai Cimaja menjadi tempat favorit peselancar amatir dan profesional.

Pantai Cimaja

Berada di desa Cimaja, Cikakak, Sukabumi, Pantai Cimaja tidak kalah dengan indahnya pantai di Bali. Dengan memiliki tiket hanya Rp 5.000,- di hari biasa, pengunjung tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati pantai dengan pasir putih halus dan batu karang yang membentang sepanjang pantai.

Demikian objek wisata di Sukabumi yang belum banyak diketahui wisatawan lokal serta ramah di kantong. Banyak tempat-tempat indah yang bisa dijadikan pilihan tempat untuk rehat dari hiruk pikuk kota. Udara sejuk dan pemandangan hijau tentu bisa mengistirahatkan mata sejenak dari hingar bingar lampu dan paparan layar monitor.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Alat Potong Keramik Manual Terbaik

Alat Potong keramik terbagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis atau yang lebih dikenal dengan al

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Harga dan Motif Keramik Dinding Kamar Mandi 25x40

Keramik dinding kamar mandi ukuran 25x40 cm adalah yang biasa dipakai. Tapi ada cara tersendiri unt

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Plat Besi Semua Jenis dan Ukuran, Terbaru 2022

Plat besi merupakan salah satu material bangunan yang dibutuhkan saat membuat konstruksi bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Terbaru 2022! Harga Borongan Pengecatan Tembok Per Meter

Cat dinding rumah tampak perlu dicat ulang karena sudah kusam? Atau sekadar ingin mengganti suasana

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia