Ruang Edukasi Agen

Penjualan

Penting! Ketahui Surat Perjanjian Kerjasama dan Fungsinya dalam Bisnis Properti

Ditulis oleh Omri Cristian ∙ 3 February 2023 ∙ 3 menit membaca

Sebagai pihak yang berbisnis di dunia properti, surat perjanjian kerjasama adalah hal penting yang harus Anda ketahui. Hal ini karena terkadang proses jual beli properti tidak bisa Anda lakukan seorang diri.

Anda bisa saja memerlukan mitra kerjasama dalam bisnis. Terlebih kondisi pasar properti bisa mengalami perubahan yang dinamis sewaktu-waktu. 

Pada titik tersebut, surat perjanjian kerjasama berguna sebagai media perjanjian bisnis yang akan Anda jalankan bersama mitra Anda. Tapi, bukan itu saja fungsinya. Lalu, apa itu sebenarnya surat perjanjian kerjasama? Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Agen Properti, Simak 7 Cara Agar Produktif Di Tahun 2023

Apa itu Surat Perjanjian Kerjasama?

surat perjanjian kerjasama
(Shutterstock)

Secara sederhana, surat perjanjian kerjasama merupakan surat tertulis berisi kesepakatan di antara dua pihak atau lebih untuk menjalankan suatu usaha. Surat tersebut menjadi bukti bahwa terdapat kesepakatan yang mengikat di antara pihak-pihak yang bekerja sama.

Sebagai contoh, misalnya Anda ingin menjalankan bisnis di bidang properti. Anda mengajak teman yang Anda percaya untuk menjalankan bisnis tersebut bersama-sama, maka sebaiknya perlu dibuat surat perjanjian agar bisnis bisa berjalan dengan baik. Isinya pun mengatur kerjasama seperti apa yang dijalankan di antara kedua pihak, seperti hak dan kewajiban masing-masing pihak yang bekerjasama.

Baca juga: Tips Negosiasi Properti Untuk Mencapai Harga Deal

Fungsi Surat Perjanjian Kerjasama dalam Bisnis Properti

surat perjanjian kerjasama
(Shutterstock)

Terdapat beberapa fungsi surat perjanjian dalam bisnis properti. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Sebagai Bukti Kerjasama

Dalam usaha kerjasama seperti jual beli properti tentu sangat diperlukan bukti otentik yang menyatakan keberadaan kerjasama tersebut. Surat perjanjian berfungsi menjadi bukti yang legal dan dapat dibuktikan kebenarannya.

Menunjukkan Hak dan Kewajiban

Di dalam surat perjanjian yang dibuat, Anda dan mitra harus menuliskan dengan jelas hak dan kewajiban masing-masing. Selain itu, gambarkan dengan jelas apa batasan hak dan kewajiban tersebut. Maka, kerjasama yang dijalin pun jadi lebih terjamin.

Baca juga: Lebih Cepat Jual Rumah Dengan Rent To Own: Solusi Baru Transaksi Properti!

Menghindari Kecurangan

Kerjasama dengan pihak siapapun yang Anda bangun, termasuk keluarga sebaiknya tetap menggunakan bukti legal. Mengapa demikian? Hal ini perlu karena peluang untuk melakukan kecurangan atau kelalaian selalu ada.

Jadi, surat perjanjian tersebut dibuat untuk mencegah hal tersebut. Masing-masing pihak harus menghormati kerjasama yang tercantum dalam surat.

Menggurangi Risiko Perselishan dan Media Penyelesaian Masalah

Keberadaaan surat perjanjian ini juga bisa mengurangi risiko perselisihan. Jadi, apabila saat perselisihan terjadi kedua belah pihak bisa kembali mengacu pada surat kesepakatan yang dibuat. 

Pun misalnya bila masalah ini di bawa ke meja hijau, surat perjanjian ini menjadi bukti sah yang dapat digunakan. Hakim yang memimpin persidangan tentunya akan mengacu pada surat perjanjian sebagai salah satu bukti konkret.

Demikian, informasi mengenai surat perjanjian kerjasama dalam bisnis properti yang harus Anda ketahui, Surat ini berperan penting dalam urusan kerjasama yang ingin Anda bangun. Pihak yang bekerjasama pun akan merasa nyaman dan dijamin dengan keberadaan surat ini. Semoga bermanfaat!

Hal ini sangat penting dan fundamental dalam setiap urusan kerjasama. Anda bisa melakukan kerjasama dengan aman dan nyaman hanya dengan berbekal surat perjanjian yang disepakati kedua belah pihak ini.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel