Ruang Edukasi Agen

Produktivitas

Tips Menjaga Stamina dan Kesehatan Selama Berpuasa

Ditulis oleh Komarudin Subekti ∙ 25 April 2022 ∙ 5 menit membaca

Puasa bukan berarti malas-malasan. Selama berpuasa, kita juga harus menjaga tubuh agar tetap fit dan bugar. Tips menjaga stamina saat puasa berikut ini bisa kamu terapkan supaya bisa beraktivitas dengan tenang, meskipun dalam keadaan menahan lapar dan haus.

Pinhome – Selama menjalankan ibadah puasa ramadan, tubuh melakukan berbagai macam penyesuaian. Ini karena tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan cairan selama kurang lebih 12 jam. Maka dari itu, tubuh melakukan adaptasi agar bisa tetap bugar, apalagi pola makan dan olahraga juga mengalami sedikit perubahan. Nah, kira-kira apa saja tip menjaga stamina saat puasa agar badan tidak lemas dan tetap bugar? Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

Menjaga Stamina selama Puasa

(Cause)

Menjaga stamina dan daya tahan tubuh selama bulan puasa sangat penting dilakukan demi kelancaran dan kekhusyukan dalam menjalankan ibadah. Seperti yang kita semua tahu, puasa merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan kaum muslimin dengan menahan lapar, haus, dan hawa nafsu dari fajar hingga senja. Bila tidak dilakukan dengan cara yang benar, maka akan dikhawatirkan dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Jika sudah terlanjur demikian, maka akan ada risiko tinggi terjangkitnya penyakit atau serangan virus yang bisa meningkat. Nah, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena banyak sekali cara sederhana yang bisa dilakukan agar daya tahan tubuh tetap terjaga selama puasa. Tidak sulit, Anda cukup memastikan badan untuk tetap mendapatkan asupan gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh. Ini berarti, jangan asal makan dan bila perlu beri asupan vitamin untuk menjaga stamina saat puasa. Selain mengonsumsi makanan sehat, tidur teratur dan cukup juga dibutuhkan tubuh. 

Pentingnya Menjaga Stamina Selama Puasa

(Sindonews)

Bulan puasa bisa menjadis sebuah tantangan tersendiri bagi beberapa orang, terutama bagi mereka yang aktif bekerja selama siang hari. Berkurangnya asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 12 jam tentunya akan memberikan pengaruh terhadap kinerja tubuh dan otak. Selain berpengaruh terhadap kerja tubuh, puasa juga dapat memengaruhi mood. Ini karena perubahan asupan makanan yang berbeda dibandingkan pada hari biasa. Dengan waktu istirahat yang berkurang, bisa juga berpengaruh terhadap kesehatan mental Anda.

Pada saat puasa, pola makan yang berbeda membuat tubuh harus beradaptasi. Berkurangnya asupan makanan ke dalam tubuh juga akan menimbulkan beberapa perubahan pada metabolisme tubuh, seperti :

Perubahan Sumber Energi Tubuh

Dalam keadaan normal, sumber utama energi pada tubuh disediakan oleh gula darah atau glukosa. Jika glukosa habis, maka glikogen yang akan menggantikannya menjadi sumber energi kedua. Pada saat puasa, karena tidak adanya asupan glukosa atau glikogen, maka lemak yang menjadi sumber energi cadangannya.

Berat Badan Turun

Lemak yang dibakar menjadi sumber energi alternatif membuat badan mengalami penurunan. Selain kadar lemak yang turun, kadar kolesterol di dalam tubuh juga akan menurun.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Jumlah jaringan lemak yang menurun dan sedikit dipercaya berpengaruh terhadap penurunan risiko penyakit jantung. Hal ini juga terkait dengan penurunan resistensi terhadap insulin yang berarti sela akan menjadi lebih sensitif terhadap sinyal dari insulin sehingga gula darah dapat lebih mudah masuk ke dalam sel untuk memberikan energi.

Pada saat berpuasa, organ-organ di dalam tubuh juga mengalami perubahan fungsi, seperti hati yang melepaskan gula sebagai cadangan energi di dalam tubuh, menurunnya produksi asam lambung, kandung empedu yang mengentalkan cairan, pankreas yang menunda produksi hormon insulin, berkurangnya produksi enzim pencernaan, yaitu amilase, lipase, dan tripsin, serta pergerakan usus halus berkurang.

Inilah sebabnya, mengapa Anda harus menjaga stamina dan kesehatan selama puasa. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, bisa-bisa berbagai masalah kesehatan lain, seperti dehidrasi, sakit kepala, stres, atau nyeri pada ulu hati bisa menyerang.

Tips Menjaga Kesehatan dan Stamina selama Puasa

(Curup Ekspres)

Berikut ini beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan selama berpuasa agar tubuh bisa tetap sehat dan berstamina selama berpuasa, yaitu :

Berhenti Jajan Sembarangan

Stop jajan sembarangan supaya daya tahan tubuh selama puasa bisa selalu terjaga. Pada saat bulan ramadan, memang banyak penjaja makanan di pinggir jalan yang bisa kita temukan. Sebaiknya, cari makanan yang lebih higienis dan terjaga kebersihannya supaya tidak menimbulkan penyakit.

Penuhi Asupan Air

Perbanyaklah minum air putih selama puasa. Pada saat berbuka, minum air putih secukupnya. Begitu pula pada saat sebelum tidur dan sahur. Air putih akan menjaga cairan tubuh tetap aman sehingga Anda tidak mudah dehidrasi serta daya tahan tubuh lebih terjaga. Terapkan pola 2-4-2, 2 gelas pada saat sahur, 4 gelas pada saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur.

Cukup Beristirahat

Pada saat berpuasa, biasanya ada perubahan pola tidur. Anda harus bangun dinihari untuk sahur. Hal ini bukan berarti Anda harus bergadang tiap malam. Tidurlah yang cukup agar badan bisa beristirahat dengan baik. Jangan sampai kurang tidur dan membuat badan menjadi kelelahan sehingga dapat mengganggu konsentrasi Anda dalam bekerja.

Tetap Berolahraga

Tips menjaga stamina saat puasa yang terakhir adalah dengan tetap berolahraga. Lakukan olahraga ringan untuk membuat tubuhmu tetap bergerak. Hal ini dilakukan juga untuk menghindari badan pegal, kaku, dan lemas. Lewat porsi olahraga yang tepat, badan bisa lebih segar dan bugar.

Tetap jaga kesehatan Anda selama berpuasa, ya! Lapar dan haus bukanlah alasan untuk bermalas-malasan.

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel