Ruang Edukasi Agen

Tingkatkan Penjualan

Pentingnya Melakukan Riset Pasar Properti untuk Tingkatkan Penjualan

Ditulis oleh Rizko Fatra ∙ 12 July 2021 ∙ 4 menit membaca

Sebuah bisnis properti harus memahami kondisi pasar terkini. Tujuannya untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen dan topik yang sedang hangat dibahas. Hal ini akan bermuara pada penentuan strategi pemasaran untuk menyesuaikan situasi di lapangan. Aktivitas untuk mengetahui keadaan real di lapangan bisa dengan riset pasar properti.

Pinhome – Riset pasar pada dasarnya bertujuan untuk mempelajari behavior konsumen. Misalnya saat ini 70% klien properti lebih senang mencari properti bergaya minimalis dengan tipe 45. Kemudian setelah mengetahui hal tersebut, Anda bisa menentukan langkah selanjutnya dalam menarik klien tersebut menjadi leads. Selanjutnya Anda bisa mulai mengumpulkan listing properti bergaya minimalis dengan tipe 45 dari berbagai area.

Bayangkan jika Anda tidak melakukan riset pasar, maka Anda akan susah untuk memahami permintaan klien saat ini. Rangkaian riset pasar properti bisa mencakup beberapa hal mulai dari perumusan masalah, tujuan riset, pengumpulan data, pengelolaan data hingga interpretasi (menyimpulkan) hasil yang ada. Untuk memahami penjelasan lebih terkait riset pasar, yuk baca dulu alasan penting di balik riset.

Alasan penting melakukan riset pasar properti

pasar properti
(Jet Orbit)

Seperti yang sudah disinggung di atas, riset pasar mempunyai peran penting dalam sebuah bisnis. Sebuah riset yang dilakukan untuk memahami demand bisa membantu pebisnis merangkai strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Nah, intip dulu alasan pentingnya riset pasar berikut yuk!

Menghemat biaya marketing

Aktivitas marketing pada umumnya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Biaya yang biasanya digunakan untuk marketing adalah penggunaan iklan digital marketing, endorse influencer, cetak brosur dan lain-lain. Namun, dengan melakukan riset pasar yang tepat, Anda bisa paham aktivitas konsumen. Misalnya setelah Anda meneliti ternyata klien properti potensial berkumpul dan berjejaring di Facebook group. Langkah selanjutnya Anda bisa gabung ke grup tersebut dan mempromosikan listing tanpa harus mengeluarkan biaya  iklan digital. 

Metode efektif membuat strategi pemasaran

Salah satu keunggulan riset pasar properti adalah Anda akan lebih mengetahui aktivitas klien. Misalnya klien Anda ternyata lebih suka mengakses informasi mengenai properti di TikTok. Nah, ini bisa Anda cari tahu apa alasan para klien menggunakan aplikasi tersebut. Secara garis besar aplikasi tersebut memberikan konten video yang edukatif dan sangat fun. Setelah Anda memahami behavior tersebut, maka Anda bisa mulai mempromosikan listing properti ke TikTok.

Mencegah bisnis merugi

Riset pasar properti bisa mencegah bisnis atau usaha Anda merugi. Pasalnya hasil riset yang Anda temukan akan menjadi panduan dalam membuat strategi bisnis ke depan. Ibaratnya hasil penelitian tadi akan menjadi bahan baku menggodok kegiatan marketing hingga penyusunan budget promosi selanjutnya.

Bagaimana cara melakukan riset pasar properti?

pasar properti
(Accounting Web)

Persiapan riset pasar properti sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu menentukan beberapa hal sebelum terjun ke lapangan.

Kumpulkan masalah 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum riset adalah mengumpulkan masalah. Selama Anda berbisnis properti pasti ada saja kendala yang terjadi. Kumpulkan masalah-masalah tersebut dalam kategori tertentu untuk memudahkan Anda menganalisisnya. Misalnya kendala mempromosikan properti, kendala membuat listing, kendala berkomunikasi secara online dengan klien dan lain-lain. Dengan begini konteks riset akan lebih spesifik.

Tentukan tujuan riset

Setelah Anda mengumpulkan masalah, langkah selanjutnya adalah membuat tujuan. Tujuan riset ini harus berkaitan dengan masalah yang ada. Misalnya masalah yang Anda kumpulkan adalah kesulitan mendapatkan klien potensial. Maka tujuan risetnya adalah untuk mendapatkan klien atau leads marketing. 

Tentukan metode mengumpulkan data

Selanjutnya Anda harus menentukan metode untuk mengumpulkan data atau penelitian. Misalnya Anda ingin mengumpulkan data kualitatif, Anda bisa melakukan survei ke target market Anda. 

Olah data yang terkumpul

Setelah melakukan pengumpulan data Anda perlu mengolah data tersebut. Analisis satu persatu dan bagaimana jawaban responden. Kelompokkan data yang terkumpul ke dalam kategori tertentu. Misalnya Anda menanyakan perihal gaya rumah favorit konsumen dan tipe rumah yang diminati. Kelompokan informasi yang Anda terima dari responden ke kategori di atas. Apabila data berupa angka maka carilah nilai rata-rata setiap kategori.

Lakukan interpretasi dari hasil yang terbentuk

Setelah Anda mengkategorikan dan mengolah data maka ini saatnya untuk menginterpretasi data. Artinya Anda perlu mencocokan hasil riset dengan hipotesis atau tujuan awal melakukan riset pasar.

Hasil dari penelitian tadi bisa Anda gunakan untuk menentukan langkah selanjutnya dalam bisnis Anda. Sampaikan dan paparkan informasi tersebut ke tim atau manajemen perusahaan agar mereka lebih memahami kondisi market saat ini. 

Itu saja Pins informasi yang berkaitan dengan riset pasar properti. Semoga berguna ya! Selamat melakukan riset.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel