Ruang Edukasi Agen

Penjualan

Mengenal Awareness, Jenis, Serta Cara Meningkatkannya

Ditulis oleh Safina Rahma ∙ 25 March 2022 ∙ 4 menit membaca

Di dalam pemasaran, terdapat berbagai tahapan penting salah satunya adalah awareness. Awareness memiliki arti langsung sebagai kesadaran. Pada pemasaran dan bisnis sendiri, istilah yang banyak disebut yaitu brand awareness yang berarti kesadaran akan merek.

Pinhome – Kesadaran terhadap merek tentunya sangat penting bagi bisnis. Awareness akan membantu bisnis untuk berjalan lebih lancar karena mereknya telah diketahui oleh banyak orang. Tentunya, hal ini berlaku untuk berbagai jenis bisnis baik perusahaan produk atau jasa seperti agen properti.

Brand Awareness Adalah Kesadaran Akan Merek

Brand awareness atau kesadaran merek adalah sejauh mana konsumen atau pembeli mengingat serta mengenali suatu merek. Hal ini diukur dari kemampuan konsumen dalam mengenali atau mengingat nama, logo, slogan, produk, atau yang lainnya terkait sebuah brand. Tahapan awareness ini sangat penting pada bisnis karena akan mempengaruhi keputusan pelanggan.

Bagi bidang jasa seperti agen properti, awareness tentunya memiliki pengaruh besar. Awareness yang telah dibangun oleh seorang agen bisa mempengaruhi klien-klien yang akan didapatkan. Agen properti yang telah berhasil membangun awareness akan lebih dikenali sehingga bisa mendapatkan lebih banyak klien.

Jenis-jenis Brand Awareness

awareness adalah
(Shutterstock)

Awareness adalah tahapan awal yang perlu dicapai dalam pemasaran. Bagian ini sendiri memiliki 3 jenis yang berbeda yaitu sebagai berikut.

Brand recognition

Brand recognition bisa juga diartikan sebagai kondisi ketika pelanggan bisa mengenali merek dan membedakannya dengan brand lain. Pelanggan mungkin belum bisa mengingat nama merek namun dapat mengenali bagian lain seperti visual produk, slogan, atau bentuk.

Brand recall

Jenis awareness yang berikutnya yaitu brand recall. Pada bagian ini, kemampuan konsumen untuk mengenali produk telah meningkat. Konsumen akan mengingat nama merek berdasarkan suatu kategori. Pada tingkatan ini, konsumen bisa mengingat merek ketika mendengar atau membicarakan suatu kategori.

Top-of-mind awareness

Di tahapan berikutnya yaitu top-of-mind awareness atau TOMA. Tahapan ini merupakan bagian yang ingin dicapai oleh banyak bisnis. Pada tahapan ini, nama suatu merek akan langsung diingat oleh konsumen ketika memikirkan suatu kategori atau industri tertentu. Merek tersebut merupakan brand yang pertama kali diingat oleh konsumen.

Baca juga: Mengapa Trending Topic Adalah Momen Tepat untuk Melakukan Promosi?

Meningkatkan Awareness Melalui Media Sosial

Brand awareness bisa ditingkatkan melalui berbagai cara. Saat ini, salah satu cara populer yang banyak digunakan untuk meningkatkan brand awareness yaitu media sosial. Media ini banyak dipilih karena banyak digunakan oleh konsumen sehingga bisa menjangkau banyak orang. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menaikkan awareness yaitu sebagai berikut.

Menggunakan akun bisnis

Bagi para pelaku bisnis, akan lebih baik untuk menggunakan akun khusus di media sosial. Akun bisnis akan membantu Anda untuk mengukur kinerja akun. Anda pun bisa mengetahui berbagai hal penting yang bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja akun seperti jumlah impresi, jumlah share, jumlah pengunjung akun, demografi audiens, dan lain-lain.

Melakukan content marketing

Peningkatan awareness di media sosial juga bisa dilakukan dengan melakukan content marketing. Anda bisa membuat konten yang dapat meningkatkan pengetahuan konsumen, terutama terkait hal-hal yang berhubungan dengan bisnis. Tujuannya yaitu supaya konsumen lebih mengenal bisnis, citra, dan pesan utama brand Anda.

Mengunggah video

Media sosial juga memungkinkan Anda untuk bisa mengenalkan bisnis melalui video. Video bisa menjadi pilihan alat pemasaran yang tepat karena Anda dapat menyampaikan lebih banyak pesan. Jenis-jenis video yang bisa diunggah pun sangat beragam seperti perkenalan, penjelasan, vlog, dan lain sebagainya.

Kerja sama dengan influencer

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan awareness melalui media sosial yaitu menjalin kerja sama dengan influencer. Strategi ini bisa Anda jalankan untuk menjangkau lebih banyak orang. Menjalin kerja sama dengan influencer akan membuat banyak orang lebih mengetahui bisnis Anda. Terlebih, followers dari influencer biasanya memiliki kepercayaan yang lebih tinggi.

Brand awareness adalah suatu hal yang sangat penting bagi pelaku bisnis. Awareness bisa menjadi penentu kesuksesan pemasaran dan kelancaran usaha. Hal ini bisa Anda bangun melalui berbagai cara, salah satunya yaitu menggunakan media sosial. Semoga membantu, Pins!

Sumber Foto Cover: Shutterstock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel