Ruang Edukasi Agen

Marketing

Mengenal Apa itu Cross Promotion atau Cross Marketing

Ditulis oleh Komarudin Subekti ∙ 16 May 2022 ∙ 6 menit membaca

Istilah cross marketing pastinya sudah sering Anda dengar sehingga tidak asing. Namun, apakah Anda juga tahu dengan detail apa itu cross marketing sebenarnya? Padahal, tentunya kita juga sudah sering menjumpai praktik ini pada saat membeli barang di pasar, di supermarket, hingga marketplace.

Pinhome –  Pada saat mempromosikan sebuah produk, kita dapat memikirkan untuk  berkolaborasi dengan pemilik produk atau perusahaan lainnya. Hal ini biasanya dilakukan dengan cara memilih perusahaan atau produsen yang bukan kompetitor langsung, tetapi mereka memiliki produk yang bersifat melengkapi produk yang kita miliki. Misalnya, produk teh yang sekaligus akan ditawarkan ke konsumen dengan gula. Hal ini yang kemudian dinamakan dengan strategi cross promotion atau cross marketing. Strategi ini tentunya memiliki banyak sekali keuntungan, seperti menghemat biaya promosi, saling menguntungkan berbagai pihak, gampang dilakukan dengan hasil yang maksimal, serta bisa menawarkan produk secara terus menerus.

Mengenal Cross Promotion atau Cross Marketing

(Paperlit)

Cross promotion atau cross marketing terjadi ketika ada lebih dari satu brand yang bekerjasama untuk memasarkan produk mereka ke pelanggan secara bersama-sama. Bergabung dengan produsen atau perusahaan yang sama-sama kredibel dan mencapai target yang sama bisa membuat penawaran yang lebih efisien dan memberikan penawaran serta layanan yang gampang diingat oleh para pelanggan.

Cross marketing juga dipakai agar dapat berada di depan dalam posisi persaingan pasar yang kini sangat ramai, semua jenis bisnis, organisasi, dan institusi sangat antusias menggunakan pendekatan ini untuk “menyingkirkan pesaing lebih besar” dari pasar. Cross promotion termasuk juga ke dalam penawaran bundel, penampilan bersama-sama dalam media, dan marketing yang terhubung dengan teknik-teknik non konvensional. Strategi marketing ini mencakup di dalamnya, seperti video kolaborasi, co-branding, iklan bersama, dan lain-lainnya.

Aktivitas cross promotion sangat berpotensi dalam memberikan hasil pemasaran yang lebih besar. Hal ini karena masing-masing mitra bisa sukses berkembang lewat basis pelanggannya masing-masing. Strategi ini dapat pula dijadikan sebagai cara yang baik dalam memangkas biaya pemasaran dengan bekerjasama antar mitra.

Umumnya, cross marketing ini digunakan dalam kegiatan promosi sebuah produk atau jasa oleh sebuah perusahaan. Bukan hanya bertujuan untuk memangkas biaya promosi, hal ini juga dapat memberikan kesempatan dalam mengenalkan produk atau jasa ke khalayaknya yang berbeda-beda. Cross promotion juga bisa diartikan sebagai kegiatan strategi marketing yang konsumen dari produk tersebut adalah target konsumen dari produk lain juga yang berhubungan. Seperti pada contoh di atas, gula dan teh, produk yang berbeda, tetapi saling berkaitan.

Fungsi dari Strategi Marketing Cross Marketing

(Ideoworks)

Strategi cross marketing ini tentunya memiliki beberapa fungsi, yaitu :

Sarana Meningkatkan Loyalitas

Teknik cross marketing ini dapat membantu dalam peningkatan loyalitas pelanggan di kemudian hari. Masing-masing pelanggan atau konsumen pastinya membeli sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan atau sekadar melampiaskan hasrat keinginan. Contohnya, ketika kita membeli makanan untuk memuaskan rasa lapar. Di dalam teknik cross marketing, penjual dapat menawarkan produk lain untuk menyempurnakan produk utamanya.

