Ruang Edukasi Agen

Marketing

Apakah Guerilla Marketing Adalah Strategi Tepat Berjualan Properti?

Ditulis oleh Safina Rahma ∙ 17 February 2022 ∙ 4 menit membaca

Di dalam dunia pemasaran, ada banyak strategi yang bisa diterapkan. Penggunaan strategi ini bisa membantu pemasaran menjadi lebih efektif sehingga dapat menarik lebih banyak klien. Guerilla marketing adalah salah satu contoh strategi untuk mencapai hal ini.

PinhomeGuerilla marketing tentunya berbeda dengan strategi pemasaran lainnya. Strategi pemasaran ini cukup banyak digunakan oleh marketer karena memiliki pengaruh besar dalam menarik pelanggan. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini, Pins!

Apa Itu Guerilla Marketing?

Guerilla marketing atau pemasaran gerilya adalah teknik pemasaran yang menggunakan elemen spontan dan kejutan. Elemen ini sangat penting dalam pemasaran gerilya karena bisa menarik perhatian konsumen dengan lebih efektif.

Supaya bisa menghasilkan unsur surprise yang tepat, marketer perlu untuk memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. Marketer perlu untuk memproduksi promosi yang unik, spontan, dan kreatif sehingga akan langsung menarik perhatian audiens. Terlebih, di masa seperti sekarang ini yang memungkinkan suatu konten untuk viral di sosial media.

Kelebihan dari Pemasaran Gerilya

Guerilla marketing adalah strategi pemasaran yang cocok digunakan untuk menarik pelanggan lama. Meskipun begitu, media promosi yang viral juga bisa menarik banyak pelanggan baru. Hal inilah yang membuat strategi ini unggul dan disukai. Selain itu, ada juga berbagai kelebihan lain dari guerilla marketing, di antaranya yaitu sebagai berikut.

Mudah untuk viral

Pemasaran dengan strategi guerilla ini menekankan pada unsur kejutan dan juga kreatif. Kedua unsur ini memungkinkan media promosi untuk lebih mudah viral. Terlebih, adanya media sosial membuat produk untuk lebih mudah untuk menyebar di masyarakat.

Bisa lebih hemat

Keunggulan lain dari guerilla marketing adalah tidak membutuhkan biaya yang banyak. Marketer bisa menekan biaya pemasaran jika menggunakan teknik ini. Marketer tidak perlu menggunakan anggaran promosi yang besar, asalkan kreatif dan bisa menarik perhatian audiens.

Membangun kesan dekat dengan pelanggan

Penggunaan strategi ini juga bisa digunakan jika marketer ingin membangun kedekatan dengan pelanggan. Strategi ini cocok untuk menyampaikan pesan promosi dengan kuat. Hasilnya, pelanggan pun akan merasakan kedekatan emosi dengan produk.

Adanya kemungkinan kolaborasi

Guerilla marketing juga memungkinkan berbagai brand untuk melakukan kolaborasi. Kolaborasi ini bisa dilakukan bersama merek yang sejenis atau tidak ada hubungannya sama sekali. Cara ini efektif untuk menarik perhatian pelanggan dari merek-merek yang terlibat.

Baca juga: Pentingnya Memiliki Mentor Bisnis Pada Usaha Properti.

Contoh Penggunaan Guerilla Marketing

Melihat banyaknya kelebihan dari guerilla marketing, tak mengherankan jika strategi ini telah digunakan banyak perusahaan. Berikut ini beberapa contoh dari pemasaran gerilya.

Contoh 1: Axe

Axe menggunakan strategi guerilla marketing yang unik. Axe menempelkan stiker berupa para wanita yang mengejar pria yang ada pada tanda keluar. Penempatan stiker ini simpel namun berhasil menangkap perhatian banyak orang. Selain itu, Axe juga bisa menyampaikan pesan produknya yang wangi sehingga bisa menarik banyak wanita.

Contoh 2: McDonald’s

Perusahaan makanan cepat saji McDonald’s juga menggunakan strategi pemasaran ini. McDonald’s memanfaatkan zebra cross di jalanan umum dan mengecatnya sesuai bentuk kentang gorengnya yang terkenal. Hal ini tentu menarik perhatian banyak orang yang melintas. Media pemasaran ini juga menarik untuk difoto.

Contoh 3: It

Berbagai film seperti ‘It’ juga menggunakan strategi ini untuk menarik perhatian banyak orang. Teknik pemasaran dari film ini sangat sederhana yaitu mengikat balon berwarna merah di tutup saluran air. Balon merah tersebut tentu akan menarik perhatian banyak orang. Kemudian, di dekat saluran air tersebut, marketer ‘It’ memberi tulisan berisi promosi film ini.

Apakah Strategi Ini Cocok untuk Bisnis Properti?

Pada bisnis properti, guerilla marketing memang tidak banyak digunakan. Kebanyakan pengusaha di bidang ini lebih memilih strategi tradisional yang lebih aman dan juga terbukti bisa mendatangkan keuntungan. Namun, bukan berarti strategi ini tidak bisa digunakan dalam bisnis properti, terlebih jika Anda butuh untuk menarik perhatian banyak orang.

Guerilla marketing bisa menjadi strategi tepat dalam memasarkan properti. Teknik ini memungkinkan Anda untuk bisa menjangkau audiens dengan cepat, efektif, dan murah. Anda perlu mengerti tujuan pemasaran dan juga target audiens. Kemudian, bisa memilih taktik pemasaran yang akan digunakan seperti menjadi sponsor, bekerja sama dengan bisnis lain, mengadakan kontes, dan lain sebagainya.

Menggunakan guerilla marketing adalah salah satu cara cepat jika Anda ingin mendapatkan perhatian banyak orang. Strategi ini akan berguna terutama jika Anda masih merintis bisnis.

Sumber Foto Cover: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel