Ruang Edukasi Agen

Komunikasi

Penting! Ini 8 Rahasia Komunikasi untuk Agen Properti

Ditulis oleh Bismaputra Jayasujana ∙ 6 May 2021 ∙ 4 menit membaca

Salah satu skill yang paling penting bagi agen properti adalah komunikasi. Semakin mahir Anda berkomunikasi, semakin tinggi kepercayaan customer dan akan memperbesar kesuksesan transaksi. Simak 8 rahasia komunikasi untuk agen properti dari Pinhome berikut ini!

Pinhome — Komunikasi untuk agen properti memegang peranan terbesar dalam kesuksesan sebuah transaksi. Jika skill ini dilakukan dengan lancar, Anda dapat memahami kebutuhan calon pembeli, memberikan rekomendasi yang paling tepat, meningkatkan kredibilitas Anda sebagai agen, hingga akhirnya customer mau melakukan transaksi properti tersebut. Ternyata, ada 10 rahasia komunikasi yang tak jarang dilupakan oleh agen properti, lho! Simak artikel ini hingga tuntas, ya.

1. Perhatikan penampilan dan bahasa tubuh

Sehari-hari, Anda akan perlu bertemu dengan calon pembeli secara langsung. Oleh sebab itu Anda perlu memperhatikan penampilan dan bahasa tubuh di depan customer untuk menciptakan kesan pertama yang baik. Tak perlu mewah, Anda cukup menjaga pakaian agar tampil profesional, pastikan Anda tampak percaya diri, jaga postur badan agar selalu tegap, dan selalu pasang senyuman saat bertemu dengan calon pembeli. Dengan demikian, customer akan melihat sosok Anda sebagai agen properti yang profesional, kredibel, namun tetap ramah dan bersahabat.

2. Pastikan Anda mendengar keinginan customer secara tuntas

Kemampuan dengar, atau listening, adalah salah satu hal yang penting dalam komunikasi untuk agen properti. Pastikan Anda mendengarkan apa yang diinginkan oleh calon pembeli secara detail, menyeluruh, dan jangan memotong pembicaraan. Jangan ragu untuk mengulang informasi yang Anda dapatkan dari perbincangan tersebut, dan ajukan pertanyaan-pertanyaan lanjutan untuk informasi yang Anda anggap belum jelas.

3. Fokus kepada calon pembeli di depan Anda

Saat berkomunikasi dengan calon pembeli atau customer, pastikan perhatian Anda tidak teralihkan oleh hal-hal lain, seperti notifikasi handphone, percakapan dengan rekan agen lain, suara-suara di sekitar Anda, dan sebagainya. Berikan perhatian menyeluruh untuk customer yang ada di depan Anda agar alur komunikasi tetap terjaga.

4. Jaga kontak mata

Kontak mata merupakan hal yang krusial dalam komunikasi untuk agen properti. Kontak mata terlalu sedikit, maka Anda akan kelihatan tidak dapat dipercaya; namun kontak mata berlebihan juga menciptakan kesan intimidatif. Solusinya adalah menjaga durasi kontak mata antara 10-15 detik, lalu alihkan sesaat. Jika calon pembeli merupakan pasangan suami istri, bagi kontak mata secara merata agar semua pihak dapat terlibat dalam proses komunikasi tersebut.

Jika Anda harus melakukan komunikasi secara online, pastikan kamera Anda menyala. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap Anda.

5. Bagikan cerita atau pengalaman Anda sendiri

Untuk mempercepat bonding dengan calon pembeli, tak ada salahnya untuk membagikan cerita atau pengalaman Anda sendiri; baik sebagai agen properti maupun pengalaman Anda sendiri dalam mencari rumah. Anda juga dapat berbagi kisah sukses Anda, namun pastikan kisah tersebut relevan dan tidak terkesan sombong.

6. Padat dan jelas

Walau terdengar klise, namun komunikasi untuk agen properti harus dilakukan secara padat dan jelas. Pastikan informasi yang Anda berikan kepada customer merupakan hal-hal yang memang penting untuk diketahui dan pastikan juga bahwa mereka memahami apa yang sudah Anda sampaikan.

7. Pastikan informasi yang Anda butuhkan sudah tersedia

Sebelum bertemu dengan calon pembeli, pastikan Anda sudah memiliki dan memahami seluruh informasi yang mungkin akan dibutuhkan. Jika Anda sedang menjual proyek tertentu, pastikan Anda memahami informasi detail mengenai proyek tersebut. Jika Anda ingin memberi rekomendasi, pastikan Anda mengetahui spesifikasi rumah dan detail lingkungan di sekitarnya.

Jangan ragu untuk menggunakan bantuan dari smartphone Anda. Aplikasi Rekan Pinhome, misalnya, dapat membantu Anda mengakses seluruh informasi listing secara cepat.

8. Latih kemampuan berkomunikasi Anda

Skill komunikasi untuk agen properti memang tak dapat langsung dikuasai dalam waktu singkat. Latihan dan pengalaman akan membantu Anda untuk dapat semakin lancar berbicara dengan customer. Jangan ragu untuk berlatih di depan kaca, berdiskusi dan memperhatikan cara kerja agen properti lain, atau mengikuti kelas-kelas online.


Dengan menguasai 8 rahasia komunikasi di atas, pasti Anda akan dapat menggaet lebih banyak calon pembeli serta meningkatkan kesuksesan transaksi. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store untuk membantu kelancaran berkomunikasi dengan customer!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Beralih Ke Agen Properti Modern Dan Tingkatkan Penjualan

Download Aplikasi Rekan Pinhome
Bagikan Artikel