Untuk melengkapi hal tersebut, penjual bisa saja menyediakan menu minuman yang dapat ditawarkan bersama dengan menu makanan. Dengan begini, sebagai pembeli tentunya Anda akan merasa bila semua kebutuhan bisa didapatkan pada satu penjual saja. Sebagai pembeli, Anda pastinya tidak perlu ke tempat lain karena segala kebutuhan bisa terpenuhi di satu tempat saja.

Memperkuat Hubungan

Pada saat menerapkan strategi ini, Anda bukan hanya fokus pada peningkatan penjualan saja. Teknik ini juga sebagai salah satu usaha untuk mencari kebutuhan pelanggan sebelum mereka mulai mencari. Menawarkan produk lain yang juga dibutuhkan oleh pelanggan pastinya dapat membuat pelanggan merasa dihargai dan diperhatikan. Dengan dihargai dan diperhatikan, tentu pelanggan akan merasa menemukan solusi lewat produk yang Anda jual tersebut.\

Mengoptimalkan Penjualan

Fungsi utama dari strategi cross marketing ini pastinya untuk mengoptimalkan penjualan. Penawaran produk lain secara terpisah atau dalam satu paket tertentu pastinya dapat memberikan dampak baik bagi setiap penjualan. Hal ini tidak menutup kemungkinan jika produk yang kurang laku di pasaran dapat terjual secara cepat. Nah, inilah salah satu keunggulan dari cross promotion atau cross marketing. Anda dapat mengoptimalkan penjualan sebuah produk dengan bantuan dari produk lainnya yang melengkapi.

Keuntungan Melakukan Cross Promotion

(Sisternet)

Berikut ini adalah keuntungan dalam melakukan cross promotion :

Win Win solution

Kedua belah pihak perusahaan tentu akan mendapatkan manfaat dari usaha promosi saling silang ini. Jika cross promotion dilakukan antar produk dalam satu perusahaan, maka kedua produk bisa terjual secara maksimal. Tidak akan ada yang dirugikan dalam strategi marketing yang demikian, semuanya akan sama-sama mendatangkan untung.

Pengurangan Biaya

Cross promotion bisa menjadi salah satu langkah bisnis untuk menjaring lebih banyak pelanggan dengan biaya yang lebih terjangkau. Strategi ini akan memerlukan investasi keuangan yang lebih sedikit dibandingkan dengan metode marketing konvensional atau tradisional.

Ekuitas Brand Meningkat

Lewat kerjasama dengan partner besar atau brand dengan nama yang sudah populer maka brand yang Anda miliki dapat turut dikenal. Hal ini akan meningkatkan ekuitas dari brand milik Anda tanpa perlu repot-repot melakukan hal lebih.

Teknik Melakukan Cross Promotion atau Cross Marketing

(Dmexco)

Jika Anda ingin melakukan teknik cross promotion atau cross marketing, bisa dengan mencoba teknik berikut ini :

Kerjasama dengan Partner, Bukan Pesaing

Bekerjasama dengan brand yang bukan pesaing merupakan langkah yang tepat untuk meluaskan bisnis yang Anda kelola ke pasar yang baru. Beberapa partner yang bisa Anda ajak berkolaborasi, contohnya :

– Influencer

– Bisnis Lokal

– Bisnis di luar niche Anda saat ini

– Organisasi nirlaba

Sebelum membuat konten, Anda dan partner wajib lebih dulu membahas sifat-sifat kontennya, tone, dan ulasannya agar bisa relevan dengan target pasar masing-masing mitra.

Unggah ke Media Sosial

Media sosial saat ini merupakan salah satu alat pemasaran yang cukup ampuh dan terbukti dapat memberikan pengaruh terhadap pengambilan keputusan oleh calon konsumen. Sekitar 46% keputusan konsumen ini dipengaruhi oleh berbagai macam promosi yang ada di media sosial. 

Cross Promotion pada Marketing Konten

Marketing konten juga menjadi salah satu strategi pemasaran daring yang semakin populer. Banyak orang yang masuk ke dunia daring dalam rangka mencari konten yang sesuai, menarik, dan lebih segar. Strategi mempromosikan konten pemasaran lewat cross promotion di media sosial merupakan salah satu cara terbaik untuk memperluas jangkauan ke pasar baru.

Nah, itulah beberapa hal terkait cross promotion yang bisa Anda ketahui. Tertarik untuk memulainya?

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel