Ruang Edukasi Agen

Digital Marketing

Cara Mudah Marketing Via Instagram Gratis untuk Promosi Bisnis Properti

Ditulis oleh Rizko Fatra ∙ 6 May 2021 ∙ 6 menit membaca

Menurut data WeAreSocial dan Hootsuite tahun 2020, Instagram menempati posisi keempat untuk kategori media sosial paling banyak digunakan di Indonesia. Bahkan nih, selama pandemi berlangsung, pihak perusahaan mengklaim adanya peningkatan jumlah pengguna dan marketing via Instagram.

Pinhome – Instagram tidak hanya menjadi media bersosialisasi secara digital, namun terdapat fungsi lain yang lebih signifikan yaitu sebagai media promosi bisnis. Fenomena marketing via Instagram semakin terasa setelah pandemi Covid-19 menyerang dunia. Apalagi dengan adanya kebijakan physical distancing yang diwajibkan pemerintah membuat banyak bisnis sulit berjualan dan promosi secara luring (offline). 

Hal ini mendorong para pebisnis untuk menggunakan media daring (online) dalam mempromosikan bisnis masing-masing. Potensi Instagram sangat tinggi di Indonesia. Hal ini bisa Anda lihat dari jumlah pengguna Instagram di Indonesia per Mei 2020, yang disampaikan oleh Good News From Indonesia, mencapai 69,2 juta pengguna.

Lalu, bagaimana jadinya kalau Anda sebagai pebisnis properti melakukan marketing via Instagram di momentum emas ini? Yuk kita bahas lebih lanjut tentang promosi bisnis properti dengan fitur gratis di Instagram.

Konten Properti Apa yang Cocok untuk Anda Promosikan lewat Instagram?

Anda perlu menentukan konten apa saja yang harus diunggah ke Instagram untuk mempromosikan bisnis properti. Berikut ini ada beberapa konten yang cocok untuk Anda promosikan lewat Instagram.

Info Rumah Dijual

(Pinhome)

Anda bisa menginformasikan kepada audiens Anda terkait rumah yang sedang dijual di area tertentu. 

Sertakan juga harga jual properti tersebut dan fasilitas yang tersedia di dalam dan sekitar rumah.

Anda juga bisa memberikan informasi lokasi perumahan tersebut pada postingan Anda.

Home Tour

Home tour dengan mengambil gambar sudut-sudut rumah bisa menjadi konten menarik. Anda bisa memanfaatkan konten seperti ini untuk mempromosikan rumah secara detail ke follower Anda.

Proses Pembangunan Hunian

Beberapa followers Anda mungkin mencari area hunian yang sedang dalam proses pembangunan. Anda juga bisa mempromosikan proses pembangunan hunian dalam suatu kompleks atau kluster. Anda bisa update secara berkala sehingga follower Anda bisa mengetahui perkembangan pembangunan kluster tersebut.

Tips Memilih Developer dan Properti

(Sikapi)

Anda juga bisa memberikan informasi penting seperti tips memilih developer atau agen perumahan. Konten seperti ini sangat diperlukan oleh calon pembeli untuk bahan pertimbangan sebelum memilih sebuah hunian.

Istilah Properti

(Pinhome)

Anda juga bisa membuat konten istilah properti untuk memudahkan calon pembeli memahami proses pembelian rumah. Mulailah dengan istilah yang mudah dipahami dan sering didengar oleh para calon pembeli. Misalnya apa itu SHGB, SHM, KPR dan lain-lain.

Istilah-istilah properti tadi bisa Anda dapatkan melalui kamus properti Pinhome di sini

Fitur Gratis Instagram yang Memudahkan Anda Berjualan Properti

Berikut ini ada beberapa fitur gratis Instagram yang dapat memudahkan Anda untuk berjualan properti. Yuk disimak sampai bawah!

Carousel Post

(Freepik)

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengunggah 10 gambar dalam 1 kali posting. Hasilnya, postingan Anda akan berbentuk slideshow yang dapat digeser. 

Hal ini akan sangat membantu Anda sebagai pebisnis properti, karena artinya Anda mempunyai kesempatan 10 kali untuk mengunggah foto sebuah properti.

Di dalam 10 slot tersebut, Anda  dapat mengunggah foto ruang tamu, kamar tidur, dapur dan lain-lain.

Caption 

(Instagram Pinhome)

Caption adalah deskripsi singkat yang menjelaskan ilustrasi atau gambar yang Anda unggah. Anda dapat menulis informasi penting yang menjelaskan properti seperti luas tanah, luas bangunan, dan bahkan fasilitas umum di sekitar hunian tersebut.

Pastikan Anda menulis dengan rapi dan teratur. Anda juga bisa memanfaatkan emoji untuk memperkuat penjelasan Anda.

Hashtag

(Instagram Pinhome)

Hashtag pada dasarnya memudahkan para calon konsumen untuk menemukan postingan Anda. Gunakan hashtag yang berkaitan dengan properti atau penjualan rumah. Anda bisa mulai dengan hashtag seperti #JualBeliRumah #JualRumah lalu gunakan juga hashtag yang mengarah ke lokasi properti seperti #JualRumahBandung #RumahBandungDijual.

Video

(Instagram Pinhome)

Anda bisa memanfaatkan fitur video untuk menunjukkan lokasi sekitar perumahan. Apabila Anda bermaksud mengunggah video ke Feed Instagram, pastikan video berdurasi maksimal 1 menit atau 60 detik.

Instagram Live

(Instagram Pinhome)

Instagram Live adalah fitur yang memudahkan Anda untuk berinteraksi secara langsung atau live dengan audiens Anda. Menggunakan Instagram Live untuk mempromosikan hunian secara live bisa Anda jadikan strategi promosi.

Strategi promosi seperti ini juga sudah banyak dilakukan oleh perusahaan yang menjual properti atau peralatan rumah tangga. Kini giliran Anda mencoba strategi ini, namun pastikan baterai smartphone Anda full, karena Instagram Live akan menyerap banyak energi baterai.

Instastory 

(Instagram Pinhome)

Instagram Story (Instastory) memungkinkan Anda untuk mempromosikan properti dengan gambar dan video. Namun durasi 1 instastory maksimal hanya 15 detik. Namun, berita bagusnya tidak ada batasan bagi Anda untuk mengunggah Instastory. Anda bisa mengunggah Instastory lebih dari 10 kali di saat bersamaan.

Namun, Anda harus ingat bahwa ukuran Instastory adalah portrait atau vertikal, jadi pastikan gambar yang Anda ambil menyesuaikan ukuran Instastory.

Highlights

(Instagram Pinhome)

Kabar buruknya adalah Instastory hanya bertahan selama 24 jam, dan setelah itu postingan Anda akan hilang dan masuk ke arsip. Nah, kabar baiknya Anda bisa menyimpan Instastory dan memasukkan ke dalam Highlights. Tujuannya agar audiens atau calon konsumen Anda masih bisa melihat postingan yang Anda unggah di Instastory.

Anda juga bisa mengelompokkan dan memberikan nama pada highlights berdasarkan keinginan Anda. Misalnya Anda ingin mengelompokkan Highlights berdasarkan ukuran rumah, lokasi rumah atau rumah.

Instagram Insights

Anda tentu memerlukan alat untuk mengukur keberhasilan promosi Anda di Instagram, bukan? 

Instagram memiliki dashboard bernama Instagram Insights yang akan menampilkan data-data yang Anda butuhkan seperti berapa usia audiens Anda, jenis kelamin audiens, hingga lokasi mereka tinggal.

Ini bisa Anda manfaatkan untuk menentukan promosi ke depan.

Fitur Listing Story di Pinhome

Listing Story adalah fitur canggih yang bisa Anda gunakan melalui aplikasi Rekan Pinhome. Fitur ini akan memungkinkan Anda mengunduh properti yang telah masuk ke listing. 

Hasil unduhan tadi bisa Anda promosikan di Instagram Story. Keuntungannya adalah Anda tidak perlu lagi mendesain ulang tampilan Instastory, karena fitur listing story dapat secara otomatis menghasilkan template postingan yang sudah rapi.

Untuk memahami cara menggunakan fitur listing story di aplikasi Rekan Pinhome, Anda bisa cek artikel berikut ini,

Katalog Agen dan Listing Story, Cara Mudah Gaet Calon Pembeli

Selain itu, dalam mengambil foto properti Anda juga perlu memperhatikan pencahayaan dan angle foto. Anda bisa cek artikel berikut untuk mendapatkan tips penting dalam mengambil foto properti,

Pentingnya pengambilan foto dan video properti yang baik

Nah itu saja penjelasan mengenai marketing via Instagram untuk memudahkan berjualan properti. Yuk coba diaplikasikan mulai sekarang!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Beralih Ke Agen Properti Modern Dan Tingkatkan Penjualan

Download Aplikasi Rekan Pinhome
Bagikan Artikel