Pinhome

Social Distancing Adalah Hal yang Sedang Marak Dibicarakan. Apa Arti Social Distancing Tersebut?

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra ∙ 15 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Di Indonesia mengalami penutupan sekolah yang meluas dan perintah pemerintah untuk menutup tempat-tempat umum yang menarik banyak orang, mungkin mendengar istilah “social distancing” setelah ini menyebar.

PinhomeSocial distancing adalah menjaga jarak minimal 2 meter untuk mencegah penularan Covid-19, untuk mencegah rumah sakit yang sekarang membludak. Mungkin jika virus corona dibiarkan menyebar luas, maka rumah sakit akan penuh dan tenaga medis akan kewalahan. Mari kita bahas apa virus corona dan cara mencegah dengan social distancing.

Baca Juga: Beragam Manfaat Jahe Yang Sangat Ajaib Untuk Kesehatan Tubuh

Apa itu Virus Corona atau Covid-19?

social distancing adalah
(Freepik)

Pada awal 2020 Indonesia dihebohkan dengan virus corona yang berasal dari Wuhan, Cina. Virus ini Virus ini menjadi berita utama karena penularannya yang sangat cepat. Asal-usulnya telah ditelusuri ke pasar makanan di Wuhan, Cina, pada Desember 2019. Dari sana, mencapai negara-negara yang jauh seperti Amerika Serikat dan Filipina. Virus (secara resmi bernama SARS-CoV-2) telah memakan lebih dari 100 juta infeksi secara global, menyebabkan sekitar 2,5 juta kematian. Pada awal virus ini muncul bukan hanya Cina yang paling terpengaruh, Amerika Serikat juga negara yang paling terpengaruh. Penyakit yang disebabkan oleh tertularnya SARS-CoV-2 ini disebut COVID-19, yang merupakan singkatan dari coronavirus disease 2019. 

Baca Juga: Perbedaan Covid 19 Dengan Flu Biasa

Penyebab Virus Corona atau Covid-19

Virus corona bersifat zoonosis. Ini berarti mereka pertama kali berkembang pada hewan sebelum ditularkan ke manusia.  Agar virus dapat ditularkan dari hewan ke manusia, seseorang harus melakukan kontak dekat dengan hewan yang terinfeksi virus ini. Setelah virus berkembang pada manusia, virus corona dapat ditularkan dari orang ke orang melalui tetesan pernapasan. Ini adalah nama teknis untuk benda basah yang bergerak di udara saat Anda mengeluarkan napas, batuk, bersin, atau berbicara. Virus menyebar dan dapat terhirup ke dalam saluran pernapasan (tenggorokan dan paru-paru), di mana virus kemudian dapat menyebabkan infeksi. 

Mungkin saja tertular SARS-CoV-2 jika seseorang menyentuh mulut, hidung, atau mata setelah menyentuh permukaan atau benda yang ada virusnya. Namun, ini tidak dianggap sebagai cara utama penyebaran virus. SARS-CoV-2 juga dapat ditularkan melalui transmisi udara dari partikel infeksius kecil yang mungkin berlama-lama di udara selama beberapa menit hingga berjam-jam. 

Gejala Virus Corona atau Covid-19

Gejala atau tanda covid 19 menurut WHO secara umum:

  • Panas 
  • Batuk kering atau basah 
  • Letih dan lesu

Selain sakit tenggorokan, gejala yang umum lainnya yang telah dilaporkan dari beberapa sumber sebagai berikut.

  • Sesak nafas 
  • Sakit kepala
  • Nyeri tubuh
  • Pilek atau hidung tersumbat
  • Gejala pencernaan, seperti mual, mutah atau diare
  • Kehilangan bau atau rasa

Para ahli masih mempelajari lebih lanjut tentang virus corona baru dan COVID-19, penyakit yang menyerah seseorang setiap hari. Karena itu, jenis dan frekuensi gejala dapat berubah seiring lebih banyak ditemukan. 

Cara menghindari Virus Corona atau Covid-19

  • Di rumah saja

Tetap berada di rumah, keluar rumah jika hanya keperluan penting atau mendesak saja. Ini berlaku juga untuk orang yang sehat juga ya, Pins. Banyak kasus yang sangat ringan atau tanpa merasakan gejala tetapi bisa menularkannya kepada orang lain walaupun belum merasakan sakit. 

  • Hindari kerumunan 

Hindari semua pertemuan yang melibatkan orang di luar rumah. Kemungkinan keluarga lain atau keluarga dekat menjadi suatu lingkaran tersebut. Dengan demikian semua harus menghindari kerumunan- kerumunan di mana saja dan dengan siapa saja. 

  • Berjarak minimal 2 meter 

Para ahli merekomendasikan 2 meter jarak antar orang. Penularan akan lebih rendah jika berada di outdoor. Berbeda cerita jika meeting di dalam ruangan itu berbeda cerita sebaiknya dihindari.

  • Memakai masker

Memakai masker melindungi dari virus corona yang akan masuk ke hidung dan mulut. Mungkin ini langkah yang paling gampang untuk menghindari virus ini. 

  • Cuci tangan dan berbagi apapun

Untuk menghindari virus yang masuk ke mulut dan hidung, sering- sering cuci tangan. Terutama sebelum makan dan setelah pulang dari bepergian.

Apa yang dimaksud dengan social distancing?

Apa sih arti social distancing itu sendiri? Social distancing adalah suatu cara untuk mencegah tertentu dengan cara menjaga jara dari orang- orang atau dari kerumunan kata Malia Jones, ahli epidemiologi sosial di University of Wisconsin di Madison yang mempelajari covid 19 ini. 

Karena penyebaran virus ini dari orang ke orang melalui kontak sosial yang dekat secara fisik, cara terbaik untuk pencegahan yang kita miliki saat ini adalah dengan menjauhi orang dari kontak dekat sebanyak mungkin. Yang terbaik lagi jika berdiam diri di rumah dengan keluarga masing- masing ya, Pins. Semua orang harus melakukan social distancing, bukan hanya yang sedang sakit saja. Hal ini dapat membantu orang yang rentan terhadap penyakit ini, seperti orang yang mempunyai penyakit bawaan dan lansia. Karena social distancing bukan hanya mencegah tapi cara untuk memutuskan rantai virus tersebut. 

Jika bebas gejala apakah harus tetap social distancing?

Para ahli sudah mengkonfirmasi bahwa jika orang yang tanpa gejala dan tidak merasakan sakit  sama sekali harus tetap melaksanakan social distancing. Karena virus ini bisa berkarakter tanpa gejala sama sekali, terlihat seperti sehat dan baik- baik saja. Hindari kerumunan dan tempat- tempat umum seperti gym dan naik transportasi umum. 

Sudah mengerti kan, Pins apa yang dimaksud dengan social distancing dan virus corona? Tetap mematuhi protokol kesehatan dan tetap melakukan social distancing ya, Pins yang harus bekerja di luar rumah. Stay safe Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Yosa

Editor: Iko

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle Kumpulan Ucapan Selamat Imlek yang Penuh Harapan

Tahun Baru Imlek jadi salah satu momen yang ditunggu oleh keluarga Tionghoa. Pada waktu ini, mereka

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 15 Kombinasi Cat Ruang Tamu 2 Warna yang Serasi

Desain warna untuk tampilan ruang tamu memang sebagian besar berwarna senada. Namun, apa jadinya bi

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Kasur King Koil Terbaru

Ada banyak hal yang perlu disiapkan sebagai investasi kenyamanan seseorang. Salah satunya adalah da

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Ide Desain Ruang Tamu Modern dan Simple

Masih saja bingung, menata ruang tamu menjadi ruangan yang menarik dan nyaman? Desain ruang tamu mo

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 7 Desain Rumah Pintu 2 Dari Klasik Hingga Modern

Desain rumah pintu 2 bisa jadi pilihan untuk membuat interior ruangan semakin unik. Desain pintu se

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia