Ruang Edukasi Agen

Trivia

Cara Kelola Keuangan Usaha dengan Tepat untuk Pebisnis

Ditulis oleh Rizko Fatra ∙ 9 August 2021 ∙ 4 menit membaca

Pebisnis yang sukses adalah pebisnis yang bisa mengatur dan mengelola keuangannya dengan baik. Istilah ini mungkin jarang Anda dengar, namun secara praktik di lapangan, hal ini valid. Seorang pebisnis yang paham cara kelola keuangan usaha milik sendiri akan mampu mengevaluasi bisnisnya. Ia akan memahami hal apa yang harus diperbaiki, dan bagaimana cara memperbaikinya.

Pinhome – Mengelola keuangan usaha sendiri memang agak sulit di awal. Hal ini karena kegiatan mengelola usaha butuh konsistensi yang kuat. Anda harus membiasakan diri untuk mencatat transaksi masuk, transaksi keluar, mencatat hutang, arus kas dan lain-lain.

Aktivitas mengelola keuangan akan terus ada sampai kapan pun. Sebuah perusahaan sukses dan besar pun masih akan tetap mengelola keuangan perusahaan. Bagi Anda yang masih merintis sebagai agen properti individu, maka aktivitas mengatur keuangan juga penting untuk dilakukan. 

Baca Juga: Ingin Sukses Bisnis Properti? Bacalah 5 Buku Belajar Investasi Ini!

Mengapa mengelola keuangan bisnis penting?

(Goumbik dari Pixabay)

Menjadi seorang pebisnis artinya Anda mempunyai dua tujuan hidup berbeda. Pertama, Anda menjalankan kehidupan pribadi dengan tujuan untuk bahagia dan mendukung kebutuhan keluarga. Kedua, Anda berbisnis untuk mencari untung dan memastikan usaha Anda berfungsi sebagai sumber penghasilan. Lalu, mengapa mengelola keuangan bisnis itu penting? Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca Juga: Ciri Hunian Idaman Saat Pandemi Yang Bisa Anda Jual

Memudahkan Anda mengevaluasi bisnis

Pengelolaan keuangan pada bisnis akan membantu Anda mengevaluasi kegiatan usaha. Anda akan tahu berapa kerugian yang Anda alami dan keuntungan yang didapat. Melalui hal tersebut, Anda akan mudah menganalisis untung rugi bisnis Anda.

Membantu Anda merencanakan strategi ke depan

Setelah Anda mampu mengevaluasi bisnis Anda, maka ini akan memudahkan dalam proses penentuan strategi ke depan. Tujuannya adalah agar usaha yang dilakukan mempunyai visi dan misi yang bisa membuat sebuah bisnis bertahan dalam jangka panjang. Tentu Anda tidak ingin usaha properti milik Anda gulung tikar karena salah strategi, bukan?

Memisahkan kebutuhan pribadi dan kebutuhan usaha

Seperti yang kita pahami bersama, setiap pebisnis mempunyai dua prioritas hidup yaitu kebutuhan pribadi dan bisnis. Agar kedua hal tersebut tetap bisa berjalan baik, maka Anda harus memisahkan urusan pribadi dan bisnis, termasuk dalam segi keuangan.

Berikut ini cara kelola keuangan usaha yang tepat untuk bisnis properti

(Buffik dari Pixabay)

Setelah Anda mengetahui alasan mengapa pengelolaan keuangan sebuah bisnis penting, maka ini saatnya Anda memahami cara kelola keuangan usaha yang tepat. 

Pisahkan rekening bank

Hal paling utama dan mudah untuk mengelola bisnis adalah memisahkan rekening bank untuk kebutuhan pribadi dan usaha. Upayakan Anda menggunakan rekening dari dua bank yang berbeda. Hal ini agar uang pribadi dan bisnis tidak tercampur. Bahkan beberapa bank lokal saat ini sudah menyediakan layanan rekening khusus pengusaha seperti Mandiri Tabungan Bisnis, Tahapan Gold BCA, BritAma Bisnis BRI dan BNI Taplus Bisnis.

Buat kartu debit yang berbeda

Selain buku tabungan, Anda juga perlu memisahkan kartu debit usaha dan pribadi. Alasannya agar transaksi yang Anda lakukan semakin mudah dimonitor. Melalui metode ini Anda bisa mengecek pengeluaran dan pemasukan melalui mutasi rekening masing-masing. Upayakan Anda juga mengaktivasi internet banking dan mobile banking di rekening masing-masing agar transaksi bisa dilakukan secara online.

Hindari berhutang menggunakan uang usaha

Apabila Anda ingin berhutang, ajukan utang ke lembaga keuangan seperti Bank. Hindari berutang melalui kas bisnis Anda. Hal ini hanya akan membuat bisnis Anda tidak akan berkembang dengan baik. 

Catat segala transaksi yang Anda lakukan

Langkah selanjutnya adalah mencatat segala transaksi yang Anda lakukan. Mulai pelajari bagaimana mengoperasikan google spreadsheet, microsoft excel, atau aplikasi pencatatan transaksi lain yang tersedia di Android atau iOS. Melalui hal ini Anda bisa mencatat arus kas dengan mudah. Mencatat arus kas di buku tulis sangat berbahaya, selain gampang hilang, mencatat arus kas di buku tulis tidak mempunyai sistem keamanan yang kuat sehingga mudah dilihat orang yang tidak berkepentingan. 

Temukan financial advisor untuk membantu Anda

Apabila di satu titik Anda sudah berhasil menjalankan bisnis properti milik Anda, dan Anda ingin meningkatkan kemampuan mengelola bisnis, temukan penasihat. Penasihat yang dimaksud adalah penasihat keuangan atau financial advisor. Untuk menggunakan jasa financial advisor Anda harus menyediakan sejumlah uang untuk konsultasi. Namun, ini bisa menjadi bekal Anda ke depan. Anggap saja ini sebagai biaya untuk peningkatan mutu dan kualitas pribadi. Toh, biaya tersebut sama saja dengan uang investasi untuk diri sendiri, bukan?

Jadi bagaimana Pins? Sudah mulai paham kan mengapa mengelola keuangan untuk bisnis properti itu penting? Yuk mulai lakukan hal-hal di atas secara bertahap. Selamat mencoba dan salam sukses!

Sumber cover image: Ernesto Eslava dari Pixabay 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel