Ruang Edukasi Agen

Marketing

Pentingnya Benchmarking untuk Menganalisis Kompetitor Bisnis Properti

Ditulis oleh Komarudin Subekti ∙ 23 May 2022 ∙ 6 menit membaca

Banyak dari kita tentu belum banyak yang tahu mengenai apa itu benchmarking ketika mendengar, hingga membacanya pada buku atau artikel bisnis. Padahal, kegiatan ini merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang sangat penting dan harus diketahui oleh manajemen.

Pinhome – Pastinya Anda sering mendengar istilah benchmarking, bukan? Tahukah Anda arti dari istilah tersebut? Benchmarking merupakan istilah yang sering digunakan ketika membandingkan sesuatu dalam dunia bisnis.

Bagi orang pemasaran istilah benchmarking bukan sesuatu yang asing. Istilah ini sering digunakan untuk menganalisis suatu produk atau bisnis dibandingkan dengan kompetitornya. Apa itu benchmarking dan manfaatnya untuk bisnis? Berikut penjelasannya

Mengenal Benchmarking dalam Dunia Marketing

(Mutu Pendidikan)

Benchmarking merupakan sebuah proses membandingkan perusahaan. Ini dapat berupa perbandingan produk atau aspek internal lainnya dengan kompetitor atau dengan pasar yang lebih luas.

Benchmarking dapat diterapkan terhadap produk, proses, fungsi atau pendekatan apa saja di dalam bisnis. Fokus dalam perbandingan ini mencakup pengukuran waktu, kualitas, biaya, efektivitas, hingga kepuasan pelanggan.

Ini adalah proses berkelanjutan yang dapat terus diandalkan oleh perusahaan untuk mengidentifikasi berbagai kemungkinan masalah dalam kinerja dan operasional.

Proses ini dilakukan untuk memeriksa bagaimana kompetitor mencapai kinerja tingkat tinggi dan proses yang mereka gunakan untuk mempertahankan kesuksesan tersebut.

Apa Saja Fungsi Benchmarking dalam Marketing untuk Menganalisis Kompetitor?

(Glints)

Benchmarking dibagi ke dalam beberapa jenis. Benchmarking yang membandingkan antar perusahaan sendiri termasuk ke dalam external benchmarking.

Jenis ini yang dikerjakan dengan membandingkan suatu perusahaan dengan perusahaan lain yang bergerak pada bidang industri yang sejenis. Jenis ini dibagi menjadi dua, yaitu:

Competitive Benchmarking

Competitive benchmarking adalah kegiatan yang dilakukan dengan membandingkan suatu perusahaan  dengan perusahaan lain yang dianggap sebagai kompetitor utama.

Non-competitive Benchmarking

Sedangkan non-competitive benchmarking adalah kegiatan yang membandingkan suatu perusahaan dengan perusahan lain dalam bidang industri yang berbeda. Jenis non-competitive benchmarking ini juga terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Functional Non-competitive, merupakan kegiatan membandingkan fungsi yang sama dari perusahaan yang berbeda pada berbagai bidang industri.
  • Generic Non-competitive, merupakan kegiatan membandingkan proses fundamental bisnis yang dinilai sama pada setiap perusahaan.

Lalu, apa fungsi proses benchmarking dalam dunia marketing? Berikut beberapa di antaranya.

Menyusun target bisnis yang jelas dan strategi bisnis yang relevan

Target bisnis tidak hanya tercantum dalam visi misi perusahaan atau dalam berbagai bentuk evaluasi kinerja karyawan saja. Anda juga dapat menyusun target ini setelah melakukan benchmarking dengan kompetitor.

Target bisnis ini menurut Forbes termasuk beberapa hal berikut.

  • Mendefinisikan kesuksesan dalam kerangka waktu yang realistis.
  • Membangun strategi inovasi yang memberikan dampak dan mendukung kebutuhan bisnis perusahaan secara keseluruhan.
  • Memantau progress target bisnis sesuai dengan kinerja, perubahan pasar, dan perubahan lain dalam perusahaan.
  • Selain target bisnis, benchmarking juga dapat dimanfaatkan untuk menyusun strategi bisnis yang relevan.

Strategi ini harus menjabarkan kriteria umum bisnis tanpa menentukan produk, peluang kemitraan, atau target investasi.

Melakukan benchmarking secara berkala akan membantumu meninjau strategi yang telah dibuat.

Dengan begitu, Anda bisa memastikan apakah strategi tersebut telah sesuai dengan target bisnis dan kebutuhan konsumen saat ini.

Mengembangkan infrastruktur perusahaan

Infrastruktur perusahaan termasuk database hingga standar operasional yang berlaku di perusahaan. Semua aspek ini adalah hal yang dapat digunakan dalam proses benchmarking.

Infrastruktur yang lengkap dan didukung dengan standar operasional yang baik akan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Karyawan akan lebih mudah berkomunikasi, mengambil keputusan, dan bertindak.

Ini adalah hal yang penting untuk kelangsungan sebuah perusahaan.

Untuk itu, benchmarking perlu dilakukan untuk mengetahui aspek apa saja dari perusahaan yang perlu dan bisa diperbaiki atau dikembangkan.

Memberikan motivasi kerja

Terkadang, Anda merasa pekerjaanmu hanya “jalan di tempat” saja. Tidak ada inovasi baru yang membuatmu bersemangat ketika bekerja.

Akibatnya, Anda mulai merasa bosan, jenuh, dan akhirnya mempengaruhi produktivitas dan tim.

Stagnasi dalam bekerja dapat diatasi dengan melakukan benchmarking. Hal ini bisa dilakukan dengan mengevaluasi kinerja dan membandingkannya dengan tim atau dengan tim lain dalam perusahaan.

Anda juga bisa melakukan benchmarking dengan menganalisis inovasi yang dilakukan oleh kompetitor. Anda melihat aspek mana saja yang bisa diperbaiki oleh tim dari hasil benchmarking tersebut.

Meningkatkan penjualan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, benchmarking adalah salah satu cara untuk menyusun strategi bisnis. Strategi bisnis yang relevan dapat meningkatkan penjualan secara efektif dan signifikan.

Ketika Anda melakukan benchmarking, pastinya akan lebih memahami bagaimana bisnis dan performa penjualanmu yang sebenarnya.

Anda dapat menganalisis bagaimana performa penjualan dibandingkan kompetitor.

Memahami hal ini dapat membantumu menyusun marketing campaign yang tepat untuk produk. Anda juga bisa menyusun penawaran yang mungkin tidak ditawarkan oleh kompetitor.

Apa Jadinya Jika Bisnis Tidak Melakukan Benchmarking untuk Menganalisis Pasar dan Kompetitor?

(Shift Indonesia)

Benchmarking adalah salah satu kegiatan yang kerap kali dilakukan oleh para pelaku bisnis. Bahkan, setiap perusahaan akan melakukan benchmarking pada periode tertentu. Hal ini tentu dikarenakan benchmarking memiliki banyak keuntungan dan manfaat apabila dilakukan, yaitu:

Pemantauan Kinerja

Dengan melakukan benchmarking, perusahaan akan dapat memantau kinerjanya. Mengapa demikian? Perusahaan akan lebih aware dengan kondisi dan kinerja yang dialami karena membandingkannya dengan perusahaan lain.

Alhasil, dengan melakukan benchmarking akan sangat mungkin suatu perusahaan dapat menerapkannya dan mengembangkan kinerja dari bisnisnya.

Mengetahui Kelebihan

Selain kinerja, perusahaan juga memiliki salah satu hal yang dapat dipertimbangkan, yaitu kelebihan. Dengan melakukan benchmarking, suatu perusahaan dapat mendevelop kelebihannya.

Hal tersebut feasible untuk dilakukan karena saat membandingkan dengan perusahaan lain, perusahaan tersebut akan mengetahui pada bagian mana mereka memiliki kelebihan mereka dan bukan tidak mungkin perusahaan tersebut akan memaksimalkan kelebihan yang dimiliki.

Analisis Pasar

Analisis pasar dapat dilakukan dengan benchmarking. Ya, perusahaan dapat melihat bagaimana kiprah dan kinerja perusahaan kompetitor di pasar. Perusahaan akan membandingkannya lalu mengidentifikasi dan mengembangkan apa-apa saja yang dapat membuat perusahaan unggul di pasar persaingan.

Evaluasi Berkala

Kekurangan dari perusahaan dapat ditemukan saat membandingkan dengan perusahaan lain. Oleh karena itu, dengan mengacu pada kekurangan perusahaan akan mampu memperbaikinya ke arah yang lebih baik. Itu adalah salah satu kekuatan utama dari proses benchmarking.

Jika perusahaan tidak melakukan proses benchmarking dengan baik, maka tidak akan bisa membaca kebutuhan pasar secara tepat. Hal ini tentunya akan menguntungkan kompetitor yang sudah melakukan kegiatan benchmarking dengan tepat.

Mau tidak mau, Anda sebagai pemilik perusahaan harus tetap melakukan proses benchmarking supaya dapat mengetahui keadaan pasar sebenarnya.

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel