Ruang Edukasi Agen

Wawasan Properti

Intip Metode Pembayaran Properti Berikut, Yuk!

Ditulis oleh Rizko Fatra ∙ 16 August 2021 ∙ 3 menit membaca

Pembayaran menjadi salah satu proses transaksi dari pembelian properti. Pembayaran dilakukan untuk memenuhi hak penjual untuk mendapatkan senilai dana atau uang yang diberikan oleh pembeli. Fase pembayaran pun terdiri dari banyak variabel di antaranya adalah pembayaran properti, jasa-jasa administrasi, pembuatan sertifikat dan lain-lain.

Pinhome – Di dalam proses pembayaran properti, Anda akan mengenal beberapa metode pembayaran. Metode-metode pembayaran ini digunakan untuk membeli sebuah unit atau hunian mulai dari rumah tapak, apartemen, ruko, rukan, dan lain-lain.

Baca Juga: Tips Menentukan Harga Properti Yang Tepat!

Kita mengenal ada 3 metode pembayaran properti, yaitu cicilan menggunakan KPR untuk rumah dan KPA untuk apartemen, cash bertahap dan cash keras. Lantas, apa ya perbedaan 3 metode tersebut? Apakah semuanya bisa dilakukan oleh setiap orang? Lalu apakah prosesnya membutuhkan syarat dan ketentuan tertentu? Yuk kita simak bersama penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Cara Memperluas Jaringan Untuk Agen Properti

Metode Pembayaran Properti

Untuk membeli properti, ada beberapa metode yang disediakan oleh pihak penjual. Hal ini dilakukan dengan tujuan memberikan banyak opsi bagi masyarakat. Seperti yang kita tahu bahwa kondisi keuangan setiap orang berbeda, sehingga perlu adanya opsi yang beragam untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Berikut ini 3 metode pembayaran properti.

Kredit Pemilikan Rumah/Apartemen

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Apartemen (KPA), merupakan metode pembayaran atau pembelian properti dengan konsep cicilan. Metode pembayaran ini umumnya hanya bisa dilakukan oleh bank. Pihak developer atau penjual pun akan menyarankan konsumen untuk menghubungi bank terpercaya agar proses pengajuan pinjaman lebih aman. Di dalam pengajuan pinjaman dengan KPR/KPA biasanya konsumen akan diminta untuk melakukan serangkaian proses administrasi. Biaya ini di luar biaya pembelian properti dan uang DP. Jadi, jika Anda atau klien Anda ingin membeli properti dengan metode ini, pastikan konfirmasi ke pihak bank jumlah dana yang diperlukan untuk biaya tambahan tersebut.

Cash Bertahap

Cash bertahap adalah pilihan metode pembayaran properti yang bisa dilakukan selain cicilan KPR/KPA. Pada dasarnya metode pembayaran ini merupakan cicilan, namun dilakukan dalam jumlah besar yang frekuensinya ditentukan oleh kesepakatan antara pembeli dan penjual. Perbedaanya dengan metode KPR/KPA, pembayaran cash bertahap tidak akan memerlukan biaya tambahan. Namun, proses pembayaran dengan cash bertahap harus tetap diawasi oleh hukum dengan melibatkan notaris.

Cash Keras

Metode pembayaran dengan cash keras adalah pembayaran lunas di depan sebelum hunian bisa ditinggali. Pembayaran ini dilakukan secara kontan yang artinya tidak ada proses cicilan. Anda atau klien Anda bisa langsung memberikan sejumlah uang seharga properti yang akan dibeli. Walaupun proses pembayaran dilakukan secara lunas di depan, namun Anda atau klien harus tetap melakukan pengecekkan dokumen penting ke pihak developer atau penjual. Hal ini dilakukan agar proses transaksi tetap transparan dan memberikan kenyamanan pada kedua pihak yang melakukan transaksi.

Nah, jadi sudah paham ya beberapa metode pembayaran properti yang bisa Anda dan klien pilih? Sebelum membeli properti pastikan Anda dan klien menanyakan ke pihak penjual apakah metode-metode pembayaran di atas berlaku dalam membeli unit yang akan Anda beli. Semoga informasi di atas bermanfaat ya Pins!

Sumber cover image: Pixabay


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel