Ruang Edukasi Agen

Komunikasi Online

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Online dengan Klien Properti

Ditulis oleh Rizko Fatra ∙ 18 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Pandemi yang menyerang seluruh dunia tak lantas menghentikan kegiatan transaksi selamanya. Walaupun di kuartal II-IV tahun 2020 sektor properti sedikit goyah, namun di awal 2021 nampaknya industri jual beli rumah mulai berbenah. Anda yang berprofesi sebagai agen properti pasti paham bahwa kehadiran pandemi menyebabkan Anda tidak bisa bertemu klien untuk memasarkan properti langsung. Namun, adanya teknologi digital memungkinkan Anda untuk bertatap muka dan berkomunikasi secara virtual. 

Pinhome – Kemampuan komunikasi secara virtual dengan klien menjadi kemampuan baru yang perlu dikuasai oleh Agen properti Pinhome. Pasalnya ada perbedaan yang cukup signifikan dalam menjalin komunikasi secara online. Pertanyaannya adalah bagaimana cara berkomunikasi yang baik? Oleh sebab itu penjelasan mengenai cara meningkatkan skill dalam berkomunikasi dan bernegosiasi secara daring perlu Anda simak.

Baca Juga: Mengenal Tipe Klien Dan Tips Komunikasi Dengan Klien Properti

Namun, sebelum memahami bagaimana cara meningkatkan kemampuan komunikasi dengan klien secara online, mari perhatikan perbedaan antara komunikasi online dan offline berikut.

komunikasi online
(Kumparan)

Perbedaan antara komunikasi offline dan online

Cek perbedaan antara komunikasi dengan klien secara offline dan online berikut,

Baca Juga: Penting! Ini 8 Rahasia Komunikasi Untuk Agen Properti

(Pinhome)

Nah, seperti penjelasan di atas ada perbedaan mencolok dan cukup signifikan dari komunikasi secara online dengan offline. Perbedaan ini tentu memberikan ruang bagi agen properti untuk lebih beradaptasi pada teknologi. 

Lalu, bagaimana cara agen properti meningkatkan kemampuan komunikasi secara online, ya? Apakah ada kursus tertentu yang harus diikut? Mari simak penjelasan berikut ini!

Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Online dengan Klien Properti

komunikasi online
(CNN)

Ini dia 5 poin penting untuk meningkatkan skill berkomunikasi dengan klien Anda saat promosi properti.

Pelajari Penggunaan Smiling Voice

Pernah mendengar apa itu smiling voice? Pins, sebenarnya istilah ini umum digunakan pada sektor Customer Service (CS). Para tenaga CS mengandalkan suara yang ramah, berempati, santun namun tetap profesional saat melayani para konsumen yang menyampaikan keluhan. Coba Anda ingat-ingat kembali kapan terakhir kali menghubungi operator provider atau bank? Mereka akan memanfaatkan teknik ini untuk berkomunikasi secara online dengan konsumen. Anda juga bisa menerapkan hal ini saat berkomunikasi dengan klien. Perhatikan intonasi bicara dan usahakan artikulasi Anda jelas saat berkomunikasi.

Belajar Membuat Presentasi yang Baik

Sudah menjadi hal wajar bahwa membuat presentasi adalah kebutuhan. Ketika Anda berprofesi sebagai agen properti, Anda dituntut untuk mampu menampilkan ide ke dalam presentasi yang informatif. Di masa pandemi seperti ini, kecil kemungkinannya klien ingin melakukan visit secara langsung dengan Anda. Sebagai alternatif, Anda bisa belajar membuat presentasi yang baik dan bagus. Sebagai pemula Anda bisa menggunakan media seperti Canva, Visme atau Snappa untuk mempercantik tampilan presentasi.

Pahami Waktu yang Tepat untuk Komunikasi

Terkadang karena sudah terlalu lama work from home, beberapa dari kita lupa siklus waktu bekerja. Sering sekali email yang terkait pekerjaan dikirim jam 9 atau 11 malam. Pada dasarnya tidak ada yang salah dengan hal ini karena tidak ada pihak yang dirugikan. Namun, mengirim email pada jam istirahat malam akan berpotensi tidak terbaca. Maka dari itu penting bagi Anda kapan harus melakukan follow up dan melakukan komunikasi dengan klien. Pastikan Anda menghubungi klien pada pukul 8 pagi – 5 sore. Untuk melakukan video call usahakan dilakukan pada jam 10 pagi – 3 sore.

Selalu Gunakan Reminder untuk Atur Jadwal Meeting 

Anda sering lupa jadwal meeting dengan klien? Atau klien Anda malah yang sering cancel tiba-tiba saat ada jadwal pertemuan dengan Anda? Nah, ada solusi jitu untuk meminimalisir hal-hal di atas. Anda bisa mulai menggunakan Google Calendar atau alat reminder lain untuk mengingatkan jadwal pertemuan online dengan klien. Mintalah email aktif klien lalu buat jadwal pengingat untuk pertemuan di Google Calendar. Ini bisa membantu Anda untuk lebih memperhatikan jadwal sehari-hari.

Tetap Berempati pada Lawan Bicara

Ingat, walaupun posisi Anda adalah agen properti dan ada target penjualan di depan sana, Anda dan klien adalah manusia biasa. Manusia yang sama-sama punya hati nurani, sensitivitas dan suka dihargai. Maka dari itu selalu tunjukkan rasa empati Anda kepada para klien. Misalnya ketika di tengah percakapan online, terdengar suara jeritan dan tangisan anak si klien, jangan langsung memasang wajah kesal. Walaupun mengganggu fokus Anda dalam presentasi, namun Anda bisa mengalihkan hal tersebut dengan tertawa ramah atau malah merespon dengan elegan seperti “Wah, seru ya di rumah WFH ditemani si kecil, Pak”. 

Aktif di Media Sosial

Sebagai agen properti kekinian di era digital, maka aktif di media sosial adalah keharusan yang harus Anda lakukan. Anda bisa tetap menjaga komunikasi dengan klien dengan membagikan konten di Instastory atau sekadar merespon pesan dan komentar yang masuk. Ini akan menjaga keintiman Anda dengan klien walaupun secara daring.

Nah Pins, itu saja informasi mengenai cara meningkatkan kemampuan komunikasi online dengan klien properti jarak jauh. Semoga pembahasan mengenai “bagaimana cara berkomunikasi yang baik secara online” bisa membantu Anda dalam berjualan properti. Kalau Anda sudah menerapkan hal yang mana nih? Yuk mulai implementasi hal-hal di atas satu persatu!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel