Ruang Edukasi Agen

Komunikasi

Cara Mudah Membangun Loyalitas Pelanggan

Ditulis oleh Rizko Fatra ∙ 16 August 2021 ∙ 4 menit membaca

Menurut KBBI, definisi loyalitas adalah kepatuhan atau kesetiaan. Loyalitas adalah sebuah penghargaan dan sesuatu yang tak ternilai harganya. Anda tidak bisa mendapatkan loyalitas hanya dalam sekejap. Untuk mendapatkan loyalitas dari pelanggan Anda perlu berusaha. Diperlukan sifat jujur, dapat dipercaya (amanah), solutif, ramah, dan kepemimpinan (leadership)yang baik untuk mendapatkan kesetiaan pelanggan.

Pinhome – Membuat orang atau klien menjadi setia pada Anda tentu tidak mudah. Anda harus berusaha mendapatkannya. Loyalitas bukanlah sesuatu yang bisa didapatkan dengan instan. Sebagai agen properti, loyalitas tentu akan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan bisnis Anda. Di bawah ini ada beberapa dampak dari mendapatkan loyalitas dari klien atau pelanggan Anda.

Baca Juga: Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Online Dengan Klien Properti

Keuntungan mendapatkan loyalitas dari pelanggan

Ingat bahwa loyalitas bukanlah hal yang mudah untuk didapat, namun Anda bisa berusaha agar hal tersebut dapat diraih. Berikut ini keuntungan mendapatkan loyalitas dari pelanggan.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Komunikasi Dengan Klien Melalui Media Sosial

Memudahkan Anda mendapat pembeli

Apabila pelanggan sudah loyal pada Anda, maka ada kemungkinan besar bahwa mereka akan menjadi pembeli. Sebelum properti berhasil dijual, Anda akan mendampingi klien untuk melakukan viewing (kunjungan properti) dan hal-hal lain. Di sinilah waktu yang tepat untuk berusaha mendapatkan kepercayaan dan kesetiaan pelanggan. Apabila banyak pelanggan Anda yang sudah loyal, maka ini akan memperbesar kemungkinan mereka membeli properti melalui Anda.

Memudahkan Anda mendapatkan referral 

Berita baik atau reputasi buruk akan cepat dan mudah menyebar di kalangan masyarakat. Hal ini juga bisa terjadi di antara klien properti Anda. Apabila Anda memberikan kesan buruk, maka klien akan merasa tidak nyaman dan akhirnya akan berhenti menjadi pelanggan Anda. Lebih parah lagi, mereka akan menceritakan rasa kecewa dan tidak puas ke keluarga atau kolega mereka. Namun, jika Anda meninggalkan kesan baik, maka klien pun tidak akan segan mengucap terima kasih dan menghargai Anda. Mereka bahkan berpotensi memberikan referensi Anda sebagai agen properti ke keluarga dan kolega terdekat. Secara tidak langsung Anda mendapatkan referral gratis, bukan?!

Tanda bahwa Anda dipercaya oleh pelanggan

Pelanggan yang loyal merupakan indikasi bahwa Anda telah dipercaya oleh klien. Jangan sia-siakan hal ini. Anda harus tetap menjaga dan memupuk hal tersebut agar menguntungkan Anda. Upayakan Anda tidak mengecewakan klien dengan tindakan-tindakan yang kurang menyenangkan seperti berbohong, kasar, tidak sopan dan lain-lain.

Cara mudah membangun loyalitas pelanggan

(Sue Styles dari Pixabay )

Setelah Anda mengetahui fungsi dari loyalitas, maka kini saatnya Anda mengetahui cara mudah membangun loyalitas. Yuk simak penjelasan berikut ini!

Jadilah agen properti yang profesional!

Profesional memiliki artinya yang luas. Namun, profesional yang bisa Anda lakukan sebagai agen properti adalah dengan menghargai waktu klien. Misalnya menepati janji yang mampu Anda berikan, apabila Anda menjanjikan untuk memberikan konfirmasi di hari Senin maka usahakan Anda menepati hal tersebut. Selain itu datang dan hadir dalam meeting secara on time juga bisa mencerminkan sisi profesionalitas Anda. Selain itu memegang prinsip jujur dan transparan juga bisa mencerminkan bahwa diri Anda profesional. 

Tawarkan program loyalitas

Program loyalitas merupakan hal yang berkaitan dengan keuntungan di pihak klien. Di Pinhome, Anda akan menemukan banyak program loyalitas untuk pelanggan atau klien. Manfaatkan hal itu agar Anda bisa mendapatkan loyalitas pelanggan. Anda bisa mengonfirmasi ke pihak Pinhome terlebih dahulu terkait program yang berlaku lalu menawarkan program tersebut ke pelanggan.

Berikan perhatian dari hal-hal kecil

Memberikan perhatian pada klien bukan berarti Anda bersikap protektif atau berlebihan sehingga membuat klien merasa terganggu. Perhatian yang dimaksud adalah hal-hal yang berkaitan dengan serangkaian transaksi properti. Anda bisa mengingatkan klien agar menyiapkan dana untuk biaya tambahan KPR/KPA misalnya. Selain itu Anda juga bisa mengingatkan klien untuk memiliki dana darurat sebelum memutuskan untuk mengajukan KPR/KPA.

Nah itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membangun loyalitas pelanggan. Semoga bermanfaat ya Pins!

Sumber cover image: Sue Styles dari Pixabay 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel