Ruang Edukasi Agen

Marketing

Memanfaatkan Google Trends untuk Mengetahui Tren Properti Terkini

Ditulis oleh Safina Rahma ∙ 15 March 2022 ∙ 5 menit membaca

Saat melakukan pemasaran bisnis, terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan oleh marketer. Salah satu faktor penting yang bisa menentukan kesuksesan online marketing yaitu tren pencarian di mesin pencari seperti Google. Tren ini bisa diketahui jika Anda mengetahui cara menggunakan Google Trends.

Pinhome – Google Trends bisa menjadi sebuah tools yang akan sangat membantu Anda untuk melakukan pemasaran. Alat ini dapat digunakan untuk mengetahui tren pencarian sesuai dengan topik yang Anda inginkan, termasuk properti. Yuk, cari tahu cara menggunakan Google Trends berikut ini!

Pengertian Google Trends

Google Trends adalah sebuah alat yang dikembangkan oleh mesin pencarian terbesar dunia, Google. Alat ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2006 dan masih dikembangkan sampai saat ini. Melalui Google Trends, Anda dapat mengetahui tren pencarian yang ada. Anda dapat melihat topik yang sedang trending atau mencari tren terkait sebuah topik tertentu.

Alat yang dikembangkan oleh Google ini telah banyak digunakan oleh marketer untuk melakukan pemasaran secara lebih efektif. Tools ini memiliki berbagai fitur yang bisa memberikan berbagai informasi menarik seperti trending topics, performa kata kunci, kata kunci terkait, dan lain sebagainya. Selain itu, tampilannya juga sederhana sehingga mudah untuk digunakan.

Fitur yang Ada di Google Trends

Berbagai fitur menarik bisa Anda temukan di Google Trends. Berbagai fitur di tools milik Google ini bisa membantu Anda dalam memantau tren. Beberapa fitur yang dapat Anda gunakan yaitu sebagai berikut.

Topik yang sedang trending

Anda bisa mengetahui topik-topik yang sedang trending dengan menggunakan Google Trends. Alat ini akan memberikan data tentang topik trending baik itu harian atau real time. Anda pun dapat memilih lokasi tertentu seperti seluruh dunia, Indonesia, Amerika, dan lainnya. Google Trends lalu akan memberikan data topik yang sedang trending di wilayah tersebut.

Memantau tren topik tertentu

Fitur lainnya yang bisa Anda gunakan di Google Trends yaitu pemantauan topik tertentu. Anda cukup memasukkan kata kunci sesuai topik yang diinginkan. Data tren terkait topik tersebut pun akan ditampilkan. Terdapat juga fitur-fitur pendukung seperti lokasi, rentang waktu, kategori, dan lainnya yang bisa membantu Anda mendapatkan data sesuai kebutuhan.

Pada saat melakukan pencarian terkait topik tertentu, Google Trends akan menampilkan berbagai data. Anda bisa menemukan tren pencarian kata kunci tersebut dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, tersedia juga tentang lokasi pencarian kata kunci, kata kunci terkait, serta topik terkait.

Melakukan perbandingan kata kunci

Google Trends memungkinkan Anda untuk melakukan pencarian terkait beberapa topik secara sekaligus. Anda dapat memasukkan beberapa kata kunci dan melihat perbedaan tren terkait topik tersebut baik itu jumlah pencarian, pencarian berdasarkan daerah, kata kunci terkait, dan lain sebagainya.

Unduh, share, dan embed data

Data yang telah Anda dapatkan di Google Trends bisa Anda simpan dan juga bagikan. Google memberikan fitur seperti unduh, embed, dan juga share data yang dapat digunakan oleh pengguna. Anda pun dapat menyimpan dan membagikan data yang telah didapatkan dengan mudah.

Baca juga: Mengapa Trending Topic Adalah Momen Tepat untuk Melakukan Promosi?

Contoh Cara Menggunakan Google Trends

Google Trends adalah tools yang akan berguna bagi Anda yang ingin sukses dalam melakukan pemasaran secara online. Anda dapat memanfaatkan alat ini untuk mengetahui tren terkait topik tertentu seperti properti. Berikut ini contoh cara menggunakan Google Trends dengan mudah.

  1. Masuk ke laman trends.google.com.
cara menggunakan google trends
  1. Anda bisa klik tanda strip 3 di pojok kiri, lalu pilih trending searches. Anda dapat mengganti lokasi menjadi Indonesia untuk mengetahui topik yang sedang trending. Langkah ini opsional.
  1. Pada bagian “Explore Topics”, masukkan kata kunci terkait topik yang ingin Anda cari. Misalnya yaitu “rumah murah bandung”.
  1. Google Trends akan menampilkan data tren pencarian sesuai topik yang telah dimasukkan.
cara menggunakan google trends
  1. Anda dapat mengubah pengaturan data seperti rentang waktu, misalnya 5 tahun terakhir.
  1. Data baru akan ditampilkan sesuai pengaturan yang telah Anda pilih.
cara menggunakan google trends
  1. Jika ingin membandingkan kata kunci, Anda dapat menambahkan keyword baru pada kolom “Compare” yang ada di bagian atas. Sebagai contoh, Anda dapat memasukkan kata kunci “rumah murah jakarta”.
  1. Anda pun akan mendapatkan data perbandingan sesuai kata kunci yang telah dimasukkan.
cara menggunakan google trends
  1. Anda bisa mengunduh, embed, dan juga share data yang didapat menggunakan tombol-tombol yang tersedia di bagian kanan atas data.
cara menggunakan google trends

Apa Manfaat dari Google Trends?

Google Trends merupakan alat yang akan membantu Anda dalam melakukan pemasaran. Anda bisa mengetahui tren yang sedang populer dan juga tren suatu topik tertentu. Mengetahui kedua hal ini tentu bisa membantu Anda untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif.

Data yang didapat dari pencarian Google Trends bisa Anda gunakan untuk menentukan waktu serta lokasi pemasaran. Anda akan mendapatkan data saat suatu topik naik dan juga lokasi orang-orang yang mencarinya. Hal ini akan berguna supaya iklan yang Anda pasang bisa tepat sasaran. Selain itu, Google Trends juga memberikan informasi tentang keyword yang bisa Anda gunakan.

Mengetahui cara menggunakan Google Trends bisa membantu Anda dalam melakukan pemasaran. Data yang didapat dari tools ini dapat Anda gunakan sebagai dasar dalam menyusun strategi pemasaran. Semoga informasi ini membantu, Pins!

Sumber Foto Cover: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel