Ruang Edukasi Agen

Marketing

Melakukan Marketing Properti Melalui Event Seminar atau Webinar

Ditulis oleh Safina Rahma ∙ 29 November 2021 ∙ 4 menit membaca

Event marketing atau pemasaran melalui sebuah acara merupakan cara yang cukup populer untuk melakukan promosi. Ada banyak contoh event marketing yang bisa dilakukan di antaranya yaitu acara seminar atau webinar.

Pinhome – Melakukan pemasaran melalui seminar atau webinar merupakan cara efektif untuk menjangkau banyak khalayak. Acara sejenis ini dilakukan dengan mengumpulkan massa yang besar sehingga produk bisa sampai ke banyak orang secara langsung. Anda tentunya juga bisa menggunakan strategi ini untuk mempromosikan properti.

Di masa seperti sekarang ini, mengumpulkan perhatian orang lain sangatlah sulit. Anda bisa mendapatkan perhatian tersebut dengan cepat dan efektif lewat event seminar. Apa sebenarnya acara ini? Bagaimana cara mengadakannya? Yuk, simak penjelasannya, Pins!

Contoh Event Marketing: Seminar atau Webinar

(GIGA)

Contoh event marketing untuk promosi properti yang bisa Anda lakukan yaitu seminar atau webinar. Seminar adalah pertemuan yang dilakukan oleh banyak orang untuk membahas suatu topik tertentu. Acara ini biasanya dilakukan dengan menghadirkan pembicara ahli. Peserta kemudian bisa mendapatkan pengetahuan baru dari acara tersebut dan bisa berinteraksi dengan pembicara.

Webinar sendiri tidaklah berbeda dengan seminar. Webinar adalah gabungan dari dua kata yaitu web dan seminar. Artinya, webinar merupakan acara seminar yang dilaksanakan melalui web atau secara online dengan memanfaatkan teknologi internet. Acara dilakukan tanpa pertemuan langsung melainkan melalui streaming, video call, atau video conference.

Baca juga: Cara Membuat Iklan Hard-selling untuk Menarik Pembeli.

Fungsi Event untuk Promosi Properti

contoh event marketing
(Glints)

Menyelenggarakan event seperti seminar merupakan strategi pemasaran yang efektif sehingga banyak dilakukan oleh pebisnis. Acara jenis ini tidak hanya menguntungkan bagi peserta karena ilmu tambahan namun juga penyelenggara. Apa saja keuntungan yang didapat dari event marketing?

Meningkatkan brand awareness

Acara seperti seminar dan webinar merupakan cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan brand awareness di masyarakat. Melalui acara tersebut, masyarakat dapat mengetahui perusahaan atau bisnis yang mengadakan event. Brand awareness pun akan meningkat dan hal ini akan berguna untuk perusahaan ke depannya.

Perlu diketahui bahwa brand awareness adalah kemampuan masyarakat untuk mengetahui, mengenali,  dan mengingat suatu merek. Bagi sebuah bisnis, tentunya brand awareness sangat penting karena adanya brand awareness berarti produk tersebut sudah terkenal dan memiliki identitas yang diingat.

Meningkatkan reputasi

Tidak hanya brand awareness, event marketing berupa seminar dan webinar juga bisa berguna untuk meningkatkan reputasi. Supaya bisa mengadakan acara yang baik, diperlukan pengetahuan dan kapabilitas yang mumpuni. Acara seperti seminar ini merupakan cara yang tepat untuk menunjukkan keahlian dan kemampuan Anda seperti di bidang properti.

Sarana mendapatkan feedback

Event marketing berupa seminar dan webinar adalah salah satu contoh strategi untuk bisa mendapatkan feedback dari masyarakat. Anda bisa memperoleh kritik dan saran secara langsung dari peserta acara melalui sesi tanya jawab. Feedback ini tidak hanya terkait pelaksanaan acara namun juga bisa terkait perusahaan secara umum. Hasil dari feedback ini kemudian bisa digunakan untuk mengembangkan dan memperbaiki bisnis.

Mengumpulkan leads

Leads merupakan unsur penting jika Anda ingin melakukan pemasaran dan promosi. Pengumpulan leads ini bisa Anda lakukan ketika mengadakan acara seminar. Peserta akan mendaftarkan diri dengan nama dan alamat e-mail. Data ini kemudian bisa Anda gunakan ketika ingin mengirimkan berbagai informasi seperti promosi properti.

Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Membuat Event

(Unsplash)

Sebelum bisa melangsungkan acara seminar, Anda tentunya perlu untuk melakukan persiapan. Persiapan ini dilakukan supaya acara tersebut bisa berjalan dengan lancar. Beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum acara yaitu:

  • Menentukan topik pembahasan dan tujuan acara.
  • Menentukan audiens yang dituju dan kira-kira waktu pelaksanaan.
  • Memilih format acara yang diinginkan seperti pembicara tunggal, diskusi panel, atau talkshow.
  • Membuat tim untuk pelaksanaan acara seperti pembicara, koordinator, bagian promosi, bagian pendaftaran, tim teknis, dan lain-lain.
  • Mengadakan rapat persiapan untuk koordinasi seluruh tim termasuk pembicara.
  • Mempersiapkan materi pendukung seperti agenda acara, materi pokok, perkenalan pembicara, dan lain-lain.
  • Mempersiapkan peralatan pendukung. Jika mengadakan webinar, pastikan memiliki alat yang dibutuhkan seperti koneksi, kamera, mikrofon, laptop, dan lain sebagainya.
  • Buat tata cara pendaftaran seperti melalui contact person atau form online.
  • Promosikan acara melalui berbagai lini seperti blog, sosial media, iklan, dan lain-lain.
  • Adakan gladi resik untuk mengecek kesiapan acara sekaligus memeriksa segala unsur yang diperlukan dalam acara.

Seminar atau webinar adalah contoh event marketing yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan properti. Anda bisa memilih strategi ini untuk memasarkan properti secara lebih efektif. Semoga informasi ini berguna, Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel