BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Mudah Detoksifikasi Rumah Sendiri
0
0

Cara Mudah Detoksifikasi Rumah Sendiri

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jul 17, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Rumah merupakan tempat berlindung bagi kita dan sekeluarga. Rumah tentunya juga memiliki resiko terkena virus ataupun racun. Tempat tinggal yang terlihat bersih dan rapi juga tidak dapat menjadikan jaminan bahwa rumah kita terbebas dari racun. Rumah yang banyak terdapat racun dapat berpotensi menyebabkan kanker (karsiogenik). Hal tersebut dapat bersumber dari alat makanan dan lainnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan detoksifikasi untuk menghilangkan racun-racun di rumah Pins.

Baca juga: 10 Cara Menjaga Kebersihan Rumah dengan Baik Agar Nyaman

Apa Itu Detoksifikasi Rumah

detoksifikasi rumah
Source : Houzz

Apakah Pins mengetahui apa itu detoksifikasi rumah? Detoksifikasi memiliki arti membersihkan tubuh kita dari zat-zat racun yang tanpa disadari hinggap di tubuh kita bahkan berada di dalam rumah kita. Proses pembersihan zat racun ini bertujuan agar rumah terutama tubuh kita tidak menjadi sarang zat racun, sehingga kita merasakan tubuh yang kembali segar, sehat, dan tidak mudah terkena penyakit.

Tubuh terluar kita seperti kulit perlu didetoksifikasi, karena dapat terpapar debu, partikel polusi, kuman, dan bakteri dari segala macam tempat yang kita lalui, lalu kita bawa tanpa sadar ke dalam rumah. Oleh karena itu, detoksifikasi menjadi penting tidak hanya dilakukan pada tubuh manusia tetapi juga pada tempat tinggal manusia seperti rumah. Sehingga hal ini akan memberikan kesehatan yang maksimal pada diri kita Pins.

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Toren Air Agar Tidak Berlumut

Kapan Perlu Dilakukan Detoksifikasi Rumah

Menurut Peter Bennett, N.D,  penulis buku ‘7-Day Detox Miracle with Stephen Barrie, N.D., and Sara Faye’, seseorang perlu untuk melakukan detoksifikasi setidaknya setahun sekali. Setiap hari kita berpergian dan melakukan aktivitas di luar rumah, pada keseharian itu juga kita dapat terpapar dengan racun-racun yang berterbangan.

Lalu ketika kita kembali pulang ke rumah, racun-racun tersebut juga kita bawa ke dalam rumah. Detoksifikasi menjadi penting dalam menciptakan rumah sehat untuk kita Pins. Pins juga dapat melakukan detoksifikasi ketika mulai merasakan gejala seperti:

  • Mudah lelah secara tiba-tiba,
  • Masalah pencernaan,
  • Iritasi kulit,
  • Alergi,
  • Infeksi,
  • Mata membengkak,
  • Kebingungan mental,
  • Masalah menstruasi.

Langkah-langkah Detoksifikasi Rumah

Untuk menghilangkan racun-racun yang berada di dalam rumah, Pins dapat mengikuti langkah-langkah detoksifikasi. Berikut ini langkah-langkah tersebut:

1. Tidak Memakai Sepatu di Dalam Rumah

Source : iStock

Cara mudah detoksifikasi rumah sendiri yang pertama adalah dengan tidak memakai sepatu di dalam rumah. Pins harus membuat aturan bahwa sepatu dan alas kaki lainnya tidak boleh masuk ke dalam rumah. Hal ini dikarenakan sepatu atau alas kaki kita dapat membawa kotoran yang mengandung kuman, bakteri, dan pestisida.

Pins juga disarankan untuk membersihkan rak sepatu yang berada di bagian luar pintu rumah, agar dapat mencegah racun-racun masuk ke dalam. Bersihkan juga sepatu dan alas kaki lainnya secara rutin, karena kita tidak pernah tahu benda apa saja yang menempel ketika digunakan.

Pins perlu meyakini bahwa rumah adalah tempat suci yang terpisah dari luar, jadi sepatu sangat dilarang digunakan ke dalam.

Baca juga: 10 Cara Membersihkan Kloset Duduk Hingga Nampak Seperti Baru

2. Memerhatikan Kebersihan Udara

Source : iStock

Cara mudah detoksifikasi rumah sendiri yang selanjutnya adalah memerhatikan kebersihan udara di dalam rumah. Faktanya, udara di dalam rumah dapat menjadi udara yang lebih kotor dibandingkan udara di luar rumah. Hal ini terjadi karena racun-racun yang kita bawa ke dalam rumah selepas kita beraktivitas di luar, hinggap di dalam rumah dan tidak dibersihkan secara rutin.

Untuk mengatasi hal itu Pins dapat memanfaatkan pembersih udara yang akan membantu membersihkan udara sekaligus menghilangkan bau dan alergen. Jika memiliki gejala pernapasan, Pins dapat memilih filter udara HEPA (High-Efficiency Particular Air) dengan keunggulan menyedot 99,7% partikel yang lebih besar dari 0,3 mikrometer.

3. Gunakan Penyaring Air

Source : iStock

Air yang mengalir di dalam rumah biasanya membawa beberapa zat polutan seperti klorin. Zat tersebut biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan pipa besi. Hal ini justru yang menjadikan pipa tersebut mudah keropos. Zat beracun yang ada di dalamnya bisa menguap dan menjadi gas yang berbahaya.

Gunakanlah alat penyaring air atau filter air di dalam saluran air Pins agar dapat mengantisipasi hal tersebut. Penyaringan akan membuat air yang kita gunakan sehari-hari menjadi lebih bersih dan murni.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Noda di Dinding Tanpa Merusak Cat

4. Hal yang Perlu Dilakukan pada Rutinitas Memasak

Source : Pixabay

Lakukanlah pengecekan terlebih dahulu pada peralatan memasak di dapur Pins. Peralatan yang mempunyai lapisan anti lengket mempunyai sifat menguap, selain itu peralatan tersebut juga dapat menyebarkan gas beracun ketika dipanaskan pada suhu di atas 300 derajat.

Pins juga dianjurkan untuk melakukan penggantian terhadap peralatan memasak Pins, apabila anti lengketnya sudah mulai mengelupas. Sebagai gantinya Pins dapat menggunakan peralatan masak yang terbuat dari besi tuang, baja tahan karat, atau berenamel.

Jangan lupa untuk menambahkan kipas angin atau ventilasi ke arah luar ruangan agar sirkulasi udara di dapur tetap bergerak.

5. Mencabut Peralatan Elektronik

Source : iStock

Cara mudah detoksifikasi rumah sendiri yang berikut ini adalah mencabut seluruh peralatan elektronik Pins ketika telah usai menggunakannya. Hal ini juga bertujuan baik, agar tidak terjadinya arus listrik yang buruk.

Pins juga dianjurkan untuk mematikan Wi-Fi di malam hari, agar mengurangi potensi paparan EMF di dalam rumah. Selain itu, cara tersebut juga akan membuat kita berhenti menggunakan smartphone dan memutuskan untuk beristirahat.

Baca juga: 9 Ciri Rumah yang Bersih Untuk Hunian yang Sehat

6. Rajin Melakukan Pembersihan

Source : iStock

Kebersihan udara juga dapat dimaksimalkan dengan melakukan pembersihan rumah secara rutin, seperti membersihkan debu, menyedot debu, dan mengepel. Cucilah handuk dan sprei secara teratur, serta hindari membakar lilin aroma karena dapat memengaruhi kualitas udara secara negatif.

Debu dapat dijadikan patokan banyak tidaknya racun yang mengendap di dalam rumah. Semakin banyak debu berserakan maka semakin banyak pula racun yang mengendap, begitu pula sebaliknya. Gunakanlah alat pembersih debu yang menggunakan sistem HEPA filter. Alat tersebut berfungsi untuk meghilangkan debu hingga ke partikel yang terkecil

7. Tambahkan Tanaman Hijau

Source : Pixabay

Tanaman hijau yang berada di sudut ruangan bukan hanya dapat memperindah ruangan, tetapi juga dapat mencegah masuknya racun-racun ke dalam rumah. Tanaman hijau mempunyai antioksidan alami. Kandungan tersebut yang dapat berfungsi untuk mengurangi beberapa zat berbahaya seperti formalin di udara.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Rumah yang Sudah Lama Kosong Sampai Kinclong

8. Buatlah Pembersih Sendiri

Source : Pixabay

Cara mudah detoksifikasi rumah sendiri yang terakhir adalah dengan membuat pembersih sendiri. Bahan pembersih yang dibuat diri sendiri akan dipilih secara berhati-hati dan menjauhi bahan-bahan kimia yang mengandung racun.

Pins dapat menggunakan bahan-bahan pembersih yang sederhana sekaligus alami, seperti lemon, soda kue, dan cuka. Kemudian untuk deterjen dan pelembut baju, dapat diganti menggunakan cuka. Cuka memilik sifat bahan yang antimikroba dan juga dapat melembutkan pakaianmu.

Manfaatkan oxygen bleach (oksigen pemutih) dan lemon sebagai pembersih pakaian putih milik Pins, dibandingkan menggunakan pemutih yang mengandung klorin.

Itulah 8 cara mudah detoksifikasi rumah sendiri. Lakukanlah pembersihan pada rumah Pins secara berkala untuk menghindari tersebarnya racun di dalam rumah. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: Houzz


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download