Ruang Edukasi Agen

Wawasan Properti

Cara Jual Rumah Cepat dan Tips Menentukan Harganya

Ditulis oleh Safina Rahma ∙ 27 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Rumah masih menjadi jenis properti yang paling banyak dicari. Rumah tidak hanya banyak diburu sebagai tempat tinggal namun juga untuk investasi. Nilai dari rumah terus meningkat dan permintaannya juga terus naik sehingga investasi di properti ini akan sangat menguntungkan.

Pinhome – Keuntungan dari investasi rumah bisa didapat dari banyak hal salah satunya adalah dengan menjualnya. Jual rumah merupakan cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan dengan cepat.

Tentunya, untuk bisa menjual rumah, Anda perlu melakukan beberapa persiapan seperti menentukan harga yang cocok. Bagaimana caranya menaksir harga rumah yang wajar sehingga memudahkan penjualan? Simak di bawah ini, yuk, Pins!

Berbagai Faktor yang Mempengaruhi Nilai Jual Rumah

cara jual rumah cepat
(AARP)

Nilai jual dari sebuah properti selalu berubah setiap tahunnya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan harga rumah yaitu sebagai berikut.

Lokasi rumah

Lokasi merupakan faktor kuat yang mempengaruhi harga jual rumah. Hunian yang berada dekat dengan pusat kota, fasilitas kesehatan, dan akses transportasi akan memiliki nilai yang lebih tinggi. Selain itu, rumah yang berada di lokasi padat penduduk juga memiliki nilai lebih karena permintaannya tinggi.

Kondisi, usia, dan model bangunan

Faktor lainnya yang berpengaruh terhadap nilai properti yaitu kondisi, usia, dan juga model bangunannya. Rumah dengan kondisi terawat, kokoh, serta memiliki desain terbaru biasanya bisa dijual dengan harga lebih tinggi. Oleh karena itu, perawatan bangunan sangatlah penting ketika ingin menjualnya.

Kelengkapan surat

Pemilikan rumah tidak bisa dipindahtangankan begitu saja setelah transaksi jual beli diselesaikan. Ada berbagai aspek hukum yang perlu untuk diurus. Jika ingin jual rumah dengan cepat, Anda perlu mempersiapkan kelengkapan suratnya seperti Sertifikat Hak Milik, Akta Jual Beli, dan Izin Mendirikan Bangunan.

Bentuk tanah

Faktor berikutnya yang bisa mempengaruhi nilai jual rumah yaitu bentuk tanah. Beberapa pembeli tidak menyukai rumah dan tanah yang tidak simetris seperti lebarnya yang tidak simetris. Tidak mengherankan jika bentuk tanah dan rumah ini bisa mengubah harga properti.

Cara Menilai Harga Properti

(The Economic Times)

Setelah mengetahui faktor-faktor yang bisa mempengaruhi nilai properti, Anda perlu untuk menghitung harga jualnya. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menaksir harga properti sehingga jual rumah bisa dilakukan lebih cepat.

Menghitung nilai tanah, bangunan, dan sarana lainnya

Nilai jual properti Anda setidaknya ditentukan oleh 3 hal yaitu harga tanah, bangunan, dan keberadaan sarana lainnya. Anda perlu menghitung nilai tanah terlebih dahulu sesuai dengan luasnya. Lalu, hitung nilai bangunan dan sarana lainnya. Nilai tersebut kemudian bisa ditambahkan untuk mendapatkan harga jual yang sesuai.

Memperhatikan NJOP

Perhitungan properti tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memperhatikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Nilai ini merupakan nilai rata-rata penjualan properti di suatu lokasi. Mengetahui nilai NJOP akan membuat perhitungan Anda lebih mudah.

Melihat harga pasaran

Aspek lainnya yang tidak boleh ketinggalan untuk Anda perhatikan yaitu melihat harga pasaran properti. Anda bisa mencari harga ini sesuai lokasi dan permintaan pembeli. Harga pastinya sendiri dapat Anda cari melalui berbagai cara seperti misalnya lewat situs jual beli properti.

Cara Supaya Bisa Jual Rumah dengan Cepat

cara jual rumah cepat
(The Today Show)

Saat menjual properti, tentu Anda ingin berhasil melakukan transaksi dengan cepat. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan supaya jual rumah bisa lebih cepat yaitu sebagai berikut.

Memperbaiki kondisi rumah

Kondisi rumah sangat mempengaruhi harga jual dan ketertarikan pembeli. Rumah dalam kondisi buruk atau hampir roboh akan sulit untuk terjual karena pembeli harus merenovasinya kembali. Oleh karena itu, renovasi rumah perlu dilakukan jika perlu.

Gunakan jasa fotografer profesional

Salah satu daya tarik yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah foto yang Anda pasang di listing properti. Jika Anda ingin rumah bisa terjual dengan lebih cepat, foto ini merupakan salah satu kuncinya. Supaya bisa mendapatkan hasil foto terbaik, tidak ada salahnya untuk menggunakan fotografer profesional.

Iklankan melalui berbagai media

Agar properti Anda bisa menjangkau banyak calon pembeli, iklan dan promosi perlu dilakukan. Anda bisa memanfaatkan berbagai media yang ada baik online atau offline. Secara online, ada banyak kanal yang dapat digunakan seperti media sosial dan situs jual beli properti. Anda juga bisa mengiklankan rumah secara offline misalnya dengan memasang spanduk.

Memperhatikan pasaran

Tips lainnya yang bisa Anda terapkan ketika menjual properti yaitu dengan memperhatikan pasaran. Anda perlu mengetahui harga yang cocok di pasaran untuk rumah yang akan dijual. Jika Anda butuh uang segera dan ingin menjual rumah lebih cepat, Anda bisa memasang harga di bawah pasaran.

Berniat menjual rumah Anda? Jual rumah dengan lebih cepat bisa Anda lakukan dengan berbagai cara di atas. Anda perlu memperhatikan harga, kondisi, dan juga pasaran. Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel