Ruang Edukasi Agen

Marketing

Bagaimana Cara Mencari Ide untuk Konten Marketing?

Ditulis oleh Komarudin Subekti ∙ 25 April 2022 ∙ 5 menit membaca

Apakah Anda pernah mendengar istilah content marketing, tetapi kurang yakin apa artinya lebih lanjut? Mungkin Anda juga bertanya-tanya, apakah seorang rekan agen juga bisa menjadi content marketer? Ide konten marketing sebetulnya bisa dicari oleh semua orang dan dari kalangan mana saja.

Pinhome – Melansir dari Forbes, content marketing adalah salah satu strategi marketing di dalam membuat dan menyebarkan konten yang bersifat relevan, memiliki nilai, dan berkonsisten untuk menarik perhatian publik atau audiens yang dituju. Meskipun demikian, content marketing bukan hanya membuat konten saja, tetapi juga memiliki tujuan untuk menciptakan hubungan yang kuat dengan para audiens dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, ide konten marketing harus benar-benar dibuat serelevan mungkin agar bisa memberikan perasaan butuh dari para audiens yang nantinya bisa memiliki kedekatan emosional dengan konten tersebut.

Apa Itu Ide Konten Marketing?

(Gmedia)

Pastinya Anda sudah sudah tahu, apa itu ide. Ide merupakan gagasan atau pemikiran akan sesuatu yang ingin dicapai. Ide konten marketing sendiri bisa diartikan sebagai gagasan dalam membuat sebuah konten marketing yang bisa berdampak kepada para audiens.

Di dalam dunia bisnis masa kini, menciptakan konten marketing yang menarik menjadi hal yang wajib dilakukan bila ingin mendapatkan kemajuan bisnis. Lewat konten marketing yang menarik, Anda bisa menciptakan relasi yang kuat terhadap klien atau para pelanggan. Ditambah, saat ini aktivitas marketing sudah difokuskan ke dalam bentuk digital marketing yang lebih banyak fokus terhadap konten yang disajikan.

Definisi dari The Content Marketing Institute mengatakan jika praktik tersebut sebagai sebuah pendekatan pemasaran yang strategis, berpusat pada pembuatan dan penyaluran konten yang bernilai, konsisten, dan tentunya relevan agar semakin menarik target pasar yang dituju. Agar bisa berhasil menarik perhatian target pasar, konten yang dibuat tentunya harus menarik, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari para target yang dituju.

Mencari Ide Konten Marketing Itu Penting

(Forbes)

Mencari ide konten marketing itu sangat penting. Kondisi pasar yang bergerak sangat dinamis saat ini membuat sebuah konten kadang tidak bertahan lama di tengah audiens. Itulah sebabnya, pencarian ide konten marketing sangatlah penting agar konten yang dihasilkan juga bisa semakin beragam dan memenuhi keinginan pasar.

Strategi bisnis yang baik memang sangat dibutuhkan untuk mencari audiens sebagai target sasaran agar mereka mau membeli, menggunakan, melihat, atau sekadar tahu tentang produk yang Anda pasarkan. Nah, di sini ada 4 tahapan yang ada di dalam siklus pembelian, yaitu :

Awareness

Audiens sebenarnya tahu dengan produk yang Anda jual. Namun, apakah mereka benar-benar membutuhkannya? Di sini tugas seorang content marketer berperan, yaitu membangkitkan kesadaran atau awareness audiens agar mereka merasa butuh produk yang Anda tawarkan.

Riset

Sesudah audiens sadar dan tertarik dengan produk yang Anda pasarkan, maka selanjutnya mereka akan mencari tahu lebih detail produk tersebut atau riset terlebih dahulu. Riset yang mereka lakukan bisa dari berbagai bentuk, biasanya dari sisi keunggulan dan keunikan produk atau dari kebutuhan mereka sendiri.

Consideration

Sesudah melakukan riset yang mendalam terhadap produk yang Anda tawarkan, audiens akan mempertimbangkan kembali sebelum memutuskan untuk membeli produk. Mereka akan mulai membandingkan produk dengan merek lain, dari sisi harga atau kualitas. 

Pembelian

Pada tahap akhir, audiens akan memberikan keputusan akhirnya untuk membeli produk yang ditawarkan sesuai dengan keinginan kebutuhannya.

Di dalam strategi content marketing, tujuan utama Anda hanya pada tahap aware dan pembelian saja. Tentunya audiens diharapkan bisa langsung ke tahap pembelian tanpa perlu ragu sehingga butuh riset dan pertimbangan sebelum membeli.

Bagaimana Jika Ide Tidak Muncul secara Rutin?

(Medium)

Ide konten marketing memang penting dan wajib dicari agar konten yang akan dibuat terkesan menarik dan banyak diminati. Ide ini tentunya merupakan sesuatu yang mahal karena perlu proses dan effort untuk mendapatkanya dengan bagus. Lantas, bagaimana bila ide tidak kunjung muncul secara berkala?

Ide memang sebaiknya dikeluarkan secara rutin agar tidak terus berkembang di kepala. Ingatlah jika diri Anda masih manusia biasa, sehingga perlu rehat sejenak untuk bisa lebih segar dan mendapatkan ide baru. Agar ide konten marketing bisa tercipta dengan baik, Anda juga butuh istirahat untuk mengosongkan pikiran sehingga dapat terisi dengan berbagai ide baru yang lebih segar.

Cara Menggunakan Alsoasked dan Answerthepublic?

Untuk mulai membuat ide konten marketing, Anda bisa memulainya lewat 2 alat, yaitu Alsoasked dan Answerthepublic.

Alsoasked

Membuat ide konten marketing tidak boleh asal-asalan. Anda perlu menggunakan berbagai sub topik tertentu yang sering dicari oleh audiens lewat internet. Solusi untuk mengetahui topik-topik apa yang sedang booming untuk ide konten marketing ini bisa menggunakan Alsoasked.

Bagaimana memulai mencari topik di Alsoasked? Berikut caranya :

(Alsoasked.com)
  • Ketikkan kata kunci untuk mencari daftar pertanyaan yang ingin dibuatkan kontennya, misalnya rumah.
  • Klik tombol search untuk mulai mencari daftar pertanyaan, tunggu sampai loading selesai.
  • Akan muncul beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait kata kunci yang dicari.

Setelah menemukan daftar pertanyaan, Anda bisa memulai membuat konten pilar Anda sendiri nantinya berdasarkan ide yang telah didapat.

Answerthepublic

Website satu ini merupakan salah satu SEO tool terbaik yang bisa dicoba untuk mencari ide konten marketing. Tampilan website-nya juga cukup menarik. Untuk bisa memulai mencari topik di Answerthepublic, Anda bisa mulai dengan :

(Answerthepublic.com)
  • Masukkan kata kunci yang diinginkan.
  • Klik tombol search.
  • Hasilnya akan muncul dalam sekejap dengan banyak versi, seperti pertanyaan, preposisi, perbandingan, dan lain-lainnya.

Nah, bagaimana? Apakah Anda sudah mengembangkan ide konten marketing untuk listing properti yang dimiliki?

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel