Ruang Edukasi Agen

Wawasan Properti

Bingung Foto Listing? Simak 5 Tips Menata Ruangan di dalam Rumah

Ditulis oleh Yursalayya Anindya ∙ 3 February 2023 ∙ 4 menit membaca

Apa itu listing?

Listing adalah istilah yang sangat familiar dengan agen properti. Listing secara harfiah berarti daftar properti yang dimiliki oleh agen properti. Semakin banyak listing yang Anda miliki, semakin banyak pengalaman yang dimiliki agen tersebut.

Listing adalah informasi tentang rumah, apartemen, bangunan komersial, kantor, gedung, gudang, kavling, pabrik atau real estate lainnya untuk dijual. Daftar tersebut diperoleh dari penjual atau dari pemilik rumah. Informasi bangunan yang akan dijual mencakup penjelasan luas bangunan, luas tanah, alamat, fasilitas yang tersedia di dalam rumah dan lingkungan perumahan, besar watt listrik, sumber air dan lain sebagainya. 

Untuk memastikan listing cepat laku pastikan foto bangunan memiliki kualitas yang bagus. Tujuannya tentu untuk menarik perhatian calon pembeli. 

Agar hasil pengambilan foto bagus, pastikan juga untuk membenahi tata ruang di dalam rumah. Yuk, intip 5 tips mudah menata ruangan untuk menunjang foto listing!

Tips Menata Ruangan agar Listing Menarik

Menata dekorasi listing sederhana namun elegan terkadang tidak mudah, apalagi saat menekan pengeluaran untuk promosi. Namun, penerapan desain rumah sederhana yang elegan bukanlah hal yang mustahil dan bisa dicapai meski dengan melakukan penataan ruangan di berbagai aspek.

Beberapa penataan yang bisa dilakukan adalah melakukan pembersihan, menambahkan sedikit dekorasi khusus, hingga mengecat area strategis rumah. Pinhome membagikan untuk menata trik rumah sederhana agar terlihat elegan supaya hasil foto listing tampak bagus.

1. Lakukan Pembersihan Rumah

(Pexels)

Mau trik terbaru yang tidak hanya mudah, murah, tapi juga penting untuk kesehatan seluruh anggota keluarga di rumah sederhana tapi elegan? Ya, yang terpenting adalah melakukan penataan dan pembersihan rumah sebelum memfoto interior listing.

Membersihkan debu dan mengelap peralatan rumah tangga bisa dilakukan supaya memberikan aksen baru, bersih, dan nyaman. Jangan lupa membersihkan jendela, langit-langit hingga sudut ruangan tanpa menyisakan celah sekecil apapun. Untuk pesan jasa pembersihan rumah melalui Pinhome Home Service, kunjungi link berikut untuk download aplikasi Pinhome.

Baca juga: Gambar Ruko Yang Perlu Diambil Untuk Listing Dan Promosi

2. Cat Ulang dengan Warna Elegan

(Pexels)

Memilih cat rumah yang tepat mungkin merupakan salah satu keputusan tersulit yang harus diambil untuk menciptakan kesan menarik. Bagi Anda yang menginginkan rumah sederhana namun tetap elegan, cobalah kombinasi bold dan dramatis atau soft and calm. Dengan memilih salah satu dari dua pilihan di atas, Anda bisa membuat listing rumah sederhana namun tetap elegan dan berkarakter.

Jangan lupa pilih warna hitam untuk pintu depan karena warna hitam bisa memberikan kesan mewah. Pilihan ini juga cocok dengan dekorasi kamar hitam lainnya.

3. Tambahkan Aksesoris Bantal

(Pexels)

Memberikan corak bantal yang berbeda dari sofa adalah cara mudah untuk membuat rumah sederhana namun elegan. Hal yang terpenting adalah cermat memilih motif, ukuran dan bahan bantal itu sendiri.

Bantal yang terlalu besar tidak akan membuat listing rumah Anda elegan, sebaliknya akan membuat rumah terlihat penuh. Jika ruang tamu listing Anda umumnya berukuran kecil, pilihlah bantal hias dengan motif sederhana dan berukuran kecil.

Anda tidak perlu membeli bantal untuk seluruh listing rumah, melainkan digunakan kembali untuk listing lainnya.

4. Perhatikan Detail Jendela

(Pexels)

Apakah Anda ingin listing rumah terlihat sederhana namun bergaya dengan mudah? Jangan abaikan tampilan jendela rumah. Perhatikan keindahan jendela pada rumah untuk menambah kesan menarik oleh pembeli.

Anda juga bisa membersihkan daun jendela secara menyeluruh dengan menambah lapisan cat minyak baru. Ini bisa menciptakan kesan rumah sederhana namun elegan tanpa menghabiskan banyak uang

5. Pemilihan Gorden yang Sesuai

(Pexels)

Jangan lupa perhatikan tampilan jendela. Bagian ini kerap menjadi focal point suatu listing yang sederhana namun elegan. Misalnya, Anda bisa menambahkan gorden sesuai dengan karakteristik listing.

Bahan seperti sutra, linen, dan katun umumnya bisa menjadi alternatif bahan tirai jendela yang efektif untuk rumah sederhana namun elegan. Jangan khawatir, Anda dapat menggunakan kembali gorden untuk melakukan foto listing selanjutnya.

Baca juga: Bagian-Bagian Rumah Baru Yang Perlu Difoto Untuk Masuk Listing


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel