Ruang Edukasi Agen

Wawasan Properti

Hal Penting Saat Pemotretan Listing Agar Gambar Ruangan Menarik!

Ditulis oleh Rizko Fatra ∙ 7 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Proses pemotretan listing merupakan bagian dari pembuatan listing properti untuk mendapatkan gambar ruangan menarik. Aktivitas ini penting agar Agen perumahan mempunyai dokumentasi properti yang akan dijual dan bisa digunakan sebagai aset. Namun, pernahkah Anda bertanya hal penting apa yang harus diperhatikan saat pemotretan listing?

Pinhome – Pada dasarnya proses pemotretan listing cukup mudah. Anda bisa mengikuti aturan atau urutan yang telah Pinhome sediakan di bawah ini. Namun, Anda harus memahami terlebih dahulu penjelasan dasar mengapa perlu menjadwalkan proses pemotretan sendiri dan hal apa yang harus diperhatikan saat pemotretan listing.

Jika ada rekan Anda yang bertanya, “ngapain repot-repot mengadakan agenda pemotretan listing? toh, tinggal foto pake handphone saja gampang, kok!”

Betul, memang foto listing bisa menggunakan handphone dengan resolusi tinggi atau kamera DSLR. Namun, agenda pemotretan listing perlu persiapan yang matang. Mula-mula Anda harus menentukan dulu hari yang pas, pastikan juga sesi foto dilakukan siang hari saat cahaya matahari terang benderang. 

Persiapan Untuk Sesi Pemotretan Listing

Lalu hal-hal apa yang harus diperhatikan saat proses pemotretan listing ya? Bagaimana mendapatkan gambar ruangan menarik agar terlihat bagus saat diunggah ke media sosial? Mari cek penjelasan berikut!

Persiapan 7 Hari Sebelum Pemotretan Listing

Anda harus mempersiapkan pemotretan listing H-7 sebelum agenda tersebut dilaksanakan. Beberapa hal yang harus Anda persiapkan adalah sebagai berikut,

Terkait Properti yang akan difoto

  • Cari tahu apa yang menjadi fitur terbaik dari properti tersebut misalnya ruang tamu yang luas, taman yang luas, kamar tidur yang berdesain minimalis dan lain-lain.
  • Tentukan urutan mengambil gambar di setiap ruangan. Anda bisa memulai dari bagian depan lalu lanjut ke area belakang.
  • Apabila Anda mengundang fotografer untuk membantu Anda, pastikan Anda memahami lokasi tersebut apakah mempunyai area parkir kendaraan atau tidak. Segera informasikan hal itu ke fotografer agar mereka dapat bersiap-siap.
  • Jadwalkan waktu pembersihan dan penataan sebelum pemotretan.

Administrasi

  • Hubungi pemilik properti dan fotografer sebagai bentuk konfirmasi
  • Apabila rumah kosong, buat playlist musik yang sekiranya cocok dengan suasana agar pemotretan bisa lebih nyaman.

Hari Pelaksanaan

Pada saat hari H atau haru pelaksanaan, Anda tentu juga harus mengetahui hal-hal yang harus dilakukan. Beberapa hal tersebut di antaranya adalah, 

Terkait dengan Properti

  • Siapkan minuman dan makanan ringan yang bisa Anda konsumsi bersama fotografer dan team lain.
  • Siapkan speaker, kabel, dan kebutuhan elektronik lainnya yang sekiranya membantu.
  • Nyalakan semua lampu agar mendapat cahaya tambahan saat foto properti.
  • Pastikan semua sampah dan toilet telah dibersihkan

Tentang Anda

  • Siapkan kartu nama
  • Gunakan pakaian yang profesional
  • Perkenalkan diri ke fotografer Anda belum pernah bertemu atau lakukan jabat tangan

Apa yang harus dilakukan setelah pemotretan selesai?

Setelah agenda foto selesai, bukan berarti Anda langsung meninggalkan lokasi ya. Sebagai Agen properti kita juga perlu memiliki tata krama dalam berhubungan dengan pemilik properti dan rekan kerja.

Tentang Properti

  • Bersihkan properti dari segala sampah dan rapikan kembali seperti semula
  • Kunci semua pintu, jendela, dan jalur masuk yang mungkin
  • Kembalikan kunci sesuai dengan instruksi pemilik properti

Perihal Administrasi

  • Sampaikan terima kasih dengan cara mengirim email dan WhatsApp ke pemilik properti dan juga tim fotografer setelah acara pemotretan usai.

Tips dan Trik Mengambil Foto

Perhatikan angle foto atau sudut ruangan

(Qwords)

Ada perbedaan yang mencolok ketika Anda mengambil gambar dari bawah sebuah objek, sejajar dengan objek, atau dari bagian atas objek. Ini akan menghasilkan foto dan perspektif yang berbeda pula. Anda perlu tahu angle mana yang cocok untuk pengambilan sebuah ruangan.

Angle Depan

(Arcadia Design Architect)

Ini adalah contoh angle untuk mengambil foto ruang keluarga atau ruang utama dalam sebuah rumah. Ambil dengan ukuran wide, menggunakan cahaya yang cerah. Hal ini menjadikan gambar yang Anda ambil mampu mencakup semua sisi di ruang utama.

Angle Samping

(Viva.co.id)

Ini adalah pengambilan gambar dari angle samping. Di foto tersebut, fotografer ingin mengambil area makan malam serta bagian tangga. Sehingga pada gambar ini seolah-olah ingin mengabadikan bagian belakang rumah yang juga bisa terhubung ke lantai dua karena nampak tangga tersebut.

Angle Bawah

(Deagam Design)

Fotografer ingin mengambil bagian lantai satu dan dua secara bersamaan, maka angle bawah adalah cara tepat untuk memotret ruangan ini. Anda akan melihat tampak dua lantai yang tertangkap kamera sehingga calon pembeli bisa merasakan bahwa rumah ini luas.

Perhatikan Cahaya yang digunakan

(Rumah Minimalis)

Gunakan pencahayaan alami dari sinar matahari. Apabila memang sumber cahaya matahari yang masuk ke rumah sedikit, pastikan lampu di rumah menyala untuk cahaya utama. Jika Anda ingin memberikan hasil maksimal, bawa lampu sorot atau ring light dengan ukuran besar untuk memberikan cahaya tambahan pada sesi foto. Terkadang penggunaan flash masih kurang memberikan efek terang pada hasil foto properti.

Ruangan Apa Saja yang Perlu Anda foto?

Beberapa ruangan yang perlu difoto untuk keperluan listing adalah seperti,

  • Bagian depan rumah mulai dari tampak teras dan pintu
  • Ruang tamu dan ruang keluarga
  • Kamar tidur dan kamar mandi
  • Dapur dan ruang makan
  • Taman depan dan belakang

Jika rumah yang akan dijadikan listing merupakan rumah mewah, maka pastikan juga Anda mengambil gambar seperti,

  • Area tangga
  • Area lantai dua
  • Kamar pembantu
  • Kolam renang dan teras belakang

Nah itu saja beberapa hal yang harus diperhatikan saat proses pemotretan listing. Semoga bermanfaat ya Pins untuk membantu Anda mendapatkan gambar ruangan yang menarik!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti

Bagikan Artikel