Ruang Edukasi Agen

Wawasan Properti

Ingin Sukses di Bidang Properti? Pastikan Kamu Punya Koneksi ke Orang Ini

Ditulis oleh Komarudin Subekti ∙ 16 May 2022 ∙ 5 menit membaca

Hingga hari ini, masih banyak perbedaan pendapat seputar pentingnya jaringan atau koneksi di dunia kerja. Ada yang menganggap koneksi itu penting dan segalanya, ada pula yang menganggap koneksi wajib di bidang properti tidak terlalu penting karena bekerja sepenuhnya tentang keahlian dan pengalaman.

Pinhome – Ada sebagian orang yang mungkin kecewa karena menganggap koneksi dalam pekerjaan itu penting, tetapi ternyata tidak bisa memberikan bantuan yang signifikan di dalam pekerjaannya. Koneksi atau jaringan memang bukan segalanya dalam meraih kesuksesan. Tetap, kemampuan dan pengalaman juga dibutuhkan. Menggantungkan kelancaran dan kesuksesan pekerjaan sepenuhnya pada koneksi tentu merupakan hal yang salah.

Dalam dunia properti, koneksi wajib di bidang properti memang wajib dimiliki oleh Anda, para rekan agen. Hal ini untuk membantu melancarkan kesuksesan dalam karir dan pekerjaan. Jaringan atau koneksi ini memang bukan satu-satunya hal dalam meraih kesuksesan dalam bisnis properti. 

Koneksi dan jaringan memang diperlukan. Bukan untuk membantu Anda dalam meraih jalan pintas dalam meraih kesuksesan. Namun, agar bisa saling belajar dan berbagi ide bersama dengan orang yang lebih ahli. 

Mengapa Harus Sukses pada Bisnis Properti?

(Pixabay)

Bisnis properti merupakan sektor usaha yang memiliki prospek yang tinggi. Hal ini diukur dari tingginya tingkat pencarian properti setiap harinya. Oleh karena itu, bisnis properti ini sangat potensial dan termasuk mudah digeluti oleh para pemula. Untuk memulai bisnis properti, kita tidak perlu menjadi pembeli atau penjual properti lebih dahulu. Kita bisa mulai dengan menjadi agen properti dan kemudian mulai menawarkan berbagai produk properti yang sudah ada, bisa lewat iklan atau media lainnya.

Bisnis properti ini memiliki keuntungan dengan nilai jual yang cenderung naik setiap tahunnya. Selain harga yang cenderung naik setiap tahun, properti juga merupakan sebuah aset yang tidak akan terdampak oleh inflasi karena asetnya bukanlah berbentuk uang. Walaupun bukan menjadi pemilik properti, sebagai agen Anda juga tentunya membutuhkan modal. Maka dari itu, tetap persiapkan modal yang cukup untuk menyesuaikan dengan bisnis yang akan dilakukan.

Bila modal sudah cukup ketika menjadi agen properti, maka saatnya memulai bisnis sendiri. Lewat modal yang telah dimiliki, maka Anda dapat langsung berbisnis properti yang didasarkan dari hasil riset yang telah dilakukan. Dalam melaksanakan bisnis properti, Anda wajib memperhatikan kualitas dari produk yang dipasarkan. Untuk menambah ilmu dan wawasan, jangan segan untuk ikut pelatihan terkait dengan profesionalitas dalam menjadi rekan agen.

Koneksi Wajib dalam Bidang Properti

Dalam berbisnis di bidang properti, ada beberapa koneksi wajib dalam bidang properti yang perlu Anda jalin, di antaranya adalah :

Developer Perumahan

(Perkim)

Developer atau pengembang merupakan pelaku usaha yang membangun area atau kawasan hunian, seperti perumahan atau apartemen. Bentuknya bisa berupa sebuah lembaga atau instansi dalam bentuk perusahaan yang dimiliki swasta maupun pemerintah yang bergerak di bidang properti. Rekan agen tentunya akan berkaitan erat dengan developer, terutama dalam mendapatkan listing properti dan mendapatkan leads.

Loan Service

(Panelhar)

Loan service merupakan inti dari kegiatan operasional di dalam bisnis perbankan, khususnya pada proses pemberian kredit. Loan service dapat dilakukan oleh bank atau lembaga keuangan yang mengeluarkan pinjaman. Loan service dengan agen properti berhubungan terutama dalam proses pengajuan KPR.

Notaris

(Rumah)

Notaris merupakan pejabat umum yang memiliki kewenangan terkait dengan akta autentik. Profesi ini dijabat oleh para lulusan pendidikan hukum dan sudah memiliki lisensi resmi dari pemerintah dalam melakukan tindakan hukum, termasuk menjadi saksi resmi dalam penandatangan dokumen-dokumen penting, terutama yang terkait dengan jual beli atau sewa menyewa properti. Tentu, Anda sebagai rekan agen wajib memiliki hubungan baik dengan notaris untuk membantu konsumen menyelesaikan proses pembelian atau penyewaan propertinya.

E-commerce Properti

(Core)

Platform e-commerce properti seperti Pinhome memfasilitasi para agen properti untuk mendapatkan listing dan leads. Lewat kehadiran e-commerce ini, agen properti akan lebih terbantu karena seluruh proses juga dilakukan secara online tanpa manual. Dalam memasarkan listingnya, rekan agen juga akan dibantu penuh. Pinhome juga bisa membantu para agen properti untuk meningkatkan omzet, baik dari segi penjualan maupun proses pengajuan KPR. Agen properti berpotensi mendapatkan seluruh komisi penjualan dari setiap transaksi closing KPR lewat aplikasi Rekan Agen Pinhome.

Agen Properti dari Daerah Lain

(Intiland)

Agen Properti merupakan sebuah pekerjaan yang diperuntukkan bagi orang dengan keahlian khusus di bidang properti. Agen Properti tentunya harus membuktikan keahliannya dengan sertifikat yang terakreditasi. Selain bekerjasama dengan rekan agen yang satu wilayah, Anda juga wajib melakukan kerjasama dengan agen properti dari daerah lain agar bisa semakin sukses dalam mendapatkan listing dan proyek terbaru. Selain hal tersebut, ilmu dan wawasan baru juga bisa didapatkan.

Itulah beberapa koneksi wajib di bidang properti yang perlu Anda dekati. Semakin luas koneksi yang Anda jalin, tentunya akan semakin mudah pula dalam meraih kesuksesan.

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 
Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagikan Artikel