Ruang Edukasi Agen

Marketing

Bagaimana Cara Menentukan Budget Marketing pada Facebook Ads

Ditulis oleh Komarudin Subekti ∙ 14 July 2022 ∙ 4 menit membaca

Bila Anda menggunakan Facebook Ads sebagai salah satu bentuk pemasaran, maka biayanya juga harus dipikirkan secara matang.

Lantas, bagaimana cara menentukan budget Facebook Ads dengan mudah untuk agen Properti? Mari simak penjelasannya!

Mengetahui Budget Facebook Ads untuk Pemasaran Properti 

(Search Engine Journal)

Dalam mengiklankan properti, supaya bisa berhasil dan mendatangkan calon pembeli, maka ada biaya yang harus dikeluarkan.

Sebagai agen, Anda bisa menggunakan Facebook Ads untuk melakukan pemasaran properti. Tujuan pemasaran menggunakan Facebook Ads ini juga bisa bermacam-macam, tergantung kebutuhan Anda.

Nantinya, Facebook akan menampilkan iklan Anda kepada audiens sesuai dengan budget yang dikeluarkan. Besaran biaya Facebook Ads dipengaruhi oleh jumlah audiens yang ditargetkan.

Semakin banyak audiens yang diinginkan, semakin besar pula biaya yang dikeluarkan. Begitu juga sebaliknya.

Cara Menentukan Budget Facebook Ads ketika Memasarkan Properti

(Instapage)

Cara menentukan budget Facebook Ads tentunya tergantung dari apa yang ingin Anda capai ketika memasang iklan atau tujuan yang ingin didapatkan.

Tujuan campaign marketing yang dilakukan lewat Facebook Ads juga harus memiliki beberapa pertimbangan, seperti target audiens, target pasar, kompetitor, dan USP dari produk, dalam hal ini properti, yang dipasarkan.

Target audiens ini meliputi beberapa aspek, seperti gender, demografi, geografis, bahasa, pekerjaan, dan lain-lainnya.

Ketika hal-hal tersebut sudah ditentukan, maka pemasangan iklan lewat Facebook Ads akan jauh lebih mudah dan membutuhkan biaya yang tidak terlalu mahal karena iklan yang dijalankan tepat sasaran.

Baca Juga : Cara Memasarkan Properti Via Facebook Yang Mudah Dilakukan

Dasar Penyusunan Budget Facebook Ads

(Webarq)

Dalam menentukan budget Facebook Ads, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menyusun rencana anggarannya, yaitu :

1. Dihabiskan Sepenuhnya

Misalnya, Anda memiliki budget sebesar Rp1.000.000 untuk satu bulan. Anggaran tersebut bisa langsung dimasukkan ke dalam Facebook Ads untuk dikelola dengan batas waktu satu bulan.

Facebook nanti yang akan mengatur anggaran tersebut untuk satu bulan kegiatan campaign yang ditampilkan dalam waktu beberapa lama dan berapa banyak audiens yang menjadi target iklan.

2. Biaya Dihabiskan Berdasarkan Hasil

Pada Facebook Ads, selain dengan cara di atas, Anda bisa pula memilih untuk menggunakan cara pay per click.

Dengan cara ini, biaya yang dikeluarkan untuk Facebook Ads bisa disesuaikan dengan feedback yang didapatkan dari target audiens iklan.

Mengelola Budget Facebook Ads

Facebook Ads berkisar antara Rp10.000 sampai Rp30.000 per harinya. Sedangkan untuk harga per minggunya ada di kisaran Rp700.000 sampai yang termahal hingga 700 jutaan.

Dari kisaran harga tersebut, Anda harus menentukan strategi materi iklan, target audiens, dan analisis kompetitor yang matang terlebih dahulu.

Hal ini supaya iklan yang ditayangkan lewat Facebook Ads bisa bekerja dengan maksimal dan mendatangkan keuntungan yang diinginkan.

Jika Anda memiliki anggaran yang terbatas, maka tidak perlu khawatir. Biaya yang rendah juga tetap bisa dimaksimalkan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Cara memaksimalkannya bisa dengan :

  • Melakukan Analisis Kompetitor

Kompetitor merupakan faktor penting selain audiens yang perlu diperhatikan. Sebelum menayangkan iklan pada Facebook Ads, Anda perlu mengetahui dulu strategi dan pengembangan produk seperti apa yang dilakukan oleh kompetitor.

  • Membuat Materi Iklan yang Menarik dan Unik

Buat konten iklan dengan format visual, video, atau gambar. Perhatikan pula copywriting. Teknik copywriting yang bagus dan sesuai dapat mempersuasi calon pembeli agar bisa melakukan transaksi.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan Facebook Ads. Cara menentukan budget Facebook Ads akan lebih efektif bila Anda juga melakukan mini riset sebelum mulai menayangkan iklan atau campaign.

Baca Juga : 5 Cara Meningkatkan Komunikasi Dengan Klien Melalui Media Sosial

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel