Ruang Edukasi Agen

Marketing

Belajar SEO Artikel Sederhana untuk Memaksimalkan Blog Properti

Ditulis oleh Safina Rahma ∙ 22 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Strategi pemasaran yang bisa dilakukan oleh agen properti yaitu melalui digital marketing. Pemasaran digital bisa dilakukan lewat berbagai media di antaranya melalui blog. Supaya pemasaran melalui blog properti ini lancar, Anda perlu belajar SEO dan menerapkannya.

Pinhome – Unggahan seperti artikel yang dibuat dengan mengikuti kaidah SEO akan membantu blog Anda untuk tampil di mesin pencari. Semakin tinggi ranking SEO Anda, maka kemungkinan orang untuk membuka blog juga meningkat. Hal ini lalu bisa berpengaruh terhadap promosi properti yang Anda lakukan di blog tersebut.

Ada banyak cara untuk mengisi konten di blog salah satunya yaitu melalui artikel. Lewat artikel SEO, unggahan berisi promosi Anda bisa dibaca oleh banyak orang. Bagaimana caranya membuat artikel ini? Yuk, simak penjelasan belajar SEO di bawah ini!

Apa Itu SEO?

belajar seo
(phiradio.net)

Search Engine Optimization atau SEO adalah teknik yang digunakan untuk mengoptimasi kinerja website. Teknik ini dipakai untuk menaikkan ranking website pada pencarian organik di mesin pencari seperti Google. Website yang dikelola dengan menggunakan SEO akan memiliki kinerja baik sehingga bisa bisa menaikkan traffic. Artinya, dengan memanfaatkan SEO, artikel yang kamu produksi bisa berpotensi masuk di halaman pertama Google.

Penerapan SEO dalam website ini memiliki peranan yang besar. Teknik ini memang digunakan untuk menaikkan ranking di mesin pencari. Website dengan ranking tinggi ini kemudian akan mendapat kunjungan yang lebih tinggi. Hal ini kemudian akan berpengaruh terhadap performa web.

Website dengan performa yang baik akan mendapatkan banyak keuntungan. Situs tersebut akan mendapatkan lebih banyak kunjungan. Produk yang ditawarkan oleh pengelola situs pun akan semakin diketahui banyak orang. Artinya, secara tidak langsung SEO bisa meningkatkan pengetahuan produk bahkan penjualan.

Baca juga: Cara Membuat Desain Menggunakan Canva untuk Promosi Properti.

Tips Mudah Membuat Artikel SEO

(Kompas)

Ada banyak aspek yang perlu dikelola untuk bisa meningkatkan performa website dengan menggunakan SEO. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengunggah konten berupa artikel. Tentunya, artikel tidak bisa dibuat sembarangan. Anda perlu belajar SEO dan menerapkan teknik ini supaya artikel bisa tampil di laman awal mesin pencari. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan.

Tentukan kata kunci yang sesuai

Ketika melakukan pencarian, seseorang akan mengetikkan kata kunci di mesin pencari. Supaya artikel Anda bisa tampil dalam pencarian tersebut, Anda perlu memasukkan kata kunci yang sesuai. Kata kunci ini akan dikenali oleh mesin pencari sehingga artikel Anda bisa tampil. Pencarian kata kunci sendiri bisa dilakukan dengan berbagai tools seperti Google Ads Keyword Planner.

Masukkan kata kunci di artikel

Kata kunci yang telah Anda dapatkan kemudian perlu dimasukkan ke dalam artikel. Keyword ini tidak hanya disisipkan dalam isi saja, melainkan perlu ditulis di judul dan juga link. Memasukkan keyword dalam judul dan link akan membuat artikel lebih terindeks oleh mesin pencari sehingga bisa berada di laman awal pencarian.

Membuat link artikel

Artikel yang dibuat oleh Pins biasanya akan memiliki link otomatis. Link otomatis ini dibuat dengan menyesuaikan judul artikel. Hal ini tidak salah, namun Pins bisa membuat link sendiri yang lebih sesuai. Misalnya, artikel yang dibuat memiliki judul panjang seperti 7 Rekomendasi Apartemen Murah untuk Liburan di Bandung. Anda bisa membuat link menjadi lebih pendek yaitu apartemen-murah-di-bandung.

Memperhatikan panjang judul artikel dan komposisinya

Ketika belajar SEO, Anda juga tidak bisa mengabaikan pembuatan judul artikel. Judul akan sangat berpengaruh terhadap kinerja artikel. Umumnya judul artikel memuat 12 kata maksimal, jadi hindari menulis judul lebih dari itu. Hal ini disebabkan pembaca akan melihat judul terlebih dahulu sebelum klik ke artikel. Pastikan judul yang Anda buat tidak terlalu panjang dan sisipkan kata kunci utama di dalamnya.

Tambahkan gambar

Supaya tampilan artikel lebih menarik, Anda perlu menambahkan gambar di dalamnya. Gambar bisa berupa ilustrasi saja atau digunakan untuk membantu menjelaskan isi tulisan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan ukuran gambar. Gambar yang terlalu besar akan memenuhi memori dan membebani server sehingga dapat berpengaruh terhadap performa situs.

Masukkan keyword pada gambar

Anda juga bisa memasukkan kata kunci pada gambar dalam artikel. Kata kunci dapat Anda tuliskan sebagai judul atau pada kotak alt text di beberapa gambar. Memasukkan kata kunci dalam gambar akan membantu SEO artikel Anda. 

Tambahkan kata kunci pendukung pada artikel

Tips belajar SEO yang berikutnya yaitu menambahkan beberapa kata kunci lainnya. Selain kata kunci utama atau main keyword, Anda bisa memasukkan kata kunci pendukung lainnya di dalam isi artikel. Kata kunci tambahan ini akan berguna untuk kemungkinan pencarian keyword lain yang masih satu tema.

Pins dapat mulai belajar untuk menerapkan SEO pada berbagai unggahan di blog properti Anda. Beberapa poin di atas akan membantu SEO blog Anda supaya memiliki ranking lebih tinggi di mesin pencari. Semoga berguna, Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel