Ruang Edukasi Agen

Tingkatkan Penjualan

Mengenal SES, Adalah Cara untuk Lebih Efektif Menjual Properti

Ditulis oleh Safina Rahma ∙ 22 November 2021 ∙ 4 menit membaca

Dalam industri properti yang kompetitif, memiliki strategi pemasaran yang efektif sangat penting untuk menarik minat calon pembeli dan menjual properti dengan sukses. Salah satu aspek penting dari strategi pemasaran properti adalah melibatkan Socio-Economic Status atau SES.

Mengetahui latar belakang calon buyer bisa menjadi strategi supaya sukses melakukan penjualan properti, terutama ketika menjadi Rekan Agen Pinhome. Lalu, apa sebenarnya SES itu? Bagaimana SES bisa mempengaruhi penjualan properti? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini, Pins!

Pengertian SES Adalah

(Netralnews)

Socio-Economic Status atau SES adalah cara untuk mengelompokkan keluarga atau individu dengan melihat latar belakang sosial dan ekonominya. Pengelompokkan berdasarkan SES ini dilakukan berdasarkan berbagai kriteria dan juga riset. Klasifikasi yang dihasilkan pun dilihat melalui data, bukan sekadar kaya-miskin.

Riset SES biasanya dilakukan oleh sebuah lembaga. Di Indonesia sendiri, lembaga yang populer dalam melakukan penelitian SES adalah AC Nielsen. Lembaga riset ini mengukur status sosial ekonomi masyarakat Indonesia melalui beberapa variabel yaitu:

  • Pengeluaran rutin bulanan rumah tangga.
  • Sumber bahan bakar untuk memasak.
  • Sumber air minum.
  • Jumlah anggota rumah tangga.

Setiap variabel akan memiliki poin penilaian masing-masing. Hasil dari penilaian tersebut kemudian menjadi dasar pengelompokkan SES masyarakat Indonesia. Ada beberapa kategori SES AC Nielsen untuk masyarakat Indonesia yaitu:

  • SES A atau Upper 1
  • SES B atau Upper 2
  • SES C1 atau Middle 1
  • SES C2 atau Middle 2
  • SES D atau Lower 1
  • SES E atau Lower 2

Baca juga: Ini Dia Cara Tepat Jualan Rumah Saat Pandemi.

Kondisi SES Masyarakat Indonesia

ses adalah
(indonesiadata.id)

Survei kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia dilakukan oleh beberapa lembaga seperti AC Nielsen dan Badan Pusat Statistik (BPS). Salah satu komponen yang sangat mempengaruhi pengelompokan SES ini yaitu jumlah pengeluaran per bulan. Berdasarkan jumlah pengeluaran tersebut, didapatkan beberapa pengelompokkan SES masyarakat Indonesia.

Melihat hasil riset dari jumlah pengeluaran tersebut, didapatkan bahwa masyarakat Indonesia sebagian besar berasal dari kalangan menengah. Jumlah masyarakat yang berada di SES B dan C jumlahnya lebih banyak daripada kelompok lainnya.

Sebagai agen, fakta ini akan sangat membantu dalam melakukan penjualan properti. Hal ini penting karena kemampuan ekonomi memiliki pengaruh besar dalam keputusan pembelian properti. Terlebih membeli properti merupakan pengeluaran besar sehingga masyarakat akan memiliki berbagai pertimbangan salah satunya yaitu terkait kemampuan ekonomi.

Menggunakan SES untuk Mengetahui Potensi Klien

(Kiplinger)

Agen yang memahami SES masyarakat Indonesia akan bisa menyusun strategi penjualan properti yang tepat. Setiap kelompok SES memiliki kemampuan ekonomi dan minat yang berbeda terhadap properti. Tentunya, pendekatan seperti promosi dan pemasaran yang dilakukan juga perlu menyesuaikan minat ini supaya bisa lebih tepat sasaran.

Misalnya, Anda adalah agen properti yang fokus pada penjualan rumah subsidi. Properti ini dibuat khusus untuk masyarakat dengan penghasilan atau kemampuan ekonomi yang rendah. Melihat fakta ini, rumah subsidi akan lebih cocok untuk Anda pasarkan kepada masyarakat yang berada di SES D atau E.

Sedangkan masyarakat dengan SES di atasnya, yaitu C, B, dan A tidak akan cocok untuk ditawarkan rumah subsidi. Masyarakat dalam kelompok ini akan cenderung memilih untuk mengeluarkan uang lebih namun bisa mendapatkan properti yang sesuai keinginan seperti luasnya, lokasi, atau bentuk bangunan.

Meskipun begitu, Anda tetap tidak bisa menyamaratakan tawaran properti untuk ketiga kelompok di atas. Masyarakat kelompok B dan C memang mampu namun tetap memiliki batasan kemampuan ekonomi. Masyarakat kelompok ini akan lebih potensial untuk properti dengan harga ratusan juta. Sedangkan properti miliaran akan lebih cocok untuk masyarakat SES A.

Mengetahui latar belakang atau SES adalah pendekatan yang tepat untuk memudahkan penjualan properti Anda. Kemampuan sosial dan ekonomi akan berpengaruh terhadap kecenderungan, selera, dan pilihan properti. Semoga informasi ini berguna, Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel