Ruang Edukasi Agen

Marketing

Listing Seken Sulit Laku? Belajar dari 5 Contoh Listing dengan Kesalahan Berikut!

Ditulis oleh Omri Cristian ∙ 12 January 2023 ∙ 5 menit membaca

Listing yang baik harus mampu membuat calon buyer tertarik dengan properti yang Rekan Agen tawarkan. Contoh listing yang benar yaitu dapat menampilkan foto properti dengan jelas sehingga calon buyer bisa mendapatkan gambaran yang utuh

Sayangnya, tidak jarang terdapat kesalahan yang sering dijumpai dari listing Rekan Agen. Akibatnya, calon buyer melewatkan begitu saja properti yang Anda tawarkan.

Oleh karena itu, Anda harus tahu betapa pentingnya membuat listing rumah seken dengan baik. Bukan hanya itu, sebaiknya hindari berbagai kesalahan yang sering terjadi saat membuat listing rumah seken. Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Mau Upload Foto Dan Video Properti Di Media Sosial? Perhatikan Aturan Berikut Ini!

Pentingnya Membuat Listing Rumah Seken dengan Baik

Seperti sudah sedikit disinggung sedikit di awal, membuat listing rumah seken tidak bisa dilakukan sembarangan. Listing sebagai informasi properti yang Anda tawarkan tentunya harus insightful kepada calon buyer

Pasalnya, hal tersebut akan menentukan apakah buyer akan membeli properti Anda atau tidak.

Selain itu, bukan tidak mungkin cara memasang listing juga menunjukkan kualitas Anda sebagai agen properti. Sangat mungkin calon buyer menilai kinerja seorang rekan agen dari caranya memasang listing.

Jadi, memasang listing dengan baik bukan hanya persoalan daya tarik tapi juga menunjukkan kepiawaian Anda sebagai agen properti. Oleh karena itu, pasanglah listing dengan baik.

Baca juga: 5 Tren & Strategi Digital Marketing 2023 Untuk Bisnis Properti

Kesalahan yang Sering Dilakukan

Penting untuk Anda belajar dari kesalahan agar listing yang Anda buat mendapatkan perhatian yang lebih dari calon buyer. Berikut ini contoh listing dan kesalahan yang harus kamu hindari.

Terdapat Emoji dan Watermark non-Pinhome pada Gambar Listing

contoh listing
(Pinhome)

Foto rumah seken yang Anda tawarkan adalah hal pertama yang bisa menarik perhatian calon-buyer. Oleh karena itu, gambar listing yang ada emoji, watermark non Pinhome dan tulisan yang menutupi akan sangat mengganggu calon buyer itu sendiri. 

Bukan hanya itu, penggunaan emoji atau gambar lainnya pada foto listing juga menimbulkan kesan tidak profesional.

Tips agar gambar tidak mengganggu calon buyer

Sebaiknya Anda tidak perlu melakukan editing yang berlebihan pada gambar listing rumah seken yang dijual. Editing bisa Anda lakukan untuk membuat foto lebih terang dan jelas saja. Namun, jangan pula Anda memanipulasi foto sehingga bisa mengecoh klien.

Gambar dengan kesan profesional misalnya dapat Anda lihat seperti di bawah ini:

(Pinhome)

Baca juga: Segmentasi Pasar Perumahan Bergeser Ke Menengah Atas, Apa Implikasinya Untuk Agen Properti?

Foto Berkualitas Rendah

contoh listing
(Pinhome)

Tidak jarang calon buyer menemukan foto listing yang beresolusi rendah sehingga tidak nyaman dilihat. Bukan hanya itu, dalam beberapa kejadian, ditemukan foto yang memiliki penerangan yang kurang.

Hal ini tentunya membuat calon klien bisa jadi ragu untuk membeli rumah. Pasalnya, calon klien tidak mendapat gambaran yang utuh mengenai rumah seken.

Tips menghasilkan foto berkualitas

Lakukan pemotretan dengan dengan komposisi cahaya baik agar lebih enak dilihat. Apabila pencahayaannya kurang, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk melakukan editing. Contoh foto yang baik bisa Anda lihat di bawah ini.

(Pinhome)

Deskripsi yang Minim

contoh listing
(Pinhome)

Kesalahan yang cukup sering ditemukan selanjutnya adalah minimnya informasi pada deskripsi listing. Hal ini tentunya perlu diperbaiki. Pasalnya, semakin sedikit informasi yang Anda berikan, semakin kecil pula kemungkinan calon buyer melirik rumah seken Anda.

Tips dalam menuliskan deskripsi

Sebaiknya masukkan juga fasilitas unit yang ada, mulai dari fasilitas di kamar mandi, fasilitas di dapur, fasilitas lainnya seperti AC, balkon, tangki air. Bukan hanya itu, Anda juga harus menginformasikan tingkat strategis properti yang ditawarkan seperti contoh di bawah ini.

(Pinhome)

Terdapat Bagian Rumah yang Tidak Diperlihatkan

contoh listing
(Pinhome)

Tampilan bagian-bagian rumah merupakan hal yang paling dicari terlebih dahulu para calon buyer. Bagi buyer yang tertarik, mereka tentunya ingin melihat foto secara detail.

Pada contoh listing di atas, Anda bisa melihat absennya gambar tampilan depan rumah. Bayangkan betapa ragunya calon klien Anda bila tidak menemukan gambar bagian-bagian rumah dengan lengkap. 

Tips mengunggah foto listing yang baik

Anda dapat memakai satu foto dengan kualitas terbaik untuk mewakili masing-masing ruangan. Jadi, tidak perlu mengunggah foto ganda. Contohnya seperti di bawah ini.

(Pinhome)

Baca juga: Calon Buyer Wajib Tahu! Miliki Hunian Idaman Lebih Mudah Dengan Program #CicildiPinhome!

Objek Menganggu pada Gambar Listing

contoh listing
(Pinhome)

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan ialah mengambil foto properti yang terhalang dengan objek tertentu. Ini tentunya mengganggu calon buyer yang melihat dengan jelas seperti apa rumah seken yang Anda tawarkan.

Adanya objek lain akan membuat pembeli salah fokus melihat rumah yang dijual. Selain itu, sangat mungkin calon buyer ragu memilih properti yang Anda tawarkan karena hal ini.

Tips untuk Rekan Agen

Pada saat ingin mengambil foto rumah seken, pastikan tidak ada benda atau objek lain yang menghalangi bagian depan rumah.

Tidak ada salahnya juga untuk Anda merapikan bagian rumah yang akan difoto agar tampil lebih cantik. Sebagai contoh, misalnya Anda bisa mengacu pada gambar di bawah ini.

(Pinhome)

Baca juga: Tips Negosiasi Properti Untuk Mencapai Harga Deal

Demikian, contoh listing kesalahan yang umum terjadi saat Rekan Agen mengunggah listing dan tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel