Ruang Edukasi Agen

Tingkatkan Penjualan

Tips Dalam Menjual Properti yang Ampuh Agar Cepat Laku!

Ditulis oleh Rizko Fatra ∙ 24 May 2021 ∙ 5 menit membaca

Menjual properti bukanlah seperti menjual kacang rebus yang bisa habis terjual dengan cepat. Anda sebagai agen membutuhkan tips dalam menjual properti yang jitu sehingga hunian yang Anda tawarkan bisa cepat laku. Memahami strategi marketing yang tepat juga akan membantu Anda dalam mendapatkan klien dengan mudah.

Pinhome – Dewasa ini keterampilan dan mencari peluang sangat dibutuhkan agar properti yang Anda jual bisa cepat laku. Alhasil, Anda pun sebagai Agen properti akan cepat mendapatkan komisi. Proses menjual sebuah properti melibatkan banyak variabel salah satunya fase mempromosikan hunian ke calon pembeli. Proses promosi menjadi penting karena Anda akan bersaing dengan puluhan bahkan ratusan iklan yang juga mempromosikan properti lain. Tips dalam menjual properti pada dasarnya adalah penunjang yang akan membantu Anda dalam memecahkan masalah serta kendala dalam menjual properti. Hal ini juga bisa menjadi taktik ampuh untuk mengurangi kesalahan Anda dalam menjual properti sebelumnya. 

Kesalahan yang membuat Anda kesulitan menjual properti

Tips Dalam Menjual Properti yang Ampuh Agar Cepat Laku!
Kompas

Sebelum memahami beberapa tips dalam menjual properti, berikut ini kesalahan yang sering membuat Anda kesulitan memasarkan properti. 

Menutup Diri pada Teknologi Informasi

Seringkali kita sudah nyaman dengan pola penjualan offline yang membagikan brosur di perumahan, pertokoan, mall atau pusat perbelanjaan dan area ramai lainnya. Namun hal ini bisa menjadi kendala ketika masyarakat secara menyeluruh telah memanfaatkan teknologi digital untuk bertukar informasi. Kondisi tersebut akan mengurangi fungsi dari spanduk yang Anda pasang di depan rumah, brosur dan pamflet yang Anda sebarkan di jalan-jalan atau kartu nama yang Anda bagikan ke banyak orang. Jika terus berlanjut Anda hanya akan membuang uang untuk memproduksi benda-benda tersebut. Mulailah untuk membuka diri pada teknologi digital seperti media sosial, email, grup telegram, dan portal digital lain untuk mempromosikan listing Anda.

Kurang aktif dalam berjejaring

Salah satu kegagalan dalam penjualan properti adalah Anda tidak memperluas jangkauan jejaring atau networking Anda. Ini bisa menjadi kendala yang fatal. Anda sebagai agen properti harus kreatif mendapatkan kenalan baru agar memperbesar kemungkinan mendapatkan klien yang mencari hunian (hot buyer). Di masa pandemi seperti ini ternyata tidak menutup kemungkinan Anda untuk terus berjejaring. Anda bisa memanfaatkan grup komunitas di Facebook atau Telegram untuk mendapatkan lead marketing. Selain itu, optimalkan juga networking yang dimiliki rekan atau kerabat dekat Anda.

Tidak Membuka Diri pada Ilmu Marketing yang terus bergerak maju

Pada dasarnya memahami marketing sederhana bisa Anda pelajari dari mana saja saat ini. Ilmu marketing sederhana tersebut bisa Anda temukan di Instagram atau YouTube. Secara definisi ilmu marketing sederhana ini adalah tips, strategi dan info marketing yang mudah diaplikasikan oleh siapa saja. Misalnya membuat materi promosi di Instastory, membuat caption, membuat desain sosial media sederhana dan lain-lain. Kabar bahagianya, semua itu bisa Anda pelajari secara gratis dari internet atau komunitas properti.

Langkah-langkah sederhana untuk menjual properti agar cepat laku

Freepik

Setelah Anda mengetahui kendala yang sering menghadang dalam berjualan properti, berikut ini ada tips dalam menjual properti yang bisa dilakukan dengan mudah. Tentunya tips berikut bisa berpotensi membantu Anda memasarkan properti dengan cepat!

Memanfaatkan situs jual beli properti

Cobalah untuk memanfaatkan situs jual beli properti yang ada seperti Pinhome. Biasanya perusahaan seperti ini mempunyai strategi bisnis yang telah tersusun dan terkonsep dengan baik. Bergabung dengan perusahaan properti atau mendaftar di situs jual beli properti akan memberikan keuntungan seperti jejaring yang luas, potensi mendapatkan listing serta lead marketing yang berkualitas.

Mengunggah foto dan deskripsi yang menarik

Foto dan deskripsi bisa menjadi senjata pamungkas dalam menarik perhatian calon klien. Upayakan gambar yang Anda ambil harus berkualitas bagus. Hindari gambar yang blur atau gelap. Hal yang bisa Anda siasati adalah mengambil gambar rumah di siang hari dengan dukungan pencahayaan matahari. Pastikan foto dan deskripsi sesuai. Untuk memudahkan Anda pastikan setiap foto ruangan diberikan sebuah deskripsi, misalnya Anda ambil gambar ruang tamu lalu berikan deskripsi yang sesuai untuk ruang tamu. 

Memperhatikan waktu penjualan rumah

Faktanya menjual properti juga harus memperhatikan waktu yang tepat. Ibarat menjual busana muslim, akan lebih laku di bulan Ramadhan. Tujuan untuk menjual properti di waktu yang tepat adalah agar saat Anda mempromosikan hunian, demand masyarakat membeli rumah sedang tinggi. 

Waktu paling tepat untuk menjual rumah adalah ketika suku bunga sedang mengalami penurunan. Ketika suku bunga sedang turun, hal ini menyebabkan bunga KPR juga akan lebih stabil. Nah, mengingat kebanyakan masyarakat Indonesia membeli rumah dengan KPR, maka momentum ini tepat untuk transaksi jual beli rumah. 

Manfaatkan Instagram dan Facebook

Di Instagram Anda bisa mempromosikan foto dan informasi properti yang Anda jual. Hal ini karena rata-rata pengguna media sosial di Indonesia menghabiskan 8 jam berselancar di internet. Apalagi di masa pandemi seperti ini intensitas pengguna media sosial di internet semakin tinggi. Lalu, bergabunglah dengan komunitas-komunitas properti di Facebook. Anda bisa mendapatkan banyak networking secara online dan jejaring di media sosial. 

Itu saja penjelasan mengenai tips menjual properti agar cepat laku. Yuk coba terapkan beberapa hal di atas untuk membantu Anda jualan properti. Selamat mencoba!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel