Ruang Edukasi Agen

Penjualan

Teknik Closing Properti untuk Mempercepat Transaksi dengan Klien

Ditulis oleh Rizko Fatra ∙ 7 June 2021 ∙ 3 menit membaca

Closing merupakan tahapan untuk menutup proses negosiasi, yang selanjutnya menuju transaksi pembayaran sebuah properti. Closing bisa menjadi parameter kesuksesan seorang agen dalam menjual sebuah properti berupa rumah, ruko ataupun apartemen. Ketika negosiasi sudah closing artinya sudah deal dan pihak klien setuju untuk membayar DP. Teknik closing properti menjadi materi penting yang patut dipahami oleh para agen properti.

Pinhome – Proses closing yang berhasil akan mengantarkan agen properti kepada transaksi deal. Namun, ketika proses closing kurang lancar akan ada kemungkinan klien tidak jadi beli properti. Maka dari itu, penting sekali untuk memastikan proses closing berjalan lancar.

teknik closing properti
(Bizplus id)

Agar proses closing Anda berjalan lancar, maka perhatikan proses berikut ini.

Terkadang setelah melalui proses negosiasi yang panjang, Anda akan dihadapkan dengan proses closing yang gagal. Artinya klien tidak jadi membeli properti. Hal ini bisa disebabkan banyak hal. Variabel-variabel tersebut tidak hanya disebabkan oleh faktor dari sisi pembeli, tapi bisa juga karena dari sisi Anda sebagai agen hunian. Di sinilah strategi atau teknik closing properti Anda butuhkan. Untuk itu cek penjelasan berikut agar proses closing berjalan lancar,

Rangkum semua hal yang sudah dibahas dengan prospek

Pastikan Anda mencatat semua kebutuhan dan keinginan klien terhadap properti impiannya. Ini penting, agar Anda bisa mengetahui kebutuhan mereka. Ketika Anda sudah memahami apa yang klien inginkan, Anda bisa dengan mudah mengarahkan dan mempengaruhi klien dalam membeli properti.

Siapkan dokumen untuk keperluan closing

Siapkan dan keluarkan dokumen-dokumen penting seperti Daftar Isian Pemesanan (book form) yang berisi bahwa klien setuju membeli properti dan nominal uang muka, dan Perjanjian Pengikat Jual Beli (PPJB).

Kirimkan link pembayaran DP

Kirimkan juga link untuk melakukan transaksi pembayaran dari aplikasi Pinhome. Anda bisa mengakses ini di aplikasi rekan Pinhome. Tujuannya agar klien mendapatkan informasi nominal uang muka dan cara melakukan pembayaran secara online.

Tips agar closing dengan klien Anda sukses dan lancar

teknik closing properti
(Kudu pinter)

Selain mempersiapkan hal-hal di atas, berikut ini ada juga tips agar closing Anda lancar. 

Kesiapan dalam berkomunikasi

Pastikan Anda mampu untuk mempengaruhi klien membeli properti tersebut. Kaitkan kebutuhan dan keinginan klien dengan fitur rumah, prospek nilai rumah sebagai investasi di masa depan, kondisi lingkungan rumah dan fasilitas terdekat. Ini bisa menjadi pemicu agar klien setuju melakukan pembayaran uang muka.

Meminta komitmen

Tegas namun tetap sopan. Artinya, jika klien menunjukkan gesture ingin membeli properti namun mereka masih belum yakin maka Anda harus membuat pernyataan tegas terkait booking fee atau uang muka. 

Pertanyaan spesifik ketika menerima atau menolak

Apabila klien tidak menjadi beli atau menolak tawaran Anda, tanyakan secara spesifik mengapa mereka memutuskan hal tersebut. Tanyakan dengan cara yang sopan dan profesional ya Pins. Jika Anda jeli, tentu masih ada peluang untuk mengubah keputusan klien.

Ketika klien bersedia membeli properti, tanyakan juga alasan spesifik mereka membeli properti yang Anda jual. Buatlah validasi apakah karena fitur rumah, lingkungan, akses atau faktor lain.

Nah itu saja Pins informasi mengenai teknik closing properti agar membantu Anda dalam mempercepat transaksi dengan klien. Semoga berguna ya Pins!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel