Ruang Edukasi Agen

Digital Marketing

Tetap Produktif, Manfaatkan Internet untuk Pemasaran Properti Selama Pandemi COVID-19

Ditulis oleh Bismaputra Jayasujana ∙ 6 May 2021 ∙ 5 menit membaca

Pandemi COVID-19 memang berdampak luar biasa ke seluruh sektor perekonomian, tak terkecuali industri properti. Pemerintah pun menghimbau untuk membatasi pertemuan langsung dengan orang lain. Lalu, bagaimana agen properti dapat menjual properti jika tidak dapat bertatap muka dengan orang lain?

Pinhome — Kehidupan di seluruh dunia memang tak pernah sama pasca hempasan pandemi COVID-19. Yang awalnya kita bebas beraktivitas dan berkumpul bersama orang-orang terdekat, kini terpaksa harus berdiam diri di rumah agar menekan angka penularan. Jika pun harus keluar, kita harus siaga untuk tetap menjaga jarak dan menghindari kontak fisik dengan orang lain. Bahkan, kegiatan akademis juga harus dilakukan secara jarak jauh melalui kelas online. Saking drastisnya perubahan ini, banyak kantor yang tak dapat menjaga kemampuan produktifnya dan harus gulung tikar. Perekonomian menurun dan menyerang seluruh area, termasuk sektor properti.

Namun, sebagai agen properti yang dituntut memiliki jiwa entrepreneurship, kita harus lebih kreatif dalam menyikapi situasi ini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap produktif dalam pekerjaan kita sehari-hari, misalnya dengan menggunakan internet.

Memasarkan properti secara online memang sedang menjadi tren di kalangan agen. Selain itu, Anda pun juga dapat memanfaatkan fitur video call untuk menggantikan pertemuan langsung dengan calon pembeli. Seperti apa implementasinya?

Maksimalkan digital marketing

Ada banyak cara di digital marketing yang dapat digunakan supaya listing Anda dapat dilihat oleh masyarakat; misalnya menggunakan media sosial, memanfaatkan fitur berbayar di media sosial supaya dapat dilihat lebih banyak orang, mengoptimalkan performa di mesin pencari (SEO), hingga memasang iklan melalui Google Ads.

Namun, jika Anda belum terlalu menguasai fitur-fitur di atas, Anda juga dapat menggunakan platform digital properti, seperti Pinhome. Dengan mendaftar menjadi Rekan Pinhome, Pinhome akan menangani performa listing Anda melalui digital marketing sehingga dapat dilihat oleh jutaan orang di seluruh Indonesia.

Optimalkan performa media sosial dan gunakan fitur boost

Orang lebih banyak di rumah, berarti mereka lebih banyak menggunakan smartphone mereka untuk melakukan segala hal, termasuk menengok media sosial. Momentum ini yang harus Anda manfaatkan untuk membuat konten-konten yang kreatif untuk dipasang di media sosial. Buatlah konten senatural mungkin tanpa harus terlalu hard sell di awal. Hal ini dilakukan agar pengguna media sosial tidak langsung melewati postingan Anda tanpa mendapat informasi lengkap.

Jika dirasa engagement Anda di media sosial belum memenuhi target, jangan ragu menggunakan fitur boost yang ada di media sosial. Fitur berbayar ini akan menaikkan konten Anda menjadi iklan dan tak hanya dilihat oleh pengikut Anda saja, melainkan oleh semua orang. Jangan lupa juga untuk mengatur preferensi target audience yang Anda inginkan supaya mendapatkan hasil yang lebih valid.

Manfaatkan waktu untuk melakukan riset lebih dalam

Dengan berada di rumah, berarti Anda memiliki waktu lebih banyak untuk melakukan riset mendalam tentang spesialisasi area Anda dan apa yang diinginkan oleh para calon pembeli Anda. Pelajari kembali pengalaman yang sudah Anda lewati dan gunakan untuk mencari calon pembeli baru.

Di masa pandemi ini, kelas online dan webinar juga semakin menjamur. Investasikan sejumlah uang untuk kembali belajar mengenai bisnis properti. Kegiatan ini tak hanya akan berguna di masa seperti ini, tapi juga di masa-masa mendatang saat keadaan sudah kembali normal.

Gunakan fitur video call untuk tur virtual

Salah satu langkah yang biasanya dilakukan dalam transaksi properti adalah kunjungan langsung atau site visit ke rumah yang akan ditawarkan kepada calon pembeli. Tak jarang, Anda harus melakukan kunjungan beberapa kali ke beberapa rumah berbeda untuk menemukan properti yang paling menarik bagi calon pembeli Anda. Namun, dengan adanya pandemi, orang-orang pasti akan berpikir dua kali untuk meninggalkan rumah, apalagi jika harus berpindah-pindah tempat.

Di sinilah fitur video call dapat membantu Anda. Gunakan aplikasi khusus video meeting, seperti Zoom atau Google Meeting, supaya jaringan Anda lebih stabil dan kualitas video lebih jernih. Kedua platform tersebut juga sudah memiliki versi mobile sehingga dapat dibuka kapan saja melalui smartphone Anda. Jika Anda tidak ingin menambah aplikasi baru di perangkat Anda, WhatsApp dan beberapa media sosial, seperti Instagram dan Facebook juga sudah menyediakan fitur ini.

Tetap aktif di dalam komunitas agen properti

Tidak bertatap muka secara langsung bukan berarti melupakan relasi-relasi dengan agen properti lain. Jadwalkan pertemuan online dengan beberapa agen properti untuk saling berbagi pengalaman tentang usaha mereka memasarkan properti di tengah pandemi. Siapa tahu Anda mendapat inspirasi dan motivasi baru setelah berbicara dengan rekan-rekan Anda.

Anda juga dapat bergabung ke dalam komunitas Rekan Pinhome. Di sini, Anda tak hanya menjalin relasi dan sharing saja; melainkan ada pelatihan-pelatihan seputar dunia properti yang pasti akan sangat berguna bagi Anda. Informasi lebih lanjut, Anda bisa melihat halaman utama Komunitas Rekan Pinhome di sini.


Kendati menantang, namun Anda tetap bisa produktif selama pandemi COVID-19. Supaya lebih lancar dalam menjalankan bisnis Anda, unduh aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store dan nikmati mudahnya bertransaksi properti melalui aplikasi Rekan Pinhome.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Beralih Ke Agen Properti Modern Dan Tingkatkan Penjualan

Download Aplikasi Rekan Pinhome
Bagikan Artikel