Ruang Edukasi Agen

Wawasan Properti

Berbagai Foto Bagian Rukan yang Perlu Diunggah di Listing Properti

Ditulis oleh Safina Rahma ∙ 14 April 2022 ∙ 5 menit membaca

Rukan atau rumah kantor adalah salah satu properti yang banyak dicari dan diminati. Properti ini cukup laku karena bisa memudahkan pelaku usaha untuk memiliki hunian dan kantor sekaligus. Tentunya, saat ingin menjual properti seperti rukan, Anda perlu untuk mengunggah foto yang menarik supaya menarik perhatian buyer.

Pinhome – Foto yang diunggah pada listing bisa menentukan laku tidaknya sebuah properti, termasuk rukan. Calon pembeli akan melihat foto rukan yang ada terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menghubungi Anda. Yuk, cari tahu bagian-bagian rukan yang perlu diunggah dalam listing properti!

Pengertian Rukan

Rukan merupakan singkatan dari rumah kantor. Artinya, properti ini merupakan gabungan dari rumah dan kantor. Properti ini biasanya berupa sebuah bangunan yang terdiri dari beberapa lantai. Lantai bagian bawah difungsikan sebagai tempat usaha seperti kantor konsultan hukum, kantor agen properti, biro desain, dan lain-lain. Sedangkan lantai atasnya digunakan sebagai hunian.

Properti ini terkadang disamakan dengan ruko atau rumah toko. Sebenarnya, kedua bangunan ini tidak terlalu berbeda. Keduanya sama-sama memiliki fungsi sebagai tempat usaha dan tempat tinggal. Hanya saja, rukan memiliki fungsi sebagai kantor sedangkan ruko digunakan untuk usaha berupa toko.

Bagian-bagian Rukan yang Perlu Difoto

Foto bagian-bagian penting dari rukan tentu perlu untuk diunggah ke listing properti. Anda perlu untuk memfoto bagian-bagian tersebut dengan jelas sehingga bisa menarik perhatian calon pembeli. Beberapa bagian yang perlu untuk Anda foto yaitu sebagai berikut.

Bagian depan dan lingkungan sekitar

Bagian depan dari rukan yang Anda jual tentunya perlu untuk diunggah dalam listing. Tampak depan akan memperlihatkan bentuk rukan yang dijual dari luar sehingga penting untuk difoto. Selain itu, Anda juga perlu melampirkan foto lingkungan sekitar untuk memberi gambaran lebih baik kepada buyer.

Tempat parkir

Sebagai properti yang juga difungsikan sebagai tempat usaha, memiliki lahan parkir memadai tentu akan menambah nilai jual. Foto yang diunggah bisa memperlihatkan area parkir yang dimiliki rukan sehingga pembeli pun akan lebih tertarik. Pembeli pun bisa menjalankan usahanya tanpa khawatir terkait lahan parkir untuk klien atau pegawainya.

Ruangan kantor dan fasilitasnya

Bagian lain yang tentu penting untuk difoto yaitu ruangan kantor serta fasilitas yang tersedia. Bagian ini tentu penting untuk dimasukkan ke listing Anda. Pembeli akan mengetahui bentuk serta rupa dari kantor yang ada pada properti tersebut. Fasilitas yang tersedia pun bisa menambah ketertarikan pembeli terhadap properti yang dijual.

Kamar tidur

Foto bagian lainnya yang juga perlu untuk masuk ke listing rukan tentunya adalah bagian tempat tinggal. Anda perlu memperlihatkan kamar tidur yang tersedia di properti tersebut. Jika kamar tidur yang ada berjumlah lebih dari 1, Anda pun perlu untuk memfoto seluruhnya. Foto bagian ini akan memperlihatkan kondisi kamar yang nantinya dijadikan sebagai tempat tinggal oleh buyer.

Dapur, kamar mandi, dan ruangan penting lainnya

Ruangan penunjang seperti dapur dan kamar mandi tentu juga perlu untuk Anda foto. Bagian-bagian ini akan memperlihatkan kondisi dari rukan yang bisa menjadi gambaran baik untuk buyer. Adanya foto ruangan-ruangan ini juga dapat menjadi nilai tambah karena listing terlihat lengkap sehingga pembeli bisa lebih tertarik.

Baca juga: Rumah dengan Panel Surya Semakin Dilirik, Apa yang Perlu Diketahui?

Tips Mengambil Foto Rukan

Foto rukan yang dipasang pada listing tentunya perlu untuk diperhatikan sehingga dapat menarik minat pembeli. Foto-foto tersebut perlu untuk diambil sebaik mungkin. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan saat melakukan sesi foto properti.

Membersihkan dan menata ruangan terlebih dahulu

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan sebelum mengambil foto properti yaitu membersihkan dan menatanya. Properti yang bersih dan rapi akan terlihat lebih menarik untuk difoto. Penataan yang baik juga bisa memberikan kesan ruangan yang lebih hidup sehingga dapat menarik minat buyer.

Memastikan adanya pencahayaan yang cukup

Pencahayaan akan sangat mempengaruhi hasil foto properti yang dilakukan. Jika pencahayaan kurang, foto yang dihasilkan akan terlihat buram dan suram. Apabila hal ini terjadi, Anda bisa menggunakan pencahayaan artifisial sehingga foto yang diambil bisa tetap cerah.

Menggunakan kamera dengan kualitas baik

Tips berikutnya yang bisa Anda lakukan ketika mengambil foto bagian rukan yaitu pemilihan kamera. Pastikan kamera yang Anda pakai memiliki kualitas yang baik. Hal ini diperlukan supaya foto yang dihasilkan terlihat bagus dan tidak buram.

Memperhatikan angle pengambilan foto

Angle pengambilan gambar bisa mempengaruhi foto sebuah ruangan. Angle bisa membuat ruangan terlihat lebih luas atau sebaliknya. Anda pun perlu untuk memperhatikan hal ini dan melihat hasil pengambilan gambar sebelum memutuskan untuk mengunggahnya ke listing.

Itulah bagian-bagian rukan yang perlu masuk ke foto listing serta tips mengambilnya. Anda bisa menerapkan tips ini supaya listing terlihat lebih menarik banyak buyer. Semoga membantu, Pins!

Sumber Foto Cover: Shutterstock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel