Ruang Edukasi Agen

Penjualan Online

Tips Negosiasi Online Bisnis Properti Agar Cepat Closing!

Ditulis oleh Rizko Fatra ∙ 6 May 2021 ∙ 4 menit membaca

Negosiasi merupakan salah satu bentuk komunikasi dua arah yang sering kita lakukan. Melalui negosiasi, dua belah pihak bisa mendapatkan sebuah win win solution yang saling menguntungkan. Di dalam bisnis properti, mempunyai kemampuan negosiasi sangat penting. Berikut ini ada beberapa tips negosiasi online bisnis properti. Lalu, apa jadinya jika negosiasi dilakukan secara online?

Pinhome – Sebagai pebisnis properti, pendapatan Anda ditentukan oleh berapa banyak deal yang berhasil Anda lakukan. Anda harus mempunyai bargaining power atau daya tawar yang kuat untuk bisa mempengaruhi lawan bicara Anda, dalam hal ini klien. 

Untuk mencapai deal dan mempunyai bargaining power yang kuat maka Anda harus mengasah kemampuan negosiasi Anda, baik secara online maupun bertemu fisik langsung dengan klien. Yuk simak tips negosiasi online bisnis properti berikut yang bisa Anda lakukan!

Persiapan melakukan negosiasi online

(Tek id)

Tips negosiasi online yang pertama adalah persiapan. Sebelum memulai meeting secara online dengan klien, Anda diharapkan melakukan beberapa hal berikut ini,

  • Menentukan dan set jadwal pertemuan online menggunakan Google Calendar. Pastikan Anda mengundang klien Anda dengan menyertakan email aktif klien pada Google Calendar Invitation.
  • Setelah itu pastikan Anda mempunyai koneksi internet yang bagus. Hal ini untuk meminimalisir masalah teknis saat bernegosiasi online.
  • Usahakan Anda menggunakan laptop atau komputer, hal ini supaya diskusi dapat lebih terasa nyaman dan memudahkan Anda saat harus presentasi.
  • Cari dan pilih area yang tenang dan jauh dari distraksi untuk melakukan negosiasi. 
  • Persiapkan catatan atau kalau perlu Anda bisa membuat presentasi singkat mengenai properti yang akan Anda tawarkan.

Media yang tepat untuk negosiasi online

(Tek id)

Kunci dari melakukan negosiasi adalah intimacy. Artinya dalam percakapan Anda dan lawan bicara dalam menawarkan properti, bertatap muka sangat penting dilakukan. 

Maka dari itu penggunaan telepon, bertukar pesan melalui email, SMS dan WhatsApp kurang efektif untuk negosiasi online bisnis properti.

Anda dapat memanfaatkan teknologi video conference seperti,

  • Google Hangout
  • Facebook Messenger Video Call dan 
  • Zoom

Tiga media video conference tersebut mampu mengakomodasi kebutuhan Anda untuk ngobrol bersama klien dengan nyaman tanpa harus bertemu secara fisik. 

Tips sukses negosiasi online 

Diskusi dan negosiasi secara online dengan klien memang butuh persiapan yang matang. Anda membutuhkan usaha lebih dalam mempersiapkan negosiasi online. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak mungkin Anda lakukan. Anda hanya perlu mengupayakan yang terbaik dengan melakukan tips sukses negosiasi online bisnis properti berikut,

Terapkan Prinsip Waktu adalah Uang

Anda harus hadir tepat waktu. Walaupun pertemuan dilakukan secara online, namun Anda harus tetap menunjukkan profesionalitas Anda. Hindari hadir telat dan usahakan Anda sudah berada dalam ruang diskusi 10-15 menit sebelum pertemuan dimulai.

Perhatikan Posisi dan Gerakan Tubuh

Meskipun pertemuan dilakukan secara online, Anda harus tetap memperhatikan posisi dan gerakan tubuh Anda. Hindari melakukan negosiasi sambil tidur, rebahan, senderan, atau sambil melakukan aktivitas lain. Pastikan Anda be present dalam negosiasi tersebut.

Gunakan Pakaian yang Rapi

Anda perlu memperhatikan pakaian yang Anda kenakan. Anda bisa menggunakan kemeja untuk tetap terlihat rapi dan profesional. Usahakan mengenakan kemeja dengan warna cerah untuk memberikan kesan yang semangat dan terbuka.

Proaktif bukan Reaktif

Mempertahankan pendapat memang perlu, namun dalam bernegosiasi Anda harus lebih open minded. Hindari merespon pertanyaan, sanggahan atau pendapat klien dengan reaktif. 

Tambahkan Sedikit Humor

Menambahkan sedikit humor bisa menjadi trik untuk mencairkan suasana. Anda bisa tetap profesional namun juga harus bisa menjaga suasana agar tidak terlalu kaku. Namun, hati-hati saat mengeluarkan candaan, jangan sampai menyinggung hal sensitif seperti SARA atau perihal yang bersifat privasi.

Nah itu saja beberapa tips negosiasi online bisnis properti yang dapat Anda lakukan dari rumah agar cepat closing. Pastikan untuk mulai menerapkan hal-hal baik agar proses negosiasi berjalan lancar dan sukses.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Beralih Ke Agen Properti Modern Dan Tingkatkan Penjualan

Download Aplikasi Rekan Pinhome
Bagikan Artikel