Ruang Edukasi Agen

Digital Marketing

Cara Memasarkan Properti via Facebook yang Mudah Dilakukan

Ditulis oleh Rizko Fatra ∙ 24 May 2021 ∙ 5 menit membaca

Memasarkan properti via Facebook bisa menjadi opsi paling baik yang bisa Anda lakukan di era digital. Facebook telah menjelma menjadi raksasa media sosial dengan 3,3 miliar pengguna di seluruh dunia dan 140 juta pengguna di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa potensi berjejaring di Facebook sangat menjanjikan. Menjanjikan dalam hal apa? Tentunya dalam mencari koneksi untuk relasi sosial atau bahkan relasi bisnis.

Pinhome – Sebelum Anda melangkah jauh dalam mencari tahu bagaimana cara memasarkan properti via Facebook, Anda perlu memahami karakter media sosial yang satu ini. Beda media sosial, beda karakter dan beda pula perlakuannya. Anda harus mengetahui dulu target market properti di Facebook, keunggulan dan kelemahan portal Facebook, hingga fitur-fitur yang mendukung Anda dalam mempromosikan properti via Facebook.

Ketahui target market Anda di Facebook

Berbekal 140 juta pengguna di Facebook, bukan serta merta Anda harus menargetkan semuanya sebagai target market Anda dalam berjualan properti. Anda harus tetap menyortir calon klien yang tepat. Tujuannya adalah agar goal Anda tercapai dengan menggunakan biaya serta energi yang efektif. 

Keunggulan mempromosikan properti dengan Facebook

Untuk memberikan perspektif positif terhadap pemakaian Facebook dalam promosi properti, silakan perhatikan beberapa poin berikut.

  • Anda bisa mempromosikan properti atau listing dari rumah. Anda tidak perlu ke kantor, atau ke lapangan untuk mencari calon klien yang akan melihat iklan Anda.
  • Lebih mudah diatur karena Anda hanya perlu mengakses satu platform untuk melakukan promosi. Anda tidak perlu membeli media marketing seperti spanduk, poster atau flyer. Bahkan Anda tidak perlu kartu nama untuk mempromosikan properti di Facebook.
  • Anda bisa menjangkau puluhan hingga ratusan calon klien baru dalam mempromosikan properti Anda.
  • Pengguna Facebook di Indonesia umumnya bergabung ke komunitas-komunitas di Facebook. Anda bisa memanfaatkan ini untuk mendapatkan lead marketing.

Hal yang perlu diwaspadai dalam mempromosikan properti

Live Kelas

Selain keunggulan mempromosikan properti, Anda juga harus mengetahui bahaya atau kendala yang mungkin muncul dalam berjualan properti di Facebook. Seperti yang diketahui media sosial dan internet tidak lepas dengan kejahatan siber. Cyber crime seperti penipuan pun kerap kali muncul. Nah berikut ini yang harus Anda pahami agar terhindar dari tipu daya tersebut.

  • Waspada jika ada orang mencurigakan yang mencoba mengelabui Anda di media sosial. Jika tujuan Anda adalah menjual properti, pastikan calon klien Anda benar-benar konsumen yang mempunyai intensi untuk membeli properti.
  • Terkadang ada juga oknum yang ingin menipu dengan memberikan struk atau bukti bayar palsu. Apabila memang sudah deal, pastikan semua transaksi Anda cek dulu di rekening.
  • Jangan sekali-kali memberikan kode rahasia Anda pada orang yang tidak dikenal seperti password, PIN, kode OTP dan lain-lain. Secara logika, calon klien atau konsumen Anda tidak akan meminta informasi rahasia tersebut, bukan?!

Fitur-fitur yang mendukung kegiatan marketing di Facebook

Facebook Pinhome

Berikut ini terdapat beberapa fitur yang bisa mendukung ANda dalam memasarkan properti di Facebook.

  • Buat Fanpage  Facebook untuk membangun branding Anda sebagai agen properti di Facebook. Jangan lupa untuk mengundang orang atau rekan Anda agar menyukai dan bergabung ke fanpage properti Anda.
  • Manfaatkan fitur upload foto dan video. Jangan cuma membuat status di Facebook saat mempromosikan properti. Manfaatkan file foto dan video untuk memasarkan hunian yang Anda jual. Dengan begitu calon klien akan mendapatkan visualisasi bangunan yang Anda jual.
  • Apabila Anda tidak ada waktu untuk mempublikasi konten secara manual tiap hari, gunakan fitur Studio Facebook untuk menjadwalkan postingan Facebook secara otomatis. Ini bisa membantu Anda yang mungkin tidak punya waktu banyak untuk mengakses Facebook.
  • Manfaatkan fitur Chat agar hubungan Anda dengan klien dapat lebih interaktif. Pastikan Anda merespon dengan cepat semua pertanyaan yang masuk ke fanpage properti Anda.
  • Gunakan dan optimalkan fitur Review. Mintalah klien Anda yang sudah pernah bekerjasama untuk memberi review terhadap pelayanan Anda sebagai agen properti. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan calon klien untuk menghubungi Anda.

Cara memasarkan properti via Facebook

Memasarkan properti di Facebook bisa Anda mulai dengan hal-hal mudah berikut. Mari cari tahu bagaimana melakukan promosi properti di Facebook berikut!

  • Pertama pastikan Anda mempunyai konten yang akan dipublikasikan di fanpage. Gunakan kualitas foto yang terbaik dengan resolusi tinggi serta pencahayaan yang cukup. Hal ini untuk memastikan foto properti jelas saat dilihat oleh para calon klien Anda.
  • Kedua, buat caption yang menarik dengan memaparkan kelebihan properti tersebut. Misalnya saja “Area perumahan hanya berjarak 10 menit dari sekolah terdekat, 5 menit ke rumah sakit terbaik, dan juga penjagaan 24 jam.”
  • Ketiga pastikan Anda menyiapkan budget untuk promosi iklan di Facebook. Budget ini nantinya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda bisa mulai dengan menyiapkan Rp500.000 untuk promosi di awal.
  • Keempat lakukan setting akun Facebook Ads. Anda bisa bertanya ke rekan Anda yang telah memahami cari memasang Facebook Ads atau melihat tutorialnya di halaman website dan YouTube Facebook.
  • Kelima pantau terus pergerakan iklan Facebook Anda lalu evaluasi.

Nah itu saja informasi mengenai cara memasarkan properti via Facebook yang mudah dilakukan. Selamat mencoba!

— 

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